in: Notebook / Laptop | April 5, 2011 | by: Bimanto

Tips: Upgrade Memory Pada Notebook

Saat ini notebook/laptop menjadi primadona pengguna komputer. Selain bentuknya yang sederhana dan mudah dibawa-bawa, notebook juga dibeli orang atas alasan status. Terlepas dari itu, beberapa orang pengguna notebook sering mengeluh akibat kurangnya kinerja pada notebook mereka. Sehingga, sering kali mereka harus menunggu lama saat membuka aplikasi yang diperlukan. Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah kinerja ini adalah upgrade!

Pada dasarnya notebook memiliki komponen-komponen yang sudah menyatu semuanya. Tidak semua komponen pada notebook dapat di upgrade. Umumnya, saat pengguna membeli notebook, komponen yang pertama-tama akan di upgrade adalah memori. Harga sekeping memori SODIMM relatif murah untuk saat ini.

Satu hal yang perlu Anda ingat, jangan meng-upgrade memori lebih dari kemampuan baca sistem operasinya. Untuk sistem operasi Windows 32 bit, memori maksimal yang dapat dibaca hanya sampai dengan 3 GB. Untuk sistem operasi Windows 64 bit, memori yang dibaca lebih dari 3 GB.

Pada artikel ini, kami akan mencoba memberikan gambaran bila Anda membeli sebuah notebook dengan memori 2GB lalu diupgrade ke 4GB dan menggunakan sistem operasi Windows 7 64Bit. Untuk memberikan gambaran angka tersebut, kami menggunakan sebuah notebook yang menggunakan memori SODIMM DDR3 yang mempunyai 2 slot memori di dalamnya. Kemudian, kami melakukan benchmark menggunakan Sysmark 2007 untuk melihat kinerjanya. Kami juga menguji menggunakan MobileMark 2007 untuk melihat apakah penambahan memori akan menambah beban daya.

Satu hal yang harus Anda ingat, bila Anda melakukan upgrade memori sendiri, Anda harus merobek segel. Hal ini berarti garansi dari notebook tersebut dapat hilang. Jadi, lebih baik Anda melakukan upgrade di toko tempat Anda membeli notebook tersebut.

spesifikasi memory Kingston HyperX DDR3
spesifikasi memory Kingston HyperX DDR3

Platform Pengujian

Berikut ini platform pengujian yang kami gunakan adalah:

spesifikasi pengujian notebook

Pengujian SysMark 2007

Penambahan memori dari 2GB ke 4GB ternyata mampu mendongkrak kinerja notebook tersebut sebanyak 2 point. Hasil tersebut sebenarnya tidaklah terlalu tinggi, tetapi dalam pemakaian sehari-hari, kami merasakan bahwa loading Windows, dan aplikasi lebih responsif, dan berjalan lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut akan menambah kenyamanan Anda ketika menggunakan notebook tersebut.

Pengujian MobileMark 2007

Penambahan satu keping memori SODIMM DDR3 ternyata juga menambah beban bagi baterai, sehingga daya tahan baterai menurun. Namun, menurut kami hal tersebut tidaklah menjadi masalah. Bila daya tahan hidup notebook Anda berkurang hanya beberapa menit, pengurangan tersebut menurut kami masih sebanding dengan peningkatan kinerja notebook karena melakukan upgrade memori.

Kesimpulan

Penambahan memory SODIMM sebesar 2GB menjadi 4GB mampu mendongkrak kinerja sebuah notebook menjadi lebih cepat. Keuntungan lainnya adalah aplikasi dan sistem operasi (dalam hal ini Windows) akan lebih cepat melakukan berbagai perintah yang kita lakukan. Walaupun daya tahan baterai menurun beberapa menit, hal  ini tidak akan terlalu mengganggu.

Selain melakukan upgrade memory, Anda dapat melakukan upgrade storage untuk membuat notebook Anda semakin berkinerja. Untuk praktek ini dapat Anda baca di  artikel “Keuntungan Upgrade Hard Disk Notebook”. Selamat meng-upgrade notebook.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES