LOGO

Link2SD: Aplikasi di SD Card Untuk Android Versi Lama

Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat digandrungi oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, Anda dapat merasakan sebuah smartphone yang memiliki sensasi mirip iPhone dengan harga yang lebih murah. Selain itu, aplikasi yang dapat diinstal di smartphone ini sangat beragam dan sampai sekarang masih bertambah lebih banyak lagi.

Satu hal yang kurang dari Android adalah kapasitas untuk menampung semua aplikasi tersebut. Di Android Froyo, hal ini sudah dapat diatasi dengan cara masuk ke menu seting aplikasi dan memilih Move to SD. Akan tetapi, bagaimana jika Anda memakai sistem operasi Eclair dan Donut? Padahal smartphone yang masih memakai kedua sistem operasi tersebut masih banyak ditemukan di pasaran dan penggunanya pun masih banyak. Tengok saja smartphone Sony Ericsson X10 Mini, X10 Mini Pro, Garmin Asus A10, Samsung Galaxy Spica, dan lain sebagainya.

Masalah ini biasanya di atasi dengan menginstal kernel dan sistem operasi Android pihak ketiga yang kadang membuat smartphone menjadi tidak stabil atau malah menjadi “batu bata” (bricked). Walaupun begitu banyak pula yang berhasil dengan stabil dengan metode seperti ini. Akan tetapi, setiap App2SD yang diaplikasikan pada Android non resmi menggunakan metoda semua aplikasi yang diinstal akan ditaruh di SD. Bayangkan jika aplikasi Launcher secara otomatis terinstal di SDCard dan ternyata SDCard tersebut corrupt. Anda mau tidak mau harus melakukan reset factory device.

Bakpinar, seorang member dari forum XDA-Developers, menemukan sebuah aplikasi yang dinamakan Link2SD. Aplikasi ini dengan mudah dapat ditemukan di Android Market. Intinya, di aplikasi ini, Anda bisa memindahkan aplikasi ke SD dan secara otomatis aplikasi ini akan membuat sebuah link. Syarat pertama adalah Anda harus melakukan rooting di Android Anda. Syarat kedua adalah Anda harus membuat dua buah partisi di microSD Card Anda.

Saya mencoba aplikasi ini pada SonyEricsson X10 Mini Pro dan hal ini membuat notifikasi storage internal sudah penuh menjadi hilang. Saya pun sudah bisa menambah sekitar 10-15 aplikasi lagi tanpa harus peduli dengan penuhnya storage internal saya. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan Link2SD pada Android? Tunggu saja tutorialnya.

Comments

  1. [...] sudah membaca artikel mengenai Link2SD? Aplikasi tersebut adalah jawaban bagi para pengguna Android 2.1 (Eclair) dan Android 1.6 (Donut) [...]

Random Articles
Back to Top