in: Popular Science | May 23, 2011 | by: Ernest Dimitria

Periksa Kondisi Fisik Sambil Mengemudi

Ford mengumumkan rencananya untuk meluncurkan sebuah aplikasi kesehatan ke dalam konsol hiburan mobil. Aplikasi ini akan memonitor kondisi kesehatan pengemudi dan memberikan berbagai rekomendasi yang bersangkutan dengan tingkat kesehatan pengemudi saat itu. Salah satu fungsi yang ditawarkan adalah pemberian informasi mengenai keadaan lingkungan setempat yang dapat menyebabkan terjadinya alergi atau serangan asma. Pengemudi hanya perlu menyebutkan kata “allergy” dan aplikasi tersebut akan secara otomatis memberikan data dan rekomendasi rute jalan yang lebih aman untuk kesehatan.

Aplikasi kesehatan yang merupakan hasil kerja sama dengan tiga perusahaan teknologi kesehatan ini juga akan membantu memonitor tingkat gula darah pengemudi. Tingkat gula darah yang rendah berisiko mengurangi tingkat konsentrasi atau bahkan mengakibatkan hilangnya kesadaran pengemudi saat mengendarai mobil. Dengan aplikasi ini, pengemudi disuguhkan dengan berbagai pertanyaan mengenai jenis makanan yang telah dikonsumsi pada hari tersebut. Apabila aplikasi ini mendeteksi kemungkinan turunnya tingkat gula darah, pengemudi akan direkomendasikan untuk menyantap makanan kecil.

Aplikasi kesehatan oleh Ford masih berada dalam tahap pengembangan dan diperkirakan baru dapat dinikmati dalam satu atau dua tahun mendatang. Potensi yang disuguhkan pun sangat luas, tidak hanya terpaku di proses pendeteksian risiko alergi dan penghitungan tingkat gula darah saja. Namun, tingkat alkohol dalam darah pengemudi dan memonitor detak jantung merupakan beberapa potensi yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Tampaknya di masa depan para produsen mobil tidak hanya terpaku kepada kesehatan lingkungan, tetapi juga kepada kesehatan pengemudinya.

Source: PopSci

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES