Overclocking i7-2600K dengan MSI Big Bang Marshal

Prosesor Intel Sandy Bridge K-Series menunjukkan kemampuan overclocking yang tinggi. Banyak prosesor di seri ini, seperti i5-2500K dan i7-2600K, telah berhasil berjalan di clockspeed 4.5-4.7Ghz dengan stabil untuk konfigurasi daily hanya dengan menggunakan pendingin udara. Banyak power user juga melaporkan bahwa menembus clockspeed 5 Ghz bukan hal yang sulit, selama cooling yang digunakan mumpuni dan voltage CPU(VCore) memadai. Overclockability ini dilihat dengan jelas oleh para vendor motherboard, yang berusaha memberikan para usernya komponen berkualitas tinggi dan desain yang ‘tahan banting’ untuk memberikan tingkat overclocking yang lebih tinggi lagi bagi prosesor ini.

MSI, sebagai salah satu vendor motherboard terkemuka, berusaha untuk mengembangkan motherboard yang akan membantu para overclocker dalam mencapai hasil yang lebih baik lagi. Dari kerja keras para engineer-nya, lahirlah MSI Big Bang Marshal, yang dilengkapi dengan chipset P67 untuk bekerja dengan prosesor Intel Sandy Bridge.

Seri Big Bang dari MSI selalu identik dengan board yang kaya feature, terutama overclocking. Seri Big Bang sebelumnya, Big Bang Xpower (Chipset X58), terkenal dengan komponen berkualitas yang mengizinkan para overclocker untuk memaksa prosesor tercepat pada zamannya, Intel Core i7-980X, untuk mencapai clockspeed yang luar biasa. Kami sendiri sudah cukup lama menggunakan MSI Big Bang XPower sebagai testbed lab extreme overclocking kami.

Mari kita lihat lebih dekat board Big Bang Marshal dari MSI ini.

The Board

*klik untuk memperbesar*

Inilah penampakan dari board Big Bang Marshal. Terlihat agak besar? Tentu saja. Board ini menggunakan form-factor XL-ATX yang akan membuatnya sedikit kurang kompatibel dengan ukuran casing standar. Namun, bagi para overclocker yang biasanya tidak menggunakan casing, mungkin tidak akan mengalami masalah dengan hal ini.

Bentuk fisiknya memang besar dan sangar, namun mampukah Big Bang Marshal menjawab tantangan yang diberikan overclocker kepadanya? Mari kita telusuri satu-persatu feature overclocking yang dimiliki motherboard flagship MSI ini!

Catatan: Di sini kami akan lebih melihat board ini dari sudut pandang sebagai overclocker. Feature-feature lain dari board ini akan dibahas pada review lengkapnya seperti biasa.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES