in: Movies | April 15, 2011 | by: Lucky Natalia

The Very Extraordinary Adventure of Adele Blanc-Sec!

Mencintai film fantasi berbau petualangan? Mungkin Anda akan menyukai film Prancis yang satu ini. Film yang dirilis April 2010 lalu ini diangkat dari komik yang cukup terkenal di masanya, Les Aventures extraordinaires d’Adèle Blanc-Sec (The Extraordinary Adventure of Adelle Blanc-Sec). Film ini berkisah tentang pengalaman seorang penulis novel terkenal, Adelle Blanc-Sec, yang mengalami petualangan seru demi membangunkan adiknya yang telah koma selama bertahun-tahun karena kecelakaan. Adelle berkelana hingga Mesir untuk “meminjam” mumi dokter kesayangan Firáun dan berencana menghidupkannya untuk membantunya mengobati adik tersayangnya.

Bagaimana cara Adelle menghidupkan sebuah mumi? Ia mengenal seorang ilmuwan bernama Profesor Esperandieu yang memiliki kemampuan semacam sihir untuk “berhubungan” dengan dunia mistis dan dapat menghidupkan yang telah mati. Profesor Esperandieu menjadi satu-satunya harapan Adelle.

Setelah berhasil “meminjam” mumi yang dimaksud, ternyata Adelle menghadapi masalah yang lebih besar. Profesor Esperandieu di penjara dan mendapatkan hukuman mati! Itu karena profesor tersebut dianggap menjadi menyebab keresahan yang dialami masyarakat Prancis karena kemunculan Pterodactyl yang harusnya sudah punah ratusan juta yang lalu! Dari manakah hewan purba tersebut berasal? Tentunya dari koleksi di Museum Louvre yang berhasil menetas karena “ilmu kebatinan” yang dimiliki Profesor Esperandieu!

Lalu, jika Profesor Esperandieu dihukum mati, siapakah yang akan membantu Adelle membangkitkan mumi yang telah “dipinjamnya” dan di bawa jauh-jauh dari Mesir? Lalu, bagaimana keadaan kota Paris setelah kedatangan burung karnivora purba tersebut?

Setelah bertengger di deretan “coming soon” selama berbulan-bulan, akhirnya film ini positif tayang di Indonesia. Walaupun mengalami keterlambatan hingga satu tahun, film ini masih sangat layak disaksikan di bioskop.

Film ini merupakan salah satu film berkualitas yang pernah dimiliki Prancis. Setidaknya, itu pendapat saya sebagai pencinta film fantasi dan adventure. Jujur, saya belum pernah membaca versi aslinya (baca: komik) sehingga tidak bisa melakukan perbandingan terhadap kedua karya tersebut. Namun, bagi saya, film ini memiliki pondasi cerita yang begitu kuat yang dipenuh adegan memukau dan konyol. Saya mengacungkan jempol atas setting tahun 1900an yang digunakan di film ini: sangat detail! Mulai dari kostum, kereta kuda, mobil, bangunan, hingga surat kabarnya! CGI yang digunakan juga tidak kalah dengan yang biasanya dihasilkan film-film Hollywood. Saya pun tidak mengalami kesulitan mencerna jalan cerita film ini seperti yang terjadi di hampir semua film adaptasi novel/komik. Angkat topi untuk pihak yang bertanggung jawab atas kesuksesan film ini: Luc Besson.

Satu hal yang juga menjadi pemain film ini adalah si cantik nan pintar, Louise Bourgoin, yang tampil sangat prima dengan karakter protagonisnya yang cerdik, pemberani, tegas, smart, dan penyayang. She’s so adorable!

Jika Anda berencana menonton film di akhir minggu ini, film yang satu ini bisa menjadi pilihan utama. Enjoy!

Rilis:
14 April 2010 (Prancis)
Genre:
Fantasi
Durasi:
107 menit
Sutradara:
Luc Besson
Pemain:
Louise Bourgoin, Jacky Nercessian, Nicolas Giraud, Gilles Lellouche, Philippe Nahon, Jean-Paul Rouve
Studio:
Europa Corp.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES