in: Games | April 14, 2011 | by: David Novan

Review Need for Speed Shift 2 Unleashed: Game Simulasi Balap yang Seru!

Popularitas seri game Need for Speed (NFS) asuhan publisher kenamaan Electronic Arts harus diakui cukup tinggi di kalangan gamer pecinta balapan. Begitu banyak seri game NFS yang dirilis perusahaan ini dan semua selalu mengacu ke tujuan yang sama, yaitu balapan arcade yang cepat, brutal, dan koleksi mobil keren. Semua kecuali dua, yaitu NFS Shift dan Pro Street. Game tersebut memperkenalkan bentuk baru ke dalam NFS dan penerimaan para gamer saat itu sayangnya tidak begitu baik. Balapan setengah simulasi yang diberikan NFS Shift terasa tanggung dan banyaknya bug yang membayangi pemainnya membuat game ini tidak sukses besar. Demi memperbaiki nama NFS Shift, Electronic Arts kembali menghidupkan seri game ini dengan merilis NFS Shift 2 Unleashed.

Bila Anda memperhatikan dengan saksama perkembangan Need for Speed, ada satu hal yang dapat dicermati dari sisi pengembang gamenya. Pihak pengembang NFS selalu berasal dari studio asuhan Electronic Arts sendiri, seperti EA Seattle, EA Canada, dan EA Black Box. Namun, semenjak Shift dan NFS Hot Pursuit (2010), Electronic Arts mempercayakan pengembangan game ini di tangan perusahaan lain, yaitu Slightly Mad Studios (Shift) dan Criterion Games (Hot Pursuit). Lalu, apakah hal ini ada hubungannya dengan bentuk permainan NFS yang bersangkutan? Tentu ada! Hot Pursuit menjadi mirip game Burnout yang juga dibuat Criterion. Pengembang Criterion berhasil membuat Hot Pursuit menjadi lebih menarik, sedangkan Shift menjadi game simulasi tanggung. Nah, di Shift 2, pengembang yang sama, yaitu Slightly Mad Studios, kembali menangani pembuatannya. Apakah Shift 2 akan mengalami hal yang sama seperti pendahulunya?

Pembalap Tanpa Latar Belakang

Apakah Anda ingat salah satu ciri khas seri game NFS selain yang berhubungan dengan balapannya? Ya, NFS selalu memiliki cerita di balik semua balapan yang Anda lakukan! Apakah itu sebagai seorang pembalap yang dicurangi dan ingin membalas dendam atau seorang polisi yang menyamar untuk membekuk sindikat penjualan mobil gelap. Semenjak NFS dibuat di media penyimpanan next-gen, cerita merupakan salah satu daya tarik terbesar dari game ini. Cerita dan cewek cantik ala NFS! Lalu, bagaimana dengan NFS Shift 2? Apakah hal ini masih dapat ditemui? Sayangnya, tidak ada cerita yang solid di balik semua balapan yang terjadi.

Kalau begitu akan berperan menjadi siapakah Anda di game ini? Satu hal yang pasti, Anda adalah seorang pembalap pemula dengan pengalaman sangat sedikit. Tujuan Anda? Menjadi nomor satu di dunia balapan dengan menjuarai seri balap GT1. Ceritanya berhenti sampai di sini saja. Apakah hal yang sama terjadi di Shift pertama? Ya, kasusnya sama. Tidak adanya cerita yang menarik untuk diikuti pemain membuat game ini tidak memiliki daya tarik selain permainan balapannya saja. Nah, sekarang Anda tentukan sendiri apakah game ini memiliki permainan yang menarik atau tidak dengan membaca lebih lanjut review berikut ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES