Fitur-Fitur Baru di Final-Fantasy XIII-2

Reading time:
June 15, 2011
final fantasy xiii 2

Square Enix kembali menguji peruntungannya dengan memperkenalkan sebuah sekuel langsung untuk sebuah seri Final Fantasy. Setelah Final Fantasy X-2 yang memunculkan cukup banyak kritik karena gameplay dan cerita yang tidak terlalu menarik, Square Enix kembali melahirkan model franchise yang tidak jauh berbeda untuk seri ketiga belasnya. Final Fantasy XIII yang gagal menuai kesuksesan di pasaran berusaha untuk dilahirkan kembali melalui Final Fantasy XIII-2.

noel kreiss

Plot yang berbeda tentu saja dihadirkan di sini. Berpusat ke usaha Serah untuk mencari sang kakak, Lightning dan usaha membangun kembali Gran Pulse—Anda akan ditemani banyak karakter baru yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Bahkan Noel Kreiss—sang pria berbaju biru yang menemani Serah sepanjang permainan—akan memiliki porsi cerita yang “lebih penting” dibandingkan Lightning itu sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Motomu Toriyama, sang direktur.

Final Fantasy XIII-2 tentu saja akan membawa cukup banyak elemen permainan yang baru. Setidaknya mereka menjanjikan akan menghadirkan kota dan NPC di dalam seri kali ini. Bagi Anda yang pernah memainkan Final Fantasy XIII tentu saja akan memahami “kekosongan” elemen RPG yang dihadirkan oleh game ini. Bayangkan saja, sepanjang permainan Anda akan sangat jarang bertemu dengan NPC dan tidak menemui kota sama sekali. Sebuah blunder yang membuat FF XIII menjadi begitu linear dan kehilangan sisi RPG-nya. Di seri kelanjutannya, Square Enix berusaha memperbaiki ini dengan menghadirkan kota dan NPC.

ff xiii 2 live trigger

Satu fitur baru yang harus diperhatikan adalah hadirnya Live Trigger. Seperti konsep yang diusung oleh banyak RPG barat saat ini, para gamer akan menemui pilihan-pilihan aksi yang akan menentukan jalannya permainan. FF XIII-2 akan memuat fitur ini. Anda, misalnya, dapat memilih untuk melakukan konfrontasi terhadap satu bos secara langsung atau menemukan cara lain yang lebih mudah. Live Trigger biasanya menyediakan empat pilihan yang dapat Anda pilih. Dengan fitur seperti ini, Square Enix memberikan replay value yang lebih tinggi. Perbedaan pilihan berarti multiple endings.

ff xiii 2 monster rancher1

Jika biasanya Anda selalu ditemani karakter-karakter kuat di dalam party, di FF XIII-2, konsep ini akan tampil sedikit berbeda. Anda akan memiliki kesempatan untuk memelihara monster dan memperkuat mereka (seperti halnya di Monster Rancher). Monster yang telah Anda pelihara dapat Anda gunakan sebagai anggota di pertarungan. Semakin kuat monster yang Anda miliki, semakin besar pula damage yang akan dihasilkan.

Konsep baru yang lain adalah Mog Clock. Jika Anda memperhatikan, sepanjang permainan akan ada Mog yang terus mengikuti Anda. Mog ini bukanlah hiasan belaka karena makhluk imut ini ternyata memiliki fungsinya sendiri. Mog Clock akan membantu Anda melihat situasi musuh sebelum melakukan encounter. Anda dapat melakukan back attack atau malahan mendapatkan Ambush tergantung situasi Mog Clock Anda. Encounter yang sukses juga akan memberikan bonus tertentu. FF XIII-2 akan menghadirkan pertarungan yang lebih cepat melalui cinematic action system layaknya yang diperkenalkan God of War.

Menurut pengakuan Square Enix sendiri, FF XIII-2 sudah mencapai tahap penyelesaian hingga 70%. Ini berarti keinginan perusahaan asal Jepang itu untuk segera merilisnya di akhir tahun mungkin akan terpenuhi. Dengan engine yang tidak jauh berbeda, menyelesaikan game ini tentu saja berbeda dengan penyelesaian Final Fantasy XIII Versus yang belum selesai hingga saat ini. Bagaimana dengan Anda? Tertarik dengan FFXIII-2 ini?

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…