in: Special Report | June 8, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Computex 2011: Jajaran Cooler “Kelas Berat” dari ThermalTake

Meskipun belakangan telah melakukan diversifikasi produk dengan membuat perlengkapan untuk gaming, ThermalTake tetap setia kepada cooling peripherals yang menjadi spesialisasi mereka. Pada pameran Computex 2011 tahun ini pun, produk-produk CPU Cooler baru dari produsen yang satu ini tidak ketinggalan mejeng di booth ThermalTake, lantai 4 Nangang Exhibition Center. Dilihat dari ukuran dan daya pendinginannya, kebanyakan CPU Cooler tersebut layak disebut sebagai pendingin “Kelas Berat”. Inilah mereka:

AIR COOLER

Jing dan Charger MK-1

Jing (kiri, hijau) dan Charger MK-1 (kanan, merah).

Dua CPU cooler ini sama-sama mampu meredam panas hingga 200 watt (TDP) dari CPU. Bedanya, Jing yang dimaksudkan sebagai pendingin versi “silent” sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Charger MK-1 memiliki dua buah fan 12 cm yang mampu menyemburkan udara dalam kuantitas lebih banyak untuk memaksimalkan pembuangan panas

Frio OCK

Frio OCK merupakan produk flagship untuk kategori air cooler dari ThermalTake. CPU Cooler berukuran besar yang diperuntukkan bagi penggemar overclocking ini memiliki struktur fin heatsink yang terpisah menjadi dua bagian untuk meningkatkan kapasitas pendinginan. Dua buah fan 13 cm pada Frio OCK tergabung dalam frame plastik yang membungkus bagian atas heatsink. Pengguna dapat mengangkat bagian ini dengan mudah untuk melepas kipas, seperti yang  terlihat pada gambar.

Dua buah fan 13 cm pada Frio OCK dapat dilepas dengan mudah karena menyatu pada frame plastik yang membungkus bagian atas HSF ini.

Frio OCK telah dirilis beberapa bulan lalu. JagatReview pun sudah mengulas produk ini secara menyeluruh. Klik di sini untuk membaca review lengkapnya.

Frio Extreme

CPU cooler yang belum resmi diluncurkan ini berukuran lebih besar dan memiliki kinerja pendinginan yang lebih tinggi daripada Frio OCK! Frio Extreme mampu meredam panas hingga 250 watt dari CPU serta dilengkapi dengan kenop untuk mengatur kecepatan dua fan Frio Extreme yang berukuran 14 cm. Uniknya, unit pengontrol fan ini dilengkapi dengan switch yang memungkinkan pengguna untuk memilih antara pengaturan manual atau kontrol PWM secara otomatis dari motherboard. Menurut rencana, Frio Extreme akan dirilis dalam waktu dekat dan kompatibel dengan semua jenis soket prosesor yang tengah beredar.

Pengguna Frio Extreme dapat mengatur sendiri kecepatan fan atau menyerahkan kontrol ke motherboard, hanya dengan menekan sebuah switch.

Frio GT

Inilah air cooler paling bongsor yang dimiliki oleh ThermalTake. Frio GT memiliki ukuran yang terbilang luar biasa besar untuk ukuran sebuah CPU cooler. Bayangkan saja, Frio GT memiliki 10 heatpipe dan mampu dipasangkan dengan fan 12 cm sebanyak 4 buah! Cooler raksasa ini mampu meredam panas hingga 300 watt dari prosesor.

Frio Extreme, pendingin CPU berukuran super besar dari ThermalTake yang dilengkapi dengan 10 heatpipe dan 4 buah fan 12 cm.

Sayang, karena ukuran dan beratnya yang tergolong masif, Frio GT hanya bisa digunakan di dalam casing ThermalTake Level 10 GT, dengan tambahan sebuah pengait khusus untuk menopang tubuhnya. ThermalTake belum berencana merilis produk yang tergolong eksperimental ini ke pasaran. Kalaupun benar-benar diluncurkan, jumlahnya akan terbatas.

Begitu besar dan beratnya Frio GT, heatsink ini sampai membutuhkan sebuah pengait khusus untuk menahan beban.

WATER COOLER

BigWater 760 Plus

BigWater 760 Plus adalah generasi terbaru water cooler dari seri yang sama. Untuk produk ini, ThermalTake menambahkan sebuah kenop pengatur kecepatan fan dan dua buah lampu indikator yang akan memberi tahu pengguna bila kapasitas liquid coolant telah berkurang dan harus diisi ulang. Karena menempati dua brive bay 5,25 inci di bagian depan komputer, kenop dan lampu BigWater 760 Plus pun mudah dijangkau.

BigWater 760 Plus dilengkapi kenop pengatur kecepatan fan dan lampu indikator liquid coolant.

BigWater A80

Liquid cooler ini ditujukan sebagai solusi all-in-one yang bebas perawatan. Pengguna hanya perlu memasang BigWater A80 di sistem, tanpa perlu mengganti liquid coolant di dalamnya. Unit pompa BigWater A80 berukuran kecil dan disatukan dengan base plate yang dipasang di prosesor.

Unit pompa BigWater A80 menyatu pada bagian base plate.

Unit radiator BigWater A80 ditempatkan secara terpisah di bagian belakang casing, dan dilengkapi fan untuk menghembuskan udara panas ke luar. Berita bagusnya, saat diluncurkan nanti, all-in-one liquid cooler ini akan kompatibel dengan platform socket LGA 2011 (X79) sehingga dapat digunakan untuk mendinginkan seri prosesor flagship baru dari Intel, SandyBridge-E!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES