in: Notebook / Laptop | May 24, 2011 | by: Bimanto

Review Notebook ASUS 1215B: AMD Ontario C-50 Berlayar 12″ dengan Harga Murah

Notebook dengan layar berukuran sedang (tidak terlalu kecil atau terlalu besar) dengan dimensi sedang dan bobot ringan tentunya menjadi idaman semua orang. Dengan bentuk seperti gambaran di atas, tentunya notebook tersebut akan menjadi perangkat yang ringan dan sangat membantu Anda dalam melakukan aktivitas baik di dalam ataupun luar ruangan. Kali ini, Asus mencoba menawarkan notebook dengan kategori tersebut, yaitu ASUS 1215B. Notebook ini tergolong berdimensi sedang karena menggunakan ukuran layar 12.1″ dengan resolusi 1366×768. Dengan ukuran layar tesebut, Anda akan tetap mendapatkan kenyamanan saat menggunakannya dalam waktu lama. Bobotnya yang cukup ringan juga tidak akan menyulitkan Anda saat harus membawanya ke luar ruangan.

Notebook ini didesain dengan dominasi finishing silver dof dengan garis khas aluminium. Anda juga dapat menemukan varian warna lainnya, yaitu merah marun dan hitam dengan finishing dof atau piano yang mengilap. Untuk dalaman,  ASUS 1215B menggunakan prosesor AMD Ontario C-50 dengan graphics Radeon 6250 yang terintegrasi langsung ke prosesor. Jadi, notebook ini cukup kuat untuk digunakan memutar film/video berresolusi full HD 1080P dengan baik. Memory DDR3 SODIMM yang terpasang sebesar 2GB. Namun, Anda dapat meng-upgrade-nya 4GB. ASUS memberikan kemudahan dengan mendesain kompartemen di bagian bawah notebook yang memungkinkan penggunanya meng-upgrade memori sendiri.

Kapasitas penyimpanan data yang terpasang sebesar 250 GB. Bagi kami, kapasitas ini terlalu kecil jika dibandingkan dengan kebanyakan notebook dengan kapasitas lain di pasaran yang memiliki harddisk berkapasitas lebih besar. Dari sisi konektivitas, ASUS 1215B menyediakan feature lengkap dengan WiFi yang men-support draft BGN dan juga tak ketinggalan bluetooth v 3.0. Seperti yang kita ketahui bersama, bluetooth v 3.0 ini memiliki kecepatan tiga kali lebih cepat dari versi terdahulunya, v 2.1.

Kelengkapan

Tampak depan.
Tampak belakang.
Audio in/out, USB2.0, Ethernet.
Power port, D-sub, HDMI, USB2.0, card reader.
Bagian bawah. Walaupun hanya terbagi atas satu module, namun pengguna dapat membukanya dengan mudah.

Kelengkapan dan port yang tersedia di notebook Asus EeePC 1215B tidaklah terlalu berbeda dengan notebook yang ada di pasaran saat ini. Namun, perbedaannya, Anda akan menemukan port HDMI yang dapat digunakan untuk menyambungkan notebook ini ke layar LCD TV berukuran besar untuk kepuasan lebih menonton film HD 1080P.

Keyboard dengan desain tuts chicklet.

Untuk desain keyboard, Asus EeePC 1215B menggunakan tuts berbentuk chicklet. Desain tersebut terasa ergonomis mengingat notebook ini menggunakan layar yang memiliki ukuran 12 inci. Fungsi klik kiri dan kanan juga terasa empuk ketika digunakan dan trackpad yang terpasang sudah mendukung fungsi multitouch. Tentunya, kelebihan tersebut dapat memudahkan Anda untuk browsing, mengakses aplikasi multimedia, dan menjalankan aplikasi Office. Tombol power kiri dan kanan mempunyai fungsi yang berbeda. Tombol kiri digunakan untuk menyalakan express gate khas Asus dan kanan untuk menyalakan notebook dengan OS Windows.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES