in: Games | April 1, 2011 | by: Pladidus Santoso

Review Assassin’s Creed Brotherhood PC: Perjalanan Akhir Ezio?

Jelajahi Luasnya Kota Roma

Roma sangat luas.
Anda harus merebut kembali kota ini dari tangan Borgia.

Anda tentu masih ingat bagaimana Assassin Creed selalu menghadirkan banyak kota di dalam setiap serinya. Semuanya mampu ditampilkan dengan ciri khas masing-masing, membuat kita dapat membedakan dan merasakan atmosfir yang berbeda dari setiap kota yang disinggahi. Di Brotherhood, Anda tidak akan menemui lagi perasaan seperti itu karena Anda hanya akan fokus di satu kota saja, Roma.

Tetapi jangan membayangkan Roma adalah kota kecil yang dapat selesai dijelajahi dalam hitungan menit. Kota ini benar-benar super super besar, bahkan melebihi luas kota-kota yang pernah disinggahi di Assassin Creed sebelumnya dengan skala berkali-kali lipat. Dari pusat kota yang penuh dengan peradaban hingga daerah padang rumput luas akan dijelajahi Ezio untuk mencari sang Apple of Eden. Anda juga akan menemukan berbagai bangunan khas Roma seperti Colliseum yang berdiri gagah seperti menantang Anda untuk memanjatnya dan melakukan leap of faith darinya.

Hadir Berbagai Elemen Baru di dalam Permainan

Anda tentu tidak ingin memainkan sebuah game yang benar-benar sama dengan hanya dibungkus elemen setting yang baru belaka. Tenang saja, karena Ubisoft menghadirkan cukup banyak elemen permainan baru di dalam Brotherhood yang membuat permainan tentunya semakin menarik.

Jika pada seri sebelumnya Anda dituntut hanya melakukan Leap of Faith untuk membuka area dan berfokus membangun di daerah Monterioggini, kali ini Anda harus melakukan lebih di Roma. Sejak Borgia yang lalim menguasai kota ini, Roma tampak seperti kota mati. Berbagai pusat bisnis tidak lagi diizinkan untuk hidup. Rakyat pun bergantung kepada Anda, Ezio, sang pemimpin Assassins, untuk melakukan restorasi kota Roma dengan sumber daya yang dimiliki.

Setelah membunuh sang pemimpin, hancurkan Borgia Tower!
Menghancurkan tower = membebaskan daerah dari pengaruh Borgia.

Borgia Tower adalah sasaran yang harus Anda hancurkan terlebih dahulu jika Anda ingin mendapatkan kendali atas sebuah wilayah. Tower yang merupakan lambang dari kediktatoran Cesare ini memang tampak menonjol dibandingkan daerah di sekitarnya. Tetapi jangan harap Anda dapat langsung memanjat dan menghancurkannya begitu saja. Terlebih dahulu, Anda harus membunuh sang pemimpin Tower, yang terkadang dijaga dengan sangat ketat. Setelah membunuh dan menghancurkan tower tersebut, secara otomatis Anda akan diberikan wewenang untuk kembali membuka semua sentra bisnis yang sempat tutup di sekitarnya.

Membuka kembali sebuah toko adalah investasi yang bagus.

Sama seperti ketika Anda dulu berusaha membangun kembali Monteriggioni, Anda juga memerlukan florins – mata uang di game ini, untuk membuka kembali toko-toko tersebut. Setiap toko yang Anda buka akan menghasilkan sejumlah uang tertentu setiap 20 menit permainan. Jadi semakin banyak toko yang Anda buka, berarti semakin kuat investasi Anda dan uang yang Anda dapatkan dalam waktu 20 menit ini. Anda juga akan menemukan beberapa tempat yang menjadi landmark kota Roma yang juga perlu dipugar dengan florins. Jika Anda mengejar achievements tertentu, Anda harus merenovasi mereka.

Anda kini dapat mengendarai kuda di dalam kota.
Kuda memegang peranan yang penting.

Karena luasnya kota Roma, Anda kini dapat mengendarai kuda di dalamnya untuk mencapai suatu wilayah lebih cepat. Tidak hanya itu saja, berbagai feature baru yang berkaitan dengan kendaraan ini dihadirkan. Berbagai instant kill dapat Anda lakukan dari atas kuda, seperti melompat dan membunuh penjaga secara langsung. Kini, kuda dibedakan menjadi beberapa jenis dan masing-masing darinya memiliki kecepatan lari yang berbeda. Jika Anda tidak ingin menggunakan kuda, Anda bisa membeli sewer dan melakukan “teleport” dalam waktu dekat.

Salah satu perubahan paling ekstrim dalam Brotherhood adalah sistem gamenya itu sendiri. Ketika Anda sudah mencapai tahap tertentu di dalam game, Anda akan dapat merekrut orang lain untuk menjadi Assassin di bawah kendali Anda. Assasssin-assasssin muda ini dibekali dengan sistem exprience, level dan skill yang sama satu dengan yang lain. Jumlah Assassin yang dapat direkrut tergantung dari jumlah Borgia Tower yang sudah Anda hancurkan.

Inilah inti dari Brotherhood.
Jangan kotori tangan Anda jika punya anak buah.

Anda dapat melatih semua Assassin ini dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan meminta mereka membunuh target yang Anda minta. Setiap musuh yang mereka bunuh akan mendatangkan exprience untuk mereka. Cara kedua, dengan mengirim mereka ke misi-misi yang tersebar di seluruh wilayah Eropa. Anda dapat mengirim karakter Anda ke misi tersebut melalui user-interface yang sederhana, sehingga Anda juga dapat memprediksi peluang sukses dan item apa saja yang akan Anda peroleh. Apakah akan berhubungan langsung dengan jalan cerita yang dijalani Ezio? Sayangnya, sebagian besarnya tidak.

Naikkan level dan perkuat mereka.
Kirim mereka untuk menyelesaikan misi tertentu.

Setiap Rekrut yang berhasil mencapai kenaikan level akan mendapatkan 1 point yang dapat diaplikasikan ke atribut dirinya dan beberapa item khusus jika sudah mencapai level tertentu. Semua atribut ini akan berpengaruh secara langsung terhadap efektivitas serangan mereka. Efeknya untuk Anda? Semakin tinggi levelnya, para assassin-assassin muda ini akan semakin kuat dan akan lebih terasa kontribusinya. Jika levelnya sudah cukup, Anda bahkan dapat melakukan upacara inisiasi untuk menyambut mereka secara resmi di Assassin’s Brotherhood. Benar-benar sebuah fitur yang jenius. Anda akan merasakan bahwa Ezio benar-benar berkembang menjadi karakter yang lebih penting di dunia perang Assassin vs Templar ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES