in: Special Report | June 17, 2011 | by: Dedy Irvan

Computex 2011 Booth Raid: Powercolor

Produsen VGA yang berkonsentrasi pada produk AMD ini tentu hadir di Computex 2011 yang lalu. Berbeda dengan produsen lainnya, display produk Power Color ada di dalam sebuah ruang tertutup di Nangang Exhibition Hall.

HD 6850 tanpa fan: Sebuah VGA berkemampuan tinggi dengan tingkat kebisingan sangat rendah karena hadir tanpa fan.

Ms. Tia dari Power Color berkesempatan untuk memperkenalkan kami kepada produk-produk terkininya. “Tour” ini berawal dari sebuah VGA HD6850 tanpa fan. Berbeda dengan solusi non fan lainnya, VGA in benar-benar sarat dengan heatsink. Semua bagian yang mungkin menghasilkan panas didinginkan dengan heatsink pasif. Hal ini wajar mengingat HD 6850 bukanlah card yang dingin.

HD 6850 dan HD6770 single slot: Solusi single slot yang langka, spesial dari Power Color.

Single slot kerap menjadi solusi yang sangat susah dicari. Power Color tampak menghadirkan solusi ini dalam 2 VGA mereka. Uniknya, salah satu VGA tersebut adalah HD 6850. Bisa jadi, ini adalah satu-satunya HD 6850 dengan format single slot.

AMD 6870 X2: mungkin ini satu-satunya card dengan dual GPU AMD 6870 yang (akan) tersedia di pasaran.

Tour ini beranjak ke VGA yang lebih menarik lagi. Tampak oleh kami sebuah VGA besar dengan dua GPU di dalamnya. Ternyata ini adalah sebuah VGA dengan 2 GPU HD 6870. Performa yang dijanjikan mampu mengalahkan solusi single GPU terkencang dari kubu pesaing AMD. Harganya, seharusnya tidak semahal pesaingnya.

AMD 6970 X2: Ini adalah VGA AMD terkencang yang ditawarkan Power Color. Dua GPU HD6970 yang di-overclock, di dalam satu card.
In Action: Power Color tampilkan 2 VGA AMD 6970 X2 dalam satu sistem

Akhirnya, sampai juga kami pada monster yang diciptakan Power Color. Merasa tidak puas dengan HD 6990, Power Color memadukan 2 GPU HD 6970 dalam racikannya sendiri. Sebuah chip Lucid tampak digunakan untuk menjembatani keduanya. Berdasarkan pemaparan Ms. Tia, masing-masing GPU di-setting berkecepatan di atas sebuah HD 6970 biasa.

Koneksi wireless antara PC dan monitor: Salah satu solusi Power Color yang mampu mentransfer data video 1080p tanpa kompresi ke monitor.

Tampak berusaha menawarkan solusi “wireless display”, Power Color juga menyediakan periferal yang dapat mentransfer data video 1080p dari sisi PC ke monitor, tanpa menggunakan kabel. Ukurannya memang agak besar, akan tetapi, kualitas gambarnya memang terjaga sangat baik.

Konsep fan Power Color: Fan yang dapat diarahkan sesuai kebutuhan.

Sampailah kita pada inovasi pendinginan Power Color. Fan yang dapat diatur posisinya ini menjanjikan pengaturan yang lebih fleksibel terhadap aliran udara. Konsep yang menyerupai kami temui pada HSF Noctua.

Prototype: Power Color mengembangkan metode untuk mengatur arah fan secara otomatis, dengan motor penggerak!

Apabila konsep pengaturan arah fan sudah diterapkan secara manual, bagaimana kalau ada versi otomatisnya? Nah, ini sudah dipikirkan Power Color. Sebuah prototype motor penggerak untuk mengatur posisi fan pun diperlihatkan.

Akhir kata, Power Color berhasil menarik perhatian kami. Meski terkenal dengan harga pasaran yang “miring” ternyata produsen ini tidak berhenti berinovasi. Tentu saja, semua demi kepuasan konsumen juga, bukan?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES