in: Games | May 7, 2011 | by: David Novan

Nostalgame: Legend of Mana

Masa keemasan Squaresoft sebagai pengembang game role playing (RPG) jempolan tidak dapat dilepaskan dari kesuksesan beberapa seri game yang melegenda. Apakah Anda bisa menebak apa saja game yang mengangkat perusahaan ini hingga ke posisi tertinggi? Anda pasti akan langsung menyebut nama Final Fantasy. Hal itu memang benar, tetapi ada beberapa judul lain yang tidak kalah tenarnya dari Final Fantasy. Sebutlah misalnya Chrono Trigger, Vagrant Story, dan seri Mana (Secret of Mana dan Legend of Mana). Bahkan, tidak berlebihan bila dikatakan Legend of Mana tidak kalah penghasilannya dengan Final Fantasy VIII, Vagrant Story, dan Xenogears.

Sehebat itukah Legend of Mana? Bila Anda pernah memainkan game ini, tentu Anda akan menyadari beberapa hal yang membuatnya sangat menarik. Sekali pandang saja akan langsung terlihat betapa tingginya kualitas tampilan yang bisa ditemui dalam game ini. Penggunaan tampilan 2D yang mirip lukisan dan dihiasi warna indah akan menemani sesi bermain Anda. Begitu Anda mulai memainkannya, barulah terlihat kehebatan lain yang dimiliki game ini. Apakah itu? Tentu saja bentuk permainannya dan feature bernama Artifak yang begitu hebat. Bila Anda pernah memainkannya tentu masih ingat dengan keunikan sistem permainan game ini ‘kan? Mari kembali mengenang Legend of Mana bersama Nostalgame kali ini!

Sebelum mulai membicarakan mengenai bentuk permainan dan segala hal yang rumit, ada baiknya Anda menyempatkan diri menyimak mengenai topik yang tidak serius terlebih dahulu. Misalnya, fakta bahwa game Action RPG yang dirilis Squaresoft pada tahun 2000 ini memiliki lagu opening yang sangat menarik. Selain alunan nadanya yang indah, liriknya ternyata bukan berasal dari bahasa Inggris! Lagu yang berjudul Song of Mana tersebut dinyanyikan dalam bahasa Swedia oleh vokalis bernama Annika Ljungberg. Masih berbicara mengenai musik, semua lagu yang menjadi soundtrack game ini ternyata diaransemen oleh Yoko Shimomura. Tahukah Anda bahwa Yoko Shimomura disebut sebagai komposer musik video game paling terkenal di dunia? Karyanya pasti telah sering Anda dengar, seperti OST untuk Parasite Eve, Kingdom Hearts, Breath of Fire, Super Mario RPG, Front Mission, Final Fight, dan Street Fighter II! Dia juga yang bertanggung jawab untuk lagu indah yang ditemukan pada game terbaru Aya Brea (Parasite Eve), 3rd Birthday dan game Final Fantasy Versus XIII!

Bangun dunia Fa'Diel sesuka hati Anda!
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES