in: Special Report | June 16, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Computex 2011-Versi Mini H67 Asus untuk Pengguna Rumahan

Prosesor seri Sandy Bridge dari Intel dikenal cukup bertenaga dan memiliki integrated graphics yang lumayan mumpuni pula. Lalu, bagaimana jika prosesor tersebut dapat dipasang di sistem barebone atau HTPC berukuran kecil? Tentu pengguna bisa mendapatkan sistem home enterteinment (HTPC) all-in-one yang berkinerja tinggi sekaligus berukuran compact. Inilah yang ditawarkan Asus melalui varian-varian produk H67 miliknya yang dipamerkan di Nangang Exhibition Center selama exhibisi Computex 2011 berlangsung: P8H67-I dan P8H67-I Deluxe, dua motherboard mungil dengan form factor mini-ITX.

Kedua motherboard ini adalah versi lebih kecil dari saudaranya, P8H67 yang memiliki form factor Micro ATX. P8H67-I memiliki spesifikasi teknis yang cukup mirip dengan P8H67-I Deluxe. Keduanya memiliki faktor bentuk Mini-ITX, menggunakan chipset Intel H67, mendukung seri prosesor Sandy Bridge dengan graphics card terintegrasi, serta dilengkapi port SATA 6 Gbps dan USB 3.0.

P8H67-I.
P8H67-I Deluxe.

Namun, seperti produk motherboard Asus lainnya, embel-embel kata “Deluxe” mengacu pada tambahan fitur ekstra. Dalam hal ini,  P8H67-I Deluxe memiliki beberapa komponen yang tidak ditemui pada P8H67-I, seperti adapter WiFi terintegrasi, konektivitas Bluetooth, dan heatsink tambahan. Perbedaan lainnya, P8H67-I Deluxe menggunakan slot memori SO-DIMM sementara P8H67-I dilengkapi dengan slot DIMM yang lebih umum.

Selain P8H67-I dan P8H67-I Deluxe, Asus juga menyediakan produk-produk motherboard mini-ITX lain dengan dukungan jenis platform yang berbeda. Ada yang menggunakan prosesor terintegrasi Intel Cedar Trail dan AMD Zacate, sementara lainnya menggunakan socket FM1 yang mendukung CPU AMD Llano yang akan segera diluncurkan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES