in: Graphics Card | April 8, 2011 | by: Gatot Tri Yuwono

Review MSI R6970 Lightning: VGA High-End dengan Komponen Kelas Atas

AMD HD 6970 merupakan graphics card single-GPU terkencang yang dimiliki oleh AMD saat ini. Chip Cayman XT dengan 1536 Stream Prosesor yang dipasangkan dengan memori GDDR5 sebesar 2GB, menjadi kunci penting dibalik kinerja AMD Radeon HD 6970. Dengan persenjataan seperti ini, tentu saja AMD HD 6970 siap menghadapi berbagai game terbaru yang haus tenaga graphics card.

Anda tentu mengenal graphics card MSI seri Lightning. Graphics card MSI seri Lightning merupakan seri flagship dari graphics card MSI yang biasanya ditujukan untuk kalangan overclocker. Graphics card MSI seri Lightning biasanya dipersenjatai graphics card single-GPU terkencang (baik dari AMD maupun NVIDIA) dan tentu saja graphics card seri Lightning dipersenjatai komponen berkualitas tinggi dan feature overclocking yang lengkap. Tentu saja semua itu dilakukan untuk memanjakan overclocker yang akan menggunakan graphics card MSI seri Lightning.

Baru-baru ini MSI kembali merilis graphics card seri Lightning mereka. Tidak hanya satu varian, melainkan langsung dua varian. MSI merilis MSI N580GTX Lightning dan MSI R6970 Lightning. Kabar baiknya, kedua varian ini telah mendarat selamat di lab pengujian kami. Sebagai permulaan, kami sajikan kepada Anda review salah satu varian Lightning yang dipersenjatai chip Cayman XT, yaitu MSI R6970 Lightning.

MSI R6970 LIGHTNING

Spesifikasi

MSI R6970 Lightning dipersenjatai chip GPU terbaik dan terkencang dari AMD yaitu Cayman XT atau biasa kita kenal dengan nama AMD HD 6970. Jika dibandingkan dengan spesifikasi AMD HD 6970 reference, MSI R6970 Lightning memiliki spesifikasi clock lebih tinggi. MSI R6970 Lightning dilengkapi clock core sebesar 940 MHz, 60 MHz lebih tinggi dibandingkan clock core reference. Sedangkan memori clock tidak mengalami perubahan, tetap pada 5500 MHz. Dengan ekstra clock core sebesar 60 MHz, setinggi apakah kenaikan kinerja yang bisa didapatkan?

Feature

Sebagai varian dari seri Lightning, MSI R6970 Lightning dilengkapi setumpuk feature yang sering dijumpai pada seri ini. Walaupun begitu, MSI R6970 Lightning juga dilengkapi beberapa feature baru yang tidak dijumpai pada varian Lightning sebelumnya. Beberapa feature andalan MSI R6970 Lightning adalah:

  • Military Class II Component

Graphics card MSI yang memiliki feature ini berarti telah dilengkapi komponen-komponen pilihan berkualitas tinggi seperti Hi-c CAP (Highly-Conductive Capacitor), Solid CAP (Solid Capacitor), dan SFC (Super Ferrite Choke).

  • LPL (Lightning Power Layer)

MSI R6970 Lightning menggunakan PCB dengan desain khusus yang disebut LPL (Lightning Power Layer). Penggunaan PCB seperti ini akan membuat pasokan listrik ke komponen seperti chip GPU dan chip memori menjadi lebih stabil dan mengurangi “noise” (ripple) pada pasokan listrik.

  • Power4 Architecture

Feature Power4 Architecture merupakan sebutan untuk arsitektur daya yang digunakan pada MSI R6970 Lightning. Power4 Architecture terbentuk dari gabungan beberapa komponen seperti 18 Phase PWM Design, Independent Memory Power, Proadlizer, dan Copper MOS.

  • Triple Over Voltage

Feature ini memungkinkan user untuk mengatur voltase pada graphics card dengan menggunakan aplikasi MSI Afterburner. Voltase yang dapat Anda atur adalah Core Voltage, Memory Voltage, dan Aux Voltage.

  • V-Check Points
  • Twin Frozr III
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES