in: Motherboard | May 12, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Review Motherboard – Zotac GeForce 6100-Value: Solusi Murah Meriah untuk Kebutuhan Komputasi Dasar

Beberapa tahun silam, NVIDIA sempat merajai kancah persaingan motherboard desktop. Chipset nForce buatan produsen graphics chip ini dikenal andal dan kencang. Namun, seiring berjalannya waktu, nForce lambat laun kehilangan popularitasnya dan tenggelam. NForce terakhir—seri 9 yang ditujukan untuk prosesor Intel—dirilis menjelang akhir 2009.
Lalu, apakah nForce sudah lenyap untuk selama-lamanya? Ternyata belum! Beberapa produsen motherboard masih merilis model-model berbasis chipset nForce, termasuk Zotac yang muncul dengan GeForce 6100-Value. Motherboard micro-ATX ini menggunakan chipset nForce N430 yang dilengkapi on-board graphics card seri GeForce 6100.

Kotak kemasan Zotac GeForce 6100-Value didominasi warna oranye, warna khas Zotac. Di bagian belakang terdapat beberapa penjelasan singkat mengenai fitur-fitur yang dimilikinya.

Spesifikasi

Chipset: NVIDIA nForce 430
Socket prosesor: AM3/AM2+/AM2
Dimensi: 244 mm x 178 mm
Faktor bentuk: Micro-ATX
Dukungan memori: DDR3 hingga 1333 MHz, kapasitas maksimum 4 GB
Audio: On-board HD Audio
LAN: On-board Gigabit LAN
Slot ekspansi: 1x PCI-Express x16, 2x PCI
Storage interface: 2x SATA 3Gbps, 1x IDE
Output display: D-SUB (VGA)
Jumlah port USB: 4 buah
Dilihat dari tabel spesifikasi di atas, jelas bahwa Zotac GeForce 6100-Value tidak ditujukan untuk power user. Fitur-fitur yang dimilikinya termasuk standar untuk motherboard kelas entry-level dan memenuhi semua fungsi dasar. Yang perlu diperhatikan, terdapat beberapa varian dari motherboard ini yang memiliki nama sama tapi berbeda dalam hal dukungan hardware. Revisi terakhir (dengan kode “GF6100-F-E”) memiliki socket AM3 dan mendukung penggunaan memori DDR3-1333 MHz sehingga lebih relevan dengan perkembangan teknologi terkini, sementara revisi awal—yang dirilis beberapa tahun lalu—hanya dibekali slot memori DDR2 dan socket prosesor AM2.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES