in: News | April 7, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Xeon E3 Kompatibel dengan Motherboard Desktop?

Prosesor Intel Xeon E7 (Westmere-EX) dan E3 yang diluncurkan baru-baru ini menyasar dua segmen target yang berbeda. Seri E7 ditujukan untuk Enterprise data center dan mendukung kapasitas memori hingga 2 TB. Motherboard untuk Xeon E7 dilengkapi dengan chip Millbrook 2 untuk buffering memori ECC DDR3. Sementara itu, seri E3 yang diperuntukkan bagi entry-level server dan workstation tidak mendukung buffered memory, walaupun dapat memakai memori ECC DDR3. Seri E3 ini memiliki arsitektur yang serupa dengan seri prosesor Sandy Bridge untuk desktop. Apakah Xeon E3 dapat digunakan di motherboard Sandy Bridge?

Dalam sesi interview telewicara JagatReview dengan salah satu petinggi Intel hari Rabu (6/4) kemarin, diperoleh keterangan bahwa prosesor Xeon seri E3 tidak kompatibel dengan motherboard desktop untuk prosesor seri Sandy Bridge. Motherboard berbasis chipset Intel C200 diluncurkan sebagai platform untuk seri prosesor ini. Akan tetapi, sampel prosesor Xeon E3-1225 (4 core, 6MB cache, 3,1 GHz) yang diterima JagatReview beberapa waktu lalu ternyata kompatibel dengan platform motherboard H67.

Screenshot CPU-Z menunjukkan Xeon E3-1225 dapat berjalan pada motherboard dengan chipset H67, meskipun spesifikasi teknis belum sepenuhnya dapat dideteksi dengan akurat.

Berdasarkan pengujian awal yang kami lakukan, fungsi-fungsi utama prosesor ini, termasuk grafis on-CPU terintegrasi, dapat berjalan tanpa masalah di motherboard H67. Kinerjanya kurang lebih sedikit lebih lambat dari prosesor desktop seri Core i7-2600K yang memiliki clockspeed lebih tinggi (3,4 GHz). Harga perkiraan Xeon E-1225 lebih murah dibandingkan Core i7-2600K (sekitar US$200, berbanding US$300). Selain itu, prosesor Xeon seri E3 ini memiliki set feature baru yang ditemukan pada CPU Sandy Bridge, seperti dukungan instruksi AES-NI dan AVX, disamping teknologi turbo boost.

Apakah Xeon E3 dapat menjadi alternatif menarik untuk pengguna desktop yang mencari CPU berkinerja tinggi? Saat ini kami sedang melakukan pengujian mendalam atas prosesor tersebut. Nantikan ulasan selengkapnya di JagatReview!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES