in: Graphics Card | June 16, 2011 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

MSI GTX 580 Lightning Xtreme Edition: Ekstra Video RAM, Ekstra Feature

Kemasan dan Paket penjualan

Paket dan kemasannya tidak banyak berbeda dari GTX580 Lightning, yang terdiri dari:

  • Manual book
  • Quick User’s Guide
  • Driver disk
  • 2x SLI Bridge
  • 2x 6-pin to 8-pin power converter
  • DVI to D-Sub converter
  • 3x V-check point cable

Gallery VGA

Pendingin TwinFrozr III membuat tampilan VGA ini menjadi terlihat “sangar”. Di bawah HSF-nya, kita juga akan menemukan pelat metal hitam untuk mendinginkan komponen VRM dan Video Memori.

Overclocker-Friendly Features

VGA yang dirancang untuk overclocker pastinya memiliki banyak fitur yang bisa membantu praktik overclocking, dari casual overclocking sampai dengan extreme overclocking.

XtremeCool Switches.

MSI memberikan Dual BIOS Switch yang dilengkapi dua buah BIOS: BIOS normal dan BIOS dengan “cold-slow” Fix. Bios dengan “cold-slow fix” ini nantinya diaktifkan bersamaan dengan XtremeCool Switch untuk memastikan bahwa VGA ini dapat berjalan normal di suhu di bawah -160C, cocok untuk overclocker yang gemar menggunakan LN2.

Ada juga switch lain, seperti:

OCP unlocker, yang digunakan para overclocker untuk mem-bypass over-current protection (OCP) di VGA.

PWM Clock Tuner, untuk mengubah switching frequency dari VRM VGA ini dari 260 kHz ke 310 kHz, dengan tujuan meminimalisasi “voltage ripple yang terjadi saat VGA menyuplai daya ekstra karena praktik overclocking yang ekstrem.

V-Switch: Memberi voltage ekstra ke VGA, baik Vgpu, Vmem, maupun Vpll, melebihi batas default-nya.

V-Check point: untuk mengukur voltase dari Vgpu, Vmem, dan Vpll secara real-time.
NEC Proadlizer.

Terlihat juga empat buah NEC Proadlizer PF/A series, dengan rating 2V 1000uF. Kapasitor jenis ini berguna untuk “menghaluskan” suplai daya ke VGA, terutama saat VGA sedang berjalan di clock sangat tinggi (1000Mhz++). MSI memberikan tiga buah proadlizer untuk GPU dan satu buah untuk memori VGA.

Dual 8-pin input.

MSI memberikan konektor dual-8 pin 12 V untuk input daya. MSI juga mengklaim telah “memisahkan” jalur antara voltase GPU (Vgpu) dan voltage Video memori (Vmem) sehingga memori VGA mendapat suplai daya langsung dari konektor 8-pin PCIe. Ini memungkinkan memori VGA untuk di-overclock lebih tinggi karena suplai daya yang lebih bersih dibandingkan desain GTX 580 Reference, di mana sebagian besar suplai daya Vmem diambil dari Slot PCI-Express.

Berbagai fitur ekstra untuk extreme overclocker ini dibuat dengan satu tujuan: mendapat clockspeed tertinggi untuk memecahkan rekor benchmark. Tidak heran jika banyak overclocker yang mendapat skor benchmark yang mengagumkan saat menggunakan seri Lightning dari MSI.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This: