in: Notebook / Laptop | May 27, 2011 | by: Bimanto

Lenovo ThinkPad Edge E420s: Notebook untuk Kalangan UKM dengan Desain Memesona

Notebook yang diperuntukkan bagi kalangan bisnis sedikit banyak tidak menarik karena mengusung desain yang klasik dengan bentuk yang membosankan. Namun, secara tidak sadar, notebook yang biasanya dikhususkan untuk kalangan bisnis mempunyai kelengkapan yang lebih dibandingkan notebook untuk kalangan umum. Lenovo sebagai produsen pembuat notebook yang biasanya diperuntukkan bagi kalangan bisnis sebenarnya sudah mulai memperbaiki desain casingnya di seri Edge yang dikhususkan untuk kalangan UKM. Bila Lenovo Thinkpad mempunyai desain klasik, ThinkPad Edge mempunyai desain yang lebih cantik dengan warna-warna cerah seperti merah dan biru. Saat ini, Lenovo mencoba menawarkan Lenovo ThinkPad Edge E420s untuk kalangan UKM namun dengan desain yang lebih serius (tetapi tidak menghilangkan kesan menarik yang dimilikinya).

Lenovo ThinkPad Edge E420s mempunyai desain yang lebih serius tetapi tetap menarik untuk digunakan oleh berbagai kalangan (tidak saja bagi kalangan UKM). Notebook ini menggunakan desain finishing hitam kehijauan soft mate dengan garis metal chrome di pinggir penutup layar LCD-nya dan bagian engselnya. Jangan tanya kekuatan dari casing produk Lenovo ini. Casing notebook ini menggunakan perpaduan dua bahan magnesium alloy dan aluminium di sekujur tubuhnya. Dengan perpaduan dua bahan ini, diharapkan notebook ini tahan banting terhadap benturan dan tahan jatuh dari ketinggian tertentu.

Ketipisan notebook ini didapat berkat pengurangan casing baterai. Baterai sudah terintegrasi ke dalam casingnya. Hal tersebut membuat Anda tidak dapat mencabut baterai kedua notebook ini. Namun, Anda tidak perlu takut baterai akan rusak. Bila Anda meng-upgrade garansi menjadi 3 tahun, secara otomatis garansi baterai Anda juga diperpanjang menjadi 3 tahun. Selain itu, baterai yang digunakan sudah termasuk baik dengan masa cycle sebanyak 1000 kali.

Untuk spesifikasi, Lenovo ThinkPad Edge E420s menggunakan prosesor Intel core i5 Sandy Bridge dengan memory DDR3 SODIMM sebesar 8 GB sebagai daya pacunya. Graphics Intel GMA 3000 dirasakan cukup mumpuni untuk berbagai keperluan dan aktivitas mengingat notebook ini lebih ditujukan bagi kalangan bisnis. Kapasitas hard disk yang diberikan tergolong tidak besar untuk saat ini karena Lenovo hanya memasang hard disk sebesar 320 GB 7200RPM di dalamnya. Namun, Anda dapat meng-upgrade-nya dengan mudah dengan slot hard disk di samping.

Lenovo ThinkPad Edge E420s menggunakan layar 14″ dengan resolusi 1366×768 dengan finishing glossy. Namun, layar glossy memiliki kelemahan saat digunakan di luar ruangan. Layar jenis ini memantulkan bayangan tetapi dapat diakali dengan menaikkan tingkat brightness sehingga gambar yang ditampilkan layar dengan pencahayaan LED tetap dapat terlihat dengan jelas. Di bagian atas layar terdapat webcam dan di sebelahnya persis terdapat Think Light untuk menerangi keyboard di pencahayaan minim.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES