in: Graphics Card | May 23, 2011 | by: Gatot Tri Yuwono

Review MSI Radeon HD 6670: Racikan Spesial MSI untuk “Turks” Terkencang

Graphics Card

Inilah wujud graphics card MSI HD 6670. MSI HD 6670 telah menggunakan PCB dan HSF non-reference yang dikombinasikan dengan komponen “Military Class II” ala MSI. Komponen “Military Class II” di MSI HD 6670 terdiri dari komponen SFC (Super Ferrite Choke) dan Solid Capacitor untuk kemampuan overclocking dan daya tahan graphics card yang lebih baik. MSI HD 6670 siap beraksi di sistem Anda tanpa memerlukan tambahan daya yang berasal dari konektor power PCIe.

Komponen HSF non-reference MSI HD 6670 terdiri atas heatsink alumunium dengan dua buah kipas berdiameter 7 cm di atasnya. Selain mendinginkan chip GPU, HSF ini juga turut bertugas mendinginkan chip memori. Tutup HSF berwarna hitam dengan logo MSI di atasnya membuat penampilan sederhana HSF ini terlihat begitu elegan.

Untuk mengukur temperatur kerja MSI HD 6670, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven 2.1 dan mendapatkan hasil seperti ini.

MSI R6670 MD1GD5

  • Full-load: 47 °C
  • Idle: 31 °C

Saat kami mengukur temperatur graphics card, kami menemukan hal tidak biasa di graphics card ini. Tampaknya, graphics card ini hanya memiliki satu buah setting untuk kecepatan kipas alias kipas akan selalu berputar dalam kecepatan penuh. Kami pun mencoba untuk menaikkan dan menurunkan kecepatan kipas dengan menggunakan aplikasi MSI Afterburner. Hasilnya? Kipas tetap berputar dengan kecepatan konstan. Hal ini mengakibatkan graphics card ini mengeluarkan suara angin mendesis secara terus-menerus.

MSI HD 6670 dilihat dari sisi samping. Komponen-komponen seperti SFC dan Solid Capacitor terlihat berderet rapi di sekeliling HSF. Walaupun konektor Crossfire absen dari tempat seharusnya berada, MSI HD 6670 tetap dapat digabungkan dengan AMD HD 6670 lainnya untuk menjalankan konfigurasi multi-GPU 2-way Crossfire dengan menggunakan, maksimal, dua buah graphics card.

Sapphire HD 6670 dilengkapi konektor PCIe standar AMD HD 6670 yaitu PCI Express x16 versi 2.1. PCI Express x16 versi 2.1 mampu menyediakan bandwidth sebesar 64 Gbps bagi graphics card.

Konektor display MSI HD 6670 terdiri dari:

  • 1x Dual-link DVI connector
  • 1x Full-size HDMI 1.4a connector
  • 1x D-Sub connector

Sebagai sajian gambar terakhir, kami perlihatkan kepada Anda gambar MSI HD 6670 jika dilihat dari sisi atas dan sisi bawah.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES