LOGO

Dahsyatnya Bahaya Aktivasi Otak Tengah

Fenomena aktivasi otak tengah marak akhir-akhir ini. Program pelatihan ini mengklaim dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kreativitas, hingga hal-hal luar biasa lainnya seperti beraktivitas dengan mata tertutup (blindfold activities). Dengan iming-iming tersebut, banyak bisnis yang bergerak di bidang tersebut kebanjiran peserta yang kebanyakan anak-anak berusia produktif, mulai dari 5—12 tahun. Hebatnya lagi, pelatihan tersebut tidak membutuhkan waktu lama. Cukup dua hari kursus, dijamin otak tengah sang anak berhasil diaktivasi. Benarkah?

Penulis buku ini, Richard Claproth, Ph.D, menyatakan bahwa pada dasarnya kejeniusan seorang anak merupakan sebuah bakat alam. Ia mengutip perkataan Oscar Wilde bahwa “Genius is born, not paid”. Ia mengumpamanan kasus Albert Einstein yang memiliki kesulitan berbicara di masa pertumbuhannya dan performa akademik yang buruk. Walau begitu, dalam perjalanan hidupnya, Einstein justru menjadi ilmuwan besar sepanjang masa. Contoh kasus tersebut menjelaskan bahwa kejeniusan tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat apalagi melalui pelatihan aktivasi otak tengah.

Aktivasi otak tengah bukanlah kegiatan yang dilakukan tanpa risiko. Hingga saat ini, metode aktivasi otak tengah belum dapat dijamin keamanannya karena kerahasiaan prosesnya. Para orangtua dilarang untuk mendampingi sang anak saat proses pengaktifan terjadi. Selain itu, metode ini belum pernah dibahas di dalam jurnal ilmiah yang diakui secara internasional. Jika ada, yang dibahas adalah aktivitas, bukan aktivasi, yang tentu saja tidak ada sangkut pautnya dengan peningkatan konsetrasi dan lain sebagainya.

Buku ini memberikan penjabaran mendetail mengenai bahayanya aktivasi otak tengah. Orangtua diimbau untuk mengetahui dengan detail metode ini sebelum mendaftarkan anak-anaknya ke program aktivasi yang sudah lumayan banyak beredar di Indonesia. Sebuah keputusan yang salah akan mengubah hidup sang anak selamanya.

Disusun ke dalam 16 bab, buku ini memberikan informasi lengkap mengenai seluk-beluk metode aktivasi otak tengah. Selain itu, buku ini juga berisi beberapa informasi mengenai cara belajar anak yang baik dan tips membuat anak menjadi cerdas tanpa harus mengikuti deretan program instan.

Tertarik mengetahui lebih banyak mengenai metode aktivasi otak tengah dan bahayanya jika diaplikasikan dengan cara yang salah? Buku ini akan memberikan seluruh informasi yang Anda butuhkan tentang hal tersebut!

Penulis:
Richard Claproth, Ph.D
Terbit:
Februari 2011
Kategori:
nonfiksi
Harga:
Rp55.000
Jumlah halaman:
238 halaman
Penerbit:
Grasindo

Comments

  1. Shinigawa says:

    Wew!Ternyata gitu ya.
    Kirain otak tengah gak ada bahayanya

Random Articles
Back to Top