in: Special Report | June 16, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Computex 2011 – Phantom, seri Graphics Card Keren dari Gainward

Secara tidak mengherankan, produk-produk graphics card buatan Gainward mendominasi pemandangan di booth milik produsen tersebut di arena Computex 2011. Namun, ada sesuatu yang langsung menarik perhatian Jagat Review begitu melintas di dekatnya.

Sekilas, graphics card seri Phantom milik Gainward tampak seperti tidak memiliki fan alias menggunakan solusi pendingin pasif. Namun, begitu mendekat, nyatalah bahwa graphics card yang dimaksud teryata dilengkapi dengan dua atau lebih kipas yang diletakkan di bawah sirip-sirip heatsink!

Sepintas,pendingin graphics card Phantom terlihat seperti radiator kendaraan bermotor. Ternyata, cara kerjanya mirip pula dengan radiator: kipas diletakkan di belakang sirip-sirip aluminum sehingga menarik udara (pull) melalui area pendingin, bukan menghembuskan angin seperti pada desain konvensional yang meletakkan kipas di atas heatsink. HSF Phantom pun dilengkapi dengan sejumlah heatpipe.

Menurut klaim Gainward, desain pendingin dengan fan dibelakang heatsink ini membuat graphics card Phantom memiliki suhu operasi dan level noise lebih rendah dibandingkan card reference. Walaupun hal tersebut masih perlu dibuktikan kebenarannya, paling tidak seri Phantom dari Gainward betul-betul terlihat keren.

Gainward menyediakan beberapa varian graphics card Phantom, masing-masing dengan GPU yang berbeda, yaitu GeForce GTX 560, GTX 560 Ti, GTX 570, dan GTX 580.

Graphics card seri Phantom tidak hanya dipersenjatai dengan HSF unik. Dalam beberapa aspek, seri graphics card ini dibekali dengan keunggulan teknis seperti factory overclock dan jumlah memori on-board lebih besar dari versi reference, seperti misalnya GTX 580 Phantom yang memiliki 3072 MB GDDR5 dan frekuensi 783/ 2010 MHz (core/memori).

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES