Golden Goal: “Cita Rasa” Baru Perfilman Indonesia

Reading time:
June 1, 2011

Beberapa hari yang lalu, saya membahas mengenai film Indonesia bergenre drama romantis besutan Rizal Mantovani, Pupus. Sebagai film Indonesia bergenre non-horor, bagi saya film tersebut bisa dikategorikan layak tonton dan memberikan hiburan tersendiri khususnya bagi kaum hawa. Kali ini, saya akan membahas sebuah film komedi bertema sport berjudul Golden Goal.

3635410364 dea932f6a7

Pertama kali mendengar judul film ini, saya tidak menyangka jika ini adalah film Indonesia. Apalagi, nama-nama pemain yang tertera di posternya didominasi dengan nama-nama pemain asing. Saya benar-benar sadar ini adalah film Indonesia saat membaca dua nama yang cukup saya kenal, Nova Eliza dan Tio Pakusadewo. Golden Goal merupakan sebuah film dengan konsep yang cukup unik yang belum pernah ada sebelumnya. Jika Anda pernah menyaksikan film Shaolin Soccer (2001), mungkin film ini akan sangat mengingatkan Anda kepada film yang dibintangi Stephen Chou dan Wei Zhao tersebut. Secara keseluruhan, bingkai ceritanya sama, namun memiliki perbedaan jalan cerita.

Film ini berkisah mengenai dunia persepakbolaan sebuah negeri fiktif, Bolanesia. Dua klub terbesar Bolanesia, Panzer Hitam dan Domba Berang, sudah berkompetisi sejak lama. Namun, sepeninggal pemiliknya, Rachman, klub Domba Berang nyaris bubar akibat ketiadaan pengurus dan kualitas pemain yang semakin menurun. Kanya (Nova Eliza), putri sulung Rachman kembali dari Amerika dan memutuskan untuk mengurus klub peninggalan ayahnya. Keberadaan Kanya di klub yang mayoritas pria tersebut awalnya mmeunculkan respon pesimis di tubuh klub itu sendiri. Namun, dengan dukungan salah satu pemain senior, Paolo Delmonte (Louis Mandylor), Kanya maju pantang mundur.

DSC 0128 Version 2

Kedua klub pun akhirnya kembali berkompetisi mendapatkan gelar terbaik. Klub Panzer Hitam yang memiliki lebih banyak dana dan kekuasaan, berusaha sekuat tenaga untuk menjatuhkan Domba Berang. Di tengah kekalutan karena tidak berhasil memenangi satu pun pertandingan, Domba Berang mendapatkan titik cerah dengan menemukan seorang pemain asal Afrika, Jay Jay Mfede (Jimmy Jean-Louis), dan seorang pelatih bernama Frank Lazaridis (Costas Mandylor). Domba Berang pun siap bertempur melawan Panzer Hitam hingga titik keringat penghabisan.

DSC 0035

Konsep Unik yang Menyegarkan

Dilihat dari ide ceritanya, film ini sebenarnya memiliki potensi besar untuk menjadi film berkualitas. Sang sutradara, Mirwan Suwarso, menunjukkan keseriusannya menggarap film ini dengan melakukan riset ke Hollywood dan mengajak para pemain Hollywood untuk ikut serta dalam filmnya. Tentunya, ajakan tersebut bukan hanya untuk tampil selama 5—10 menit seperti yang terjadi di beberapa film Indonesia yang pernah ada. Para pemain Hollywood tersebut memang terlibat langsung dan mendapatkan porsi adegan yang cukup besar. Lebih hebatnya lagi, Mirwan berhasil menggandeng Frank Leboeuf, pesepakbola profesional asal Prancis yang legendaris. Selain itu, film ini juga dimeriahkan oleh penampilan spesial pemain sepak bola nasional Indonesia, seperti Kurnia Sandi dan Kurniawan.

DSC 0138

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana Mirwan Suwarso melakukan itu semua, saya bisa mengatakan: the power of social skill! Mirwan memang masih baru di dunia penyutradaraan film, namun, ia memanfaatkan semua link yang ia punya untuk menggarap sebuah film sebaik mungkin.

Dalam membuat film ini, bisa dibilang bahwa Mirwan sedikit nekat. Dengan bujet terbatas, Mirwan harus membagi anggaran untuk membayar para pemain, menyewa set, dan yang paling mahal, melakukan pemolesan terakhir menggunakan CGI. Sebagai informasi, Mirwan memang memilih untuk mengambil gambar pertandingan di sebuah stadion kosong dan kemudian memberikan sentuhan terakhir dengan membuat crowd buatan menggunakan CGI. Mahal? Tentu saja! Mirwan menyatakan bahwa di film ke depan, ia lebih memilih membayar ribuan figuran ketimbang harus membeli teknologi CGI! Well, at least, lesson learned.

Golden Goal bukanlah sebuah film yang harus ditanggapi dengan serius. Jika Anda memutuskan untuk menonton film ini, bersiaplah untuk mendapatkan sajian yang benar-benar untuk hiburan. Semuanya dikemas dengan lelucon dan terkadang diselipkan komedi slapstik di dalamnya. Bagi saya pribadi, film ini cukup menghibur walaupun di beberapa adegan terdapat lelucon yang cukup “garing”. Jika film ini digodok lebih lama dan dikerjakan dengan anggaran yang jauh lebih besar, mungkin akan menjadi film komedi-sport pertama Indonesia yang legendaris.

Tanggal rilis:
Akan datang

Genre:
komedi

Durasi:
90 menit

Sutradara:
Mirwan Suwarso

Pemain:
Nova Eliza, Tio Pakusadewo, Butet Kertaradjasa, Jimmy Jean-Louis, Frank Leboeuf, Costas Mandylor, Louis Mandylour, Jajang C. Noer, John Dykes, Happy Salma

Studio:
Destiny Films

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…