in: Games | June 8, 2011 | by: Pladidus Santoso

Gaming VIP: Daigo Umehara

Menjadi seorang gamer berarti berani memikul tanggung jawab untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang sebuah game dibandingkan orang awam. Ternyata, dunia game yang “sempit” tidak hanya berisi orang-orang yang kita kenal sebagai pencipta sebuah franchise. Ada pihak luar yang berhasil meraih popularitas dari memainkan game seperti ini. Orang menyebutnya sebagai game professional, para gamer menyebut mereka sebagai seorang Dewa. Hiperbolis? Jika memperhatikan skill yang berhasil mereka dapatkan dan tunjukkan, Anda bisa menyimpulkannya sendiri.

Banyak gamer yang mungkin bertanya-tanya ketika mendengar nama di atas. Siapa sebenarnya Daigo Umehara sampai ia pantas untuk masuk ke dalam Gaming VIP versi kami? Ia memang tidak setenar Nobuo Uematsu, Tetsuya Nomura, atau bahkan Bill Gates. Namun, bagi yang menggemari dunia game fighting hingga terlibat profesional di dalamnya, nama Daigo Umehara adalah nama yang harus dihormati, disanjung, dan dijadikan panutan hidup.

Jika kita membicarakan Daigo, kita tidak akan dapat memisahkan pemuda kurus ini dari sebuah franchise game fighting terbesar di dunia, Street Fighter. Benar sekali, game yang membawa karakter seperti Ryu dan Ken ke dalam industri game ini memang punya andil yang besar dalam hidup dirinya. Bahkan, menjadikannya sebagai salah seorang superstar di dunia game profesional. Daigo mungkin belum mendunia seperti Fatality yang bahkan memiliki jajaran perangkat komputernya sendiri. Namun, kualitas dan prestasi Daigo Umehara sebagai seorang gamer professional tidak perlu diragukan lagi. Daigo adalah pemain Street Fighter terbaik di dunia.

Siapa itu Daigo Umehara?

Lahir 19 Mei 1981, pria yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-30 ini memulai karirnya dari tahap yang paling bawah. Berawal dari kesenangannya datang ke arcade game center dan memainkan game fighting, Umehara membangun skill selama 10 tahun “pengembaraan”nya itu. Sejak usianya di sekolah dasar, ia begitu mencintai Street Fighter II dan Fatal Fury. Perlahan, pertandingan solo yang biasa ia tekuni mulai berubah menjadi pertandingan melawan player lain. Daigo Umehara mulai melakukan hal yang akan membesarkan namanya.

Tahun 1998, Daigo berpartisipasi di turnamen nasional Street Fighter Zero 3 dan mencapai tingkat final. Melawan pemain yang lebih berpengalaman, Onuki, Daigo berhasil menekuk dengan skor 3-1. Kemenangan ini membawa Umehara ke level yang lebih tinggi, sebuah turnamen tingkat dunia. Alex Valle, pemain terbaik Street Fighter di Amerika Serikat menjadi “korban” selanjutnya. Umehara berhasil memenangkannya dengan skor 2-1 dalam sebuah pertandingan yang diliput secara langsung oleh televisi Jepang. Sejak itu, Umehara mulai mendapatkan nama besar. Tahun 2001, sebuah buku biografi Umehara diterbitkan.

Sebuah Sejarah Lahir

Apa yang membuat Daigo Umehara terkenal di seluruh dunia? Video di atas mungkin menjelaskan lebih banyak, itupun jika Anda masih bisa berkata-kata setelahnya. Daigo Umehara yang memainkan Ken memperlihatkan kualitas permainan yang boleh dibilang, “menyeramkan”. Di satu titik, di mana Daigo sudah dapat dipastikan harus mengeyam kekalahan melawan Chun Li yang dikendalikan Justin Wong, sebuah keajaiban hadir. Jurus terakhir Chun-Li, “Hou Yoku Sen”, yang dapat membunuh Ken dalam satu langkah saja berhasil di balikkan keadaannya. Dengan skill luar biasa, Daigo memutuskan untuk melakukan “parry” dengan timing yang tepat dan membalikkan keadaan seketika. Bayangkan saja, Parry hingga multiple hits! Setelah parry, Daigo mengeluarkan kombo kebalikan dan mengalahkan Chun Li. Kekaguman Anda atas video di atas saja sudah cukup menggambarkan seribu kata.

Mengapa Daigo Umehara Pantas Menjadi Gaming VIP?

Alasan utama adalah karena konsistensinya untuk terus berkecimpung di dunia game fighting dan terlibat secara profesional di dalamnya. Saya sendiri sulit untuk percaya bahwa seseorang yang ahli dalam bermain game fighting mampu mengembangkan keahlian seperti ini. Mengalahkan musuh dalam kondisi yang sangat kritis saja sudah merupakan sebuah pencapaian yang besar, melihatnya melakukan “parry” dan membalikkan keadaan itu adalah suatu keajaiban yang luar biasa. Daigo Umehara memang harus diakui adalah pemain Street Fighter terbaik saat ini.

Namun, tidak hanya itu saja yang membuat ia pantas menjadi gaming VIP kali ini. Sederet prestasi dan kejuaraan yang berhasil ia menangkan membuktikan kemampuan Daigo yang sebenarnya. Lihat saja yang berhasil ia ukir sejak Street Fighter IV dirilis. Juara pertama di Topanga Charity Cup, Juara Pertama di The Canada Cup, Juara pertama di Evolution 2010, Juara pertama di Evolution Asia-Pacific, Juara Pertama di World Game Cup 2010, dan masih banyak lagi. Tentu saja Daigo tidak tampul sempurna di setiap pertandingan, namun lima besar di dalam kejuaraan masih memuat nama Daigo di salah satu posisinya.

Ada satu hal yang sering diungkapkan para gamer profesional melihat cara Daigo bermain Street Fighter, yakni SEMPURNA. Daigo Umehara memiliki gaya menggenggam joystick-nya sendiri yang boleh terbilang unik. Gaya inilah yang kemudian memastikan bahwa setiap jurus dan kombinasi yang ia inginkan dapat keluar di saat yang ia inginkan. Hampir tidak ada gerakan yang sia-sia dari Daigo. Jika tidak untuk memberikan damage, beberapa gerakan memang dihasilkan untuk membuka ruang serangan.

Popularitas Daigo Umehara memang tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Media Jepang biasanya menamakan dirinya sebagai “2D Kakutou Game no Kami” atau “Dewa Game Fighting 2D”. Sementara dunia Barat memanggilnya “The Beast” karena prestasi yang berhasil ia torehkan. Daigo tercatat sebagai pemegang rekor dunia Guinness World Records sebagai “Pemain Tersukses Di Turnamen Besar Street Fighter”. Sebagai seorang profesional gamer, ia kini menandatangani kerja sama iklan dengan MadCatz. Diego Umehara sekali lagi membuktikan dirinya sebagai pemain Street Fighter terbaik di dunia dan seorang gaming VIP.

Diego Umehara’s Fighting Footage

Berikut ini adalah potongan video fighting terbaik yang pernah diperlihatkan Diego Umehara melawan pemain pro yang lain di event-event besar. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda merasa dapat mengalahkannya?

Source: Wikipedia, DaigotheBeast, Fansites

Source Gambar: Google

Source Video: Youtube

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES