Bedah Produk Lenovo ThinkPad Edge E420s dan E220s

Author
Bimanto
Reading time:
May 18, 2011
IMG 0313

Beberapa waktu lalu, Lenovo  telah meluncurkan dua buah produk baru yang ditujukkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis kalangan UKM. Kedua notebook tersebut adalah Lenovo ThinkPad Edge E420s dan E220s. Hari ini JagatReview mendapat undangan dari Lenovo Indonesia untuk menghadiri bedah produk kedua notebook tersebut, langsung di markas mereka.

Desain kedua notebook ini tidaklah terlalu berbeda. Perbedaan di antara keduanya terletak di ukuran layarnya. Lenovo ThinkPad Edge E420S dilengkapi dengan layar berukuran 14 inci dan ThinkPad E220S memiliki layar berukuran 12 inci. Notebook ini menggunakan desain finishing hitam kehijauan soft mate dengan garis metal chrome di pinggir penutup layar LCD-nya.

IMG 0311

Lenovo ThinkPad Edge E420s dan E220s nantinya akan menggunakan prosesor Intel Core i Sandy Bridge, mulai dari seri i3 hingga i7 yang dilengkapi dengan pilihan graphics on prosesor atau menggunakan graphics keluaran AMD Radeon. Untuk memori, Lenovo akan memasang perangkat DDR3 mulai dari besaran 4 GB. Menariknya lagi, Lenovo menawarkan media penyimpanan data yang beraneka ragam, mulai dari hard disk, Flash Drive dengan hard disk, atau Solid State Drive.

Jangan tanya kekuatan dari casing produk Lenovo ini. Casing kedua notebook tersebut telah menggunakan bahan magnesium alloy di sekujur tubuhnya.

Kedua notebook ini juga hadir dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu tebal. Ketipisan kedua produk ini didapat berkat pengurangan casing baterai. Baterai sudah terintegrasi ke dalam casingnya. Hal tersebut membuat Anda tidak dapat mencabut baterai kedua notebook ini. Namun, Anda tidak perlu takut dengan kerusakan baterai karena bila Anda meng-upgrade garansi menjadi 3 tahun, maka secara otomatis garansi baterai Anda juga diperpanjang menjadi 3 tahun. Selain itu baterai yang digunakan sudah termasuk baik dengan masa cycle sebanyak 1000 kali.

Lenovo ThinkPad Edge E420s

IMG 0306

Notebook ini menggunakan ukuran layar 14″. Di sisi kiri notebook, Anda akan menemukan slot optical drive yang jarang ditemukan pada notebook karena kebanyakan menggunakan system tray. Untuk sebuah notebook dengan ukuran layar 14, Lenovo ThinkPad Edge E420s tidaklah terlalu besar karena hanya mempunyai berat 1.6 kg, sudah termasuk baterai. Selain itu, ukuran trackpad di notebook ini juga mempunyai luas yang besar sehingga tangan Anda akan bebas memainkan jari-jari untuk melakukan multi touch.

Lenovo ThinkPad Edge  E220s

IMG 0305

Notebook Lenovo ThinkPad Edge  E220s menggunakan layar sebesar 12″. Notebook ini hanya mempunyai berat 1.2kg sudah termasuk baterai dan mempunyai ketipisan kurang dari 2cm. JagatReview sempat mencoba beratnya dan benar saja, notebook tersebut terasa sangat ringan. Sudah dapat dipastikan notebook ini sangat nyaman untuk diajak mobile. Trackpad yang terpasang tidaklah seluas Lenovo ThinkPad Edge E420s karena mempunyai ruangan terbatas.
IMG 0307
Lenovo ThinkPad Edge E420s dan E220s menggunakan desain keyboard yang mereka sebut dengan Accu type keyboard atau lebih kita kenal dengan chicklet. Namun model tuts keyboard Lenovo terasa berbeda dan ketika kami coba keyboardnya, bagian tersebut sangat nyaman dan empuk. Selain itu keyboard yang terpasang sudah spill resistent bila terkena cairan. Anda tidak perlu bingung menggunakan notebook ini di keadaan kurang cahaya karena Lenovo memberikan Think Light untuk pencahayaan di keyboard. Sensor untuk Think Light ini diletakkan persis di sebelah webcam.
Port konektivitas yang diberikan tergolong lengkap dengan adanya USB2.0, eSATA, dan HDMI. Sayangnya, kedua notebook ini belum dilengkapi dengan teknologi USB3.0. Notebook tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi yang mampu membuat notebook ini mengcharge perangkat Anda, bahkan pada saat notebook Anda dalam keadaan mati.
Menariknya lagi, Lenovo yang ditawarkan ini sudah dilengkapi dengan teknologi finger print untuk mengamankan data-data Anda dari tangan-tangan jahil. Utility tool andalan Lenovo juga melengkapi kedua notebook ini dengan Windows7 Enhanced Experience 2.0 yang akan membuat booting windows Anda semakin cepat. Daya tahan baterai yang dijanjikan adalah dikisaran 7 jam dengan menggunakan SSD di kedua notebook tersebut.
IMG 0323
Tertarik dengan salah satu dari kedua notebook tersebut? saat ini Anda sudah mulai mendapatkan notebook Lenovo ThinkPad Edge E420s dan E220s di pasaran dengan harga mulai USD1200 ke atas tergantung dari spesifikasi yang terpasang di dalamnya.
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…