in: Graphics Card | April 13, 2011 | by: Ridwan Fariz

Review MSI N580GTX Lightning: VGA Single GPU yang Kini Semakin Kencang

Bulan Maret lalu kita sudah melihat “Perang Kolosal” antara dua kubu produsen graphics card terbesar, NVIDIA dan AMD yang masing-masing memiliki produk “Best Of The Best” (HD 6990 VS GTX 590). Secara keseluruhan, hasil pertarungan dari kedua “raksasa” tersebut tidak dapat ditentukan karena kedua produk tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Walaupun untuk kelas Enthusiast tidak ada pemenang mutlak yang dapat menyandang gelar “Raja Graphics Card Terkencang”, tetapi NVIDIA masih memiliki graphics card “Single GPU Terkencang”-nya yaitu GTX 580 yang tidak terkalahkan oleh kompetitornya. Kali ini, MSI ingin membuktikan bahwa mereka mampu menghadirkan “Single GPU Terkencang” versi mereka sendiri dengan MSI N580GTX Lightning.

MSI N580GTX LIGHTNING

Spesifikasi

MSI Lightning merupakan kasta varian tertinggi yang dimiliki MSI, karena penggunaan komponen-komponen graphics card terbaik, dan kemampuan overclocking-nya yang sangat tinggi. Made From Overclocker For An Overclocker! MSI Lightning Series ini tercipta berkat pengalaman para Overclocker sendiri yang memberikan masukan kepada MSI dan direalisasikan melalui produk ini.

Secara default, clock yang dimiliki sudah ditingkatkan menjadi 60 MHz untuk Core clock dan 192 MHz (efektif) untuk Memory clock-nya. Bagaimanakah performa default yang dapat diberikan oleh MSI N580GTX Lightning ini? Simak terus artikel dari kami.

Feature

Dengan kodratnya sebagai varian Lightning Series dari MSI, tentu saja graphics card ini memiliki berbagai feature eksklusif yang tidak dimiliki graphics card dari produsen lain. Beberapa feature andalan MSI N580GTX Lightning adalah:

  • Military Class II Component

Graphics card MSI yang memiliki feature ini berarti telah dilengkapi komponen-komponen pilihan berkualitas tinggi seperti Hi-c CAP (Highly-Conductive Capacitor), Solid CAP (Solid Capacitor), dan SFC (Super Ferrite Choke).

  • LPL (Lightning Power Layer)

MSI N580GTX Lightning menggunakan PCB dengan desain khusus yang disebut LPL (Lightning Power Layer). Penggunaan PCB seperti ini akan membuat pasokan listrik ke komponen seperti chip GPU dan chip memori menjadi lebih stabil dan mengurangi “noise” (ripple).

  • Power4 Architecture

Feature Power4 Architecture merupakan sebutan untuk arsitektur daya yang digunakan MSI N580GTX Lightning. Power4 Architecture terbentuk dari gabungan beberapa komponen, seperti 18 Phase PWM Design, Independent Memory Power, Proadlizer, dan Copper MOS.

  • Triple Over Voltage

Feature ini memungkinkan user untuk mengatur voltase graphics card dengan menggunakan aplikasi MSI Afterburner. Voltase yang dapat Anda atur adalah Core Voltage, Memory Voltage, dan Aux Voltage.

  • V-Check Points

  • Twin Frozr III

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES