Review Star Wars Lego III: Clone Wars – Esensi Video Game yang Sesungguhnya

Reading time:
April 16, 2011
Star Wars Lego 341

Apakah Anda termasuk gamer yang semakin miris melihat perkembangan game yang lahir dari tangan developer besar belakangan ini? Saat ini, nyaris semua developer tersebut berusaha menghadirkan kualitas grafis gila-gilaan, desain karakter yang menakjubkan, setting yang indah, tetapi semakin melupakan satu hal yang paling utama, yakni fun. Fun atau kesenangan adalah alasan utama mengapa sebuah video game dihadirkan ke meja Anda dan seringkali menjadi dasar mengapa Anda memainkannya. Apakah Anda rindu dengan game yang mampu menonjolkan hal tersebut secara maksimal?

Dari sekian banyak game yang dihadirkan, saya akan memilih seri LEGO sebagai yang paling mampu menghadirkan pengalaman itu. Mendengar namanya saja, Anda sudah memikirkan ciri khas kental dari seri game-game yang menggunakan mainan balok ini. Kesampingkan semua gairah untuk menikmati kualitas grafis mendekati dunia nyata, tanggalkan konsep Anda tentang game-game berkualitas yang dangkal, karena LEGO mengirimkan sesuatu yang lebih untuk Anda. Sebuah kesenangan tiada banding.

Tidak bermaksud untuk berlebihan, tetapi itulah perasaan paling umum yang didapatkan oleh para gamer yang pernah memainkan game LEGO sebelumnya. Hadir lewat berbagai nama besar di dunia film seperti Batman, Indiana Jones, Harry Potter, dan Star Wars, LEGO mengguncang industri game. Mereka kini kembali dengan sebuah judul baru yang diadaptasi dari film Star Wars: Clone Wars. Seperti apa game ini? Mengapa Anda harus memainkannya? Alasan utamanya mungkin karena Anda benar-benar tidak akan menyangka adiksi yang bisa dihadirkannya.

Plot dan Setting

Star Wars Lego 431
Oh tidak.. kita ditahan.

Star Wars III Lego: Clone Wars mengambil cerita dari salah satu animated series Star Wars yang berjudul sama dan beberapa tambahan scene dari Star Wars II: Attack of the Clones. Star Wars: Clone Wars memang terbagi atas banyak seri: versi animasi televisi yang sempat beredar tahun 2003 silam dengan jumlah season yang banyak dan versi CGI yang sempat mengunjungi kita lewat layar lebar di tahun 2008 silam. Kompleksitas plot dari seri-seri yang dihadirkan tersebut lah yang mendasari dibuatnya Star Wars III Lego: Clone Wars ini.

Star Wars Lego 123
Universe luas yang harus dijelajahi.

Setting yang dihadirkan tentu saja masih berkisar universe Star Wars yang super besar. Anda akan menemukan beberapa planet dan karakter yang Anda kenal dekat lewat seri filmnya, tentu saja semuanya disulap dalam bentuk lucu LEGO. Unik dan menarik.

Kerinduan Akan Puzzle dan Platform Yang Terobati

Star Wars Lego 2261
Akhirnya perpaduan antara puzzle dan platformer yang menyenangkan.

Sudah lama rasanya sejak industri game menelurkan sebuah game platformer yang benar-benar menyenangkan untuk dimainkan. Kerinduan tersebut langsung terbayarkan begitu Anda menjajal Star Wars Lego III: Clone Wars ini. Gerakan tombol yang sederhana dengan tuntutan kecekatan tinggi membuat game ini tampil sangat adiktif. Kita tidak sedang membicarakan game yang hanya mengandalkan melompat dan menghancurkan setiap musuh yang ada di depan mata, tetapi juga misi dan puzzle-puzzle yang membuat otak berputar kencang.

Puzzle yang menyenangkan R2-D2 bertugas membuka panel tertentu. Spesialisasi karakter.

Pada dasarnya, game Star Wars Lego III: Clone Wars ini tidak jauh berbeda dengan seri game Lego lainnya. Ada dua unsur utama dalam permainan, yakni puzzle dan action. Puzzle tentu saja menuntut Anda untuk memenuhi kondisi tertentu agar dapat melanjutkan permainan. Biasanya berhubungan dengan membangun, melengkapi, dan melakukan aksi tertentu pada panel yang dibutuhkan. Apa yang membuatnya menarik? Petunjuk memang diberikan lewat benda-benda yang diberi highlight dengan warna tertentu, tetapi untuk menyelesaikan setiap dari mereks, Anda harus memutar otak sendiri tanpa clue yang jelas. Ingat, setiap karakter yang Anda gunakan memiliki spesialisasinya sendiri-sendiri. Misalnya saja Jedi yang dapat menggunakan Force untuk menarik sesuatu, Clones Army yang dapat memasang peledak, atau R2-D2 yang dapat digunakan untuk membajak panel elektronik tertentu. Spesialisasi yang dipadukan dengan puzzle yang minim clue membuat game ini semakin menarik untuk dimainkan. Ada perasaan tertantang untuk menyelesaikan setiap darinya.

Star Wars Lego 200
Jedi dan Lightsaber.
Star Wars Lego 58
Naiki binatang dan hancurkan setiap musuh yang ada.

Action berkisar pada kemampuan untuk menghancurkan lawan di depan mata. Anda dapat melakukannya dengan kombinasi tombol-tombol sederhana yang ada. Boleh dikatakan semua musuh yang ada termasuk dalam kategori mudah untuk dihancurkan, termasuk bos super besar yang dihadirkan di dalamnya. Anda hanya perlu menekan tombol serang secara terus-menerus dan biasanya itu sudah cukup untuk menyelesaikan apa yang ada. Beberapa event yang ada akan menuntut Anda untuk memaksimalkan kelemahan ruang dan memanfaatkan resources yang ada untuk membantu mencapai tujuan, seperti menaiki binatang, kendaraan, atau menghancurkan sesuatu.

Mainkan Secara Multiplayer Untuk Pengalaman Maksimal

Star Wars Lego 71
Multiplayer is fun!

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan memainkan sebuah game dengan teman Anda yang lain. Multiplayer adalah opsi yang paling baik untuk memainkan Star Wars Lego III: Clone Wars ini. Mengapa? Menyenangkan adalah alasan utamanya. Sebagai sebuah game yang menuntut kerjasama sebagai nilai paling utama untuk menyelesaikan setiap misi, Clone Wars memang didesain untuk dimainkan secara multiplayer. Misi juga akan terasa lebih mudah jika Anda memeras otak bersama untuk menyelesaikan setiap puzzle yang ada.

Star Wars Lego 187
Diagonal terbentuk jika kedua karakter terlalu jauh.
Star Wars Lego 156
Beberapa scene memaksa Anda untuk melakukan split-screen.

Jangan takut dengan sistem multiplayer yang dihadirkan oleh game ini, Anda tidak akan dipaksa untuk menikmati hanya sebagian layar televisi bersandingkan dengan teman Anda. Sistem split-screen Clone Wars memang patut diacungi jempol karena tampak begitu cerdas. Ketika lokasi Anda dan teman Anda tidak terlalu jauh, layar akan tampil utuh sebagai satu kesatuan, memuat aksi kedua karakter yang digunakan. Tetapi mereka terpisah agak jauh, munculah sebuah garis diagonal yang memisahkan keduanya dalam besar yang proporsional, sehingga aksi keduanya tampak jelas. Hal kecil seperti ini benar-benar membuat pengalaman bermain secara multiplayer menjadi sangat menyenangkan. Anda bebas berteriak ke teman atau keluarga Anda (bukan dalam rangka marah, tentunya), untuk sekadar menyalurkan adrenalin.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…