in: Graphics Card | April 29, 2011 | by: Ridwan Fariz

Review Digital Alliance HD 6990 (Antilles): Performa Ganda AMD Cayman XT dalam Satu Graphics Card

Perebutan tahta atau gelar tertinggi (flagship) dalam dunia graphics card memang sangat menarik untuk diikuti perkembangannya. Sudah menjadi tradisi sejak lama bahwa kedua kubu raksasa produsen graphics card, AMD dan NVIDIA, untuk terus berinovasi dan berkompetisi membuktikan kalau produk dari merekalah yang terbaik dan pantas mendapatkan gelar “Raja Graphics Card Terkencang”.

Beberapa waktu lalu, kedua kubu, baik AMD dan NVIDIA, sudah mengeluarkan senjata andalannya masing-masing dengan mengirimkan Radeon HD 6990 sebagai flagship dari “kubu merah” dan GeForce GTX 590 sebagai flagship dari “kubu hijau”. Kedua produk tersebut sudah berhadapan langsung di kancah medan peperangan sesungguhnya. Bagaimana dengan hasilnya? Siapakah yang pantas menyandang gelar “Raja Graphics Card Terkencang” saat ini?

Spesifikasi

Sebelumnya kami telah me-review VTX3D AMD Radeon HD 6990. Produk tersebut merupakan Antilles pertama yang kami uji di Lab JagatReview. Saat ini kami kembali kedatangan “monster” bertenaga dua buah CaymanXT ini. Produk yang mampir ke kantor kami berasal dari brand lokal yang mungkin sudah tidak asing lagi, yaitu Digital Alliance. Graphics card tersebut bernama Digital Alliance HD 6990. Brand tersebut memang cukup dikenal karena keunggulan value yang ditawarkan dibandingkan brand/merek graphics card lain. Kali ini mereka mencoba untuk bermain di kelas flagship/enthusiast. Faktanya user di level ini tidak terlalu banyak apabila dibandingkan dengan user segmen entry level ataupun mainstream user.

Secara fisik keseluruhan, graphics card Digital Alliance HD 6990 ini masih menggunakan board dan spesifikasi reference yang sama dari AMD. Dibandingkan pengujian sebelumnya, kali ini kami akan menggunakan driver terbaru dari AMD yaitu Catalyst 11.4 Early Preview untuk menguji graphics card ini. Seberapa jauhkah peningkatan performa yang dapat dicapai dan apa saja yang ditawarkan dari produk Digital Alliance HD 6990 ini? Simak terus artikel kami berikut.

Kemasan dan Paket Penjualan


Kemasan berwarna hitam inilah yang menjadi pembungkus dari graphics card Digital Alliance HD 6990.

Di balik kemasan tersebut, Digital Alliance menggunakan case akrilik untuk menyimpan graphics card, berikut dengan perlengkapannya.

Graphics card dan paket penjualan tersimpan rapi di dalam case akrilik hitam yang berbentuk seperti laci ini.

Paket penjualan yang disertakan antara lain:

  • Buku Manual+Kartu Garansi+CD Driver
  • Cross Fire Bridge
  • MiniDP to DVI x2
  • MiniDP to DisplayPort

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES