Review NZXT Sentry LXE: Fan Controller dengan Desain Touchscreen

Reading time:
May 18, 2011
NZXT Sentry LXE 5

Bagian belakang panel LCD ini tidak memiliki kerumitan yang umumnya ditemui di panel Fan Controller. Panel ini sendiri hanya menyediakan sebuah tempat untuk mencolokkan kabel power 8pin sebagai penyuplai daya sekaligus menghubungkan panel LCD dgn board PCB yang disertakan.

NZXT Sentry LXE 6 NZXT Sentry LXE 7

Sebagai penghubung panel LCD dengan controller yang terletak di slot PCI tersebut, NZXT menyediakan kabel 8 pin yang memiliki panjang kurang lebih 2 meter sehingga penempatan NZXT Sentry LXE ini lebih fleksibel.

NZXT Sentry LXE 8
Bagian dalam kotak merah merupakan bagian yang digunakan untuk melakukan pengaturan dengan cara disentuh untuk melakukan pengaturan.

Anda dapat menggunakan fan controller dengan mudah tanpa harus membaca buku manual terlebih dahulu. Untuk mengatur jam dan hari, Anda tinggal menekan bagian jam dan hari kemudian tekan tanda + atau – yang terletak di sisi kiri bawah (berlaku untuk semua pengaturan). Alarm dapat diaktifkan dengan menekan tulisan alarm untuk memindahkan opsi dari off menjadi on. Fungsi alarm yang tersedia ini untuk memberi tahu kepada penggunanya apabila suhu maksimal sudah melampaui batas suhu yang ditentukan oleh penggunanya.

Angka yang menunjukkan nomor 1 sampai 5 berderet di sebelah penunjuk suhu ini dapat kita tekan sebanyak tiga kali. Untuk menentukan suhu minimum yang ingin dicapai, Anda cukup menekan angka tersebut sebanyak satu kali hingga angka penunjuk suhu berkedip. Jika menekan dua kali, Anda dapat mengatur suhu maksimum yang akan menjadi pemicu alarm apabila suhu tersebut terlampaui (alarm sudah ter-setting untuk suhu 70C secara default). Pengaturan RPM kipas dapat dilakukan dengan menekan angka tersebut untuk ketiga kalinya hingga angka yang menunjukkan RPM berkedip.

Panel LCD di NZXT Sentry LXE juga dapat dimatikan jika dirasa tidak dibutuhkan atau mengganggu. Anda cukup menekan lambang yang terletak di atas + /- . Ketika panel LCD dimatikan, semua setting-an akan tetap berjalan seperti yang sudah diatur sebelumnya.

NZXT Sentry LXE 9

Sebuah PCB disediakan sebagai “nyawa” fan controller ini yang dapat diletakkan di slot expansion PCI casing Anda.

NZXT Sentry LXE 10

Terdapat kabel-kabel yang menempel di PCB dalam jumlah cukup banyak seperti lima kabel 3 pin sebagai tempat mencolokkan kipas, lima sensor temperatur yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai macam suhu komponen PC Anda, dan juga sebuah kabel Power Molex yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke seluruh fan dan juga panel LCD.

Fan yang didukung NZXT Sentry LXE ini adalah fan yang menggunakan kabel 3 pin sehingga fan yang menggunakan kabel Molex otomatis tidak dapat digunakan. Adapun daya maksimal yang disuplai untuk sebuah kipas adalah sebesar 10 watt atau kurang lebih 0.83 A untuk fan 12 v.

NZXT Sentry LXE 11

Bagian bawah fan controller ini dilapisi dua karet panjang yang membuatnya ini tidak mudah slip ketika diletakkan di permukaan yang licin. Selain itu, karet ini juga berfungsi agar tidak menyebabkan lecet permukaan tempat kita meletakkan fan controller tersebut.

Kesimpulan

Sebelum kami mencoba fan controller ini, kami mengira fan controller ini biasa saja karena bentuknya yang lazim. Akan tetapi, setelah cukup lama mengutak-atik, fan controller ini menjadi menarik karena fitur-fitur pendukungnya. Sebut saja layar touchsceen yang disediakan, juga adanya tampilan untuk tanggal dan jam di panel LCD Sentry LXE ini. Fitur pengaturan RPM fan secara otomatis ataupun manual pun turut membuat fiturnya semakin lengkap dan berbeda dari fan controller lainnya yang hanya menyediakan pengaturan secara manual.

Selain itu, juga tersedia fitur alarm suhu bagi pencinta performa yang mengkhawatirkan PC-nya akan overheat. Alarm akan berbunyi ketika suhu maksimal yang ditentukan oleh penggunanya sudah terlewati. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memasang fan yang memiliki RPM terlalu tinggi karena tiap channel di controller ini memiliki keterbatasan daya suplai.

Bagi pecinta PC Modding, fan controller ini juga akan mempercantik tampilan casing Anda, baik diletakkan di atas casing ataupun di dalam casing (dengan sedikit mod tentunya). Selain itu, harganya pun tidak terlampau tinggi (jika dilihat dari fitur-fitur yang dimilikinya).

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Bodi dan Desain Huawei MateBook D 14 Form Factor Clamshell/Laptop…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Bodi dan Desain Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9) Form Factor…
March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…

Gaming

March 18, 2024 - 0

Akhirnya, Star Citizen Mulai Bergerak ke Versi 1.0

Lebih dari 12 tahun dalam proses pengembangan, dengan dana yang…
March 18, 2024 - 0

Desainer Karakter Utama Seri Tales – Mutsumi Inomata Meninggal Dunia

Berhasil mempertahankan eksistensi sebuah franchise hingga lintas generasi platform, dengan…
March 18, 2024 - 0

Spesifikasi Playstation 5 Pro Bocor, Rilis Tahun Ini?

Tidak seperti tiga generasi awal Playstation yang hadir hanya dengan…
March 18, 2024 - 0

Turnamen Resmi Apex Legends Di-Hack, Pemain Pro Diberi Cheat

Apa yang penting dari sebuah video game kompetitif? Selain update…