in: Direct Release | June 14, 2011 | by: Dian Syarifuddin

[PR] AMD Memimpin Komputasi Generasi Selanjutnya Dengan APU Seri A

AMD Fusion APU baru mampu memberikan tampilan grafis memukau, dan performa layaknya supercomputer dan daya tahan baterai sepanjang harii

Jakarta – 14 Juni 2011 – AMD (NYSE: AMD) hari ini mengumumkan komputasi mainstream generasi selanjutnya dengan peluncuran AMD Fusion A-Series Accelerated Processing Units (APUs) baru dengan kinerja tinggi. Selain memberikan pengalaman komputasi yang memukau pada notebook dan desktop, APU Seri A dari AMD juga mampu memberikan pengalaman grafis HD, kinerja layaknya supercomputer dan daya tahan baterai lebih dari 10,5 jamii .

Dalam dunia yang berorientasi pada pengalaman digital dan visual, konsumen memiliki prioritas yang sangat tinggi untuk peranti yang bisa mengerjakan beberapa pekerjaan (multitasking), memiliki kemampuan grafis yang tajam, bermain game yang seolah hidup, memutar video dengan lancar, dan memiliki kinerja multimedia sempurna. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, APU Seri A dari AMD menggabungkan hingga empat inti CPU x86 dengan grafis tingkat tinggi yang mendukung DirectX 11 dan hingga 400 inti Radeon dengan kemampuan memutar video HD dalam satu chip. APU Seri A dari AMD juga mendukung kemampuan tingkat tinggi seperti gestural interface, multimonitor display, hiburan 3D dan stabilisator gambar.

“APU Seri A dari AMD merupakan titik balik bagi AMD dan mungkin juga merupakan perubahan arsitektural industri terbesar sejak penemuan mikro prosesor,” kata Rick Bergman, senior vice president dan general manager, AMD Products Group. “Hal ini menandakan hadirnya pengalaman baru komputasi yang lebih memukau, dan memberikan pengalaman grafis dan video yang belum pernah ada sebelumnya dalam notebook dan PC. Mulai hari ini, kami membawa kemampuan grafis kelas atas ke mainstream.”

Saat ini, APU Seri A dari AMD (sebelumnya bernama “Llano”) sedang dalam proses pengiriman dan direncanakan untuk digunakan di lebih dari 150 notebook dan PC dari berbagai produsen terkemuka mulai dari kuartal kedua 2011. Mampu menghadirkan kapabilitas komputasi seri dan pararel yang bertenaga untuk memutar video HD, rendering 3D dan kemampuan mengelola data besar dalam satu prosesor, APU Seri A dari AMD memberikan kemampuan dan potensi bagi para pengembang perangkat lunak.

AMD AllDay™ Power: Baterai Tahan Lama

APU Seri A dari AMD memberikan kemampuan untuk mengimbangi bagaimana konsumen menggunakan PC-nya: sepanjang hari –tanpa mengurangi kinerja. Dengan daya tahan baterai lebih dari 10,5 jam– 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan AMD Mainstream Platform 2010-  para pengguna dapat menyelesaikan pekerjaan mereka atau menonton berbagai film berdefinisi tinggi (HD) dalam sekali chargev. Sebagai tambahan, kartu grafis AMD yang dapat ditukar mengoptimalkan daya tahan baterai pada PC dengan solusi AMD dual-graphics melalui kemampuan mengelola konsumsi daya pada APU dan kartu grafis AMD Radeon yang terpisah.

“Daya tahan baterai APU Seri A dari AMD merupakan lompatan besar dan akan mengejutkan para konsumen dan mitra kerja,” kata Chris Cloran, Vice President dan General Manager, Client Division, AMD. “Dan kinerja layaknya supercomputer akan memberikan kemampuan revolusioner, seperti stabilisasi gambar –menghilangkan gangguan dan guncangan, saat menonton video.”

HD Brilian: Setiap Pixel Begitu Penting

Orang-orang membuat, berbagi dan menikmati konten digital melalui PC mereka lebih dari sebelumnya, dan AMD VISION Engine –teknologi mutakhir yang tersemat dalam APU Seri A AMD, membantu memperindah konten digital seperti video, game, dan foto. Video HD terlihat begitu nyata dengan teknologi pemutar video dan proses paska produksi mutakhir, dan membuka situs internet menjadi lebih cepat dengan kinerja HTML5 dan Direct2D yang sudah terakselerasi. Mengedit, mentransfer dan melihat konten HD menjadi cepat dan mudah dengan dukungan koneksi mutakhir, termasuk HDMI1.4a, DisplayPort 1.1, dan USB 3.0, bersama dengan kemampuan display multimonitor.

APU Seri A dari AMD juga memiliki fitur yang disebut AMD Steady Videovi yang di desain untuk menstabilisasi pemutaran video – membuat gambar yang bergetar terlihat stabil dan mulus. APU Seri A dari AMD juga memiliki kemampuan tingkat tinggi seperti gestural interface, dapat memainkan game 3D dan video Blu-ray 3D –fitur yang merupakan kunci dari pengalaman dan harapan konsumen dalam menggunakan PC mereka.

Setiap PC dengan APU Seri A dari AMD akan menghadirkan HD yang memukau melalui grafis discrete-class DirectX® 11–dengan berbagai model dengan harga yang bervariasi. Hanya AMD Fusion APU yang benar-benar menawarkan kemampuan AMD Dual Graphics, dengan peningkatan kemampuan grafis hingga 75 persen, ketika digabungkan dengan kartu grafis AMD RadeonTM. Grafis yang lebih hidup, lebih cepat, dan lebih tajam membuat para pengguna merasa benar-benar masuk dalam dunia digital, terutama saat bermain game.

Personal Supercomputing: Kinerja Sempurna

Konsumen melakukan banyak hal dengan PC mereka –mulai dari bekerja hingga bermain– dengan APU Seri A dari AMD, bahkan laptop mereka dapat mengimbangi kebutuhan mereka, memberikan kemampuan parallel processing generasi selanjutnya. Dengan kemampuan hingga 400 gigaflop untuk notebook dan hingga 500 gigaflop untuk desktopviii, APU Seri A dari AMD memastikan pengguna memiliki kemampuan yang dibutuhkan  untuk menjalankan aplikasi terberat seperti pengolah video dan gambar, pengenalan wajah, pengenalan gerak badan/gestur, dan skenario multitasking. Untuk situasi yang lebih menantang, AMD Fusion APU Seri A menawarkan AMD Turbo Core Technology, yang secara dinamis mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja CPU dan GPU dengan tingkatan konsumsi daya yang efisien tergantung dari aplikasi yang dijalankan.

Ekosistem AMD Fusion yang Berkembang

AMD telah melihat momentum yang sangat baik dalam komunitas pengembang perangkat lunak sejak peluncuran APU AMD pada Januari 2011 lalu, dengan lebih dari 50 aplikasi yang diperkuat oleh jajaran AMD Fusion APU dan browser seperti Internet Explorer 9 memberikan pengalaman berselancar dalam internet yang lebih memukau saat dijalankan dalam PC berbasis AMD Fusion APU. Dan inagurasi AMD Fusion Developer Summit yang sedang berlangsung saat ini hingga 16 Juni di Seattle, Washington, memberikan sebuah forum bagi para pengambang, akademisi, dan para inovator untuk berkolaborasi seputar parallel programming and industry standards, seperti OpenCL™, membantu ekosistem perangkat lunak untuk berkembang dengan memanfaatkan metodologi komputasi terbaru.

Sumber Informasi Pendukung

i AMD menjelaskan “All Day” Battery life sebagai daya tahan di atas 8 jam seperti diukur dengan Windows Idle.

ii Pengujian yang dilakukan oleh AMD performance labs dengan menggunakan 2011 Sabine Reference Design “Torpedo” menunjukkan 628 menit (10:28 jam) dengan Windows Idle sebagai metrik “Resting”. Pengujian daya tahan baterai “Active” yang dilakukan dengan FutureMark® 3DMark™06 menunjukkan 218 menit (2:59 jam). Pengukuran daya tahan baterai dilakukan dengan menggunakan baterai 6 cell Li-Ion 62.16Whr dalam keadaan 98 %. AMD menjelaskan daya tahan baterai “all-day” dengan skor 8+ jam. SNB-I1.

iii Perangkat keras (seperti drive Blu-ray, monitor HD atau 10-bit, TV tuner, koneksi HDMI nirkabel) dan perangkat lunak tambahan (seperti multimedia applicAMDons) dibutuhkan dalam penggunaan beberapa fitur. Video HD membutuhkan sumber video HD. Tidak semua fitur akan didukung dalam semua komponen atau sistem – tanyakan pada perakit komponen dan sistem Anda tentang kegunaan model-model tertentu dan teknologi-teknologinya.

iv Perhitungan internal AMD.

v Pengujian yang dilakukan oleh AMD performance labs menggunakan 2011 AMD mainstream Notebook Platform menunjukkan konsumsi daya pada saat memutar Blu-Ray dapat mencapai 200 menit dalam satu siklus baterai atau cukup untuk 2 film berdurasi masing-masing 100 menit. Pengujian dilakukan dengan menggunakan CyberLink PowerDVD 10 dengan sebuah film Hollywood pada 29Mbps dengan pengkodean AVC. PC berbasis 2011 VISION A4 terdiri dari prosesor referensi “Torpedo” dengan AMD Dual-Core A4-3300M APU, dengan kartu grafis AMD Radeon™ HD 6480G, 2GB (1x2GB) DDR-1333Mhz system memory, dan Windows 7 Home Premium 64-bit dengan baterai 62.16Whr.

vi AMD Steady Video adalah teknologi yang didesain untuk menghilangkan getaran dan guncangan dalam pemutaran video rumahan. Para pengguna dapat menyalakan teknologi ini melalui aplikasi AMD Catalyst Control Center™ atau VISION Engine Control Center. AMD Steady Video akan bekerja pada konten yang dapat berjalan pada Adobe® Flash® Player 10.2 (dan versi terbaru) atau dalam pemutar apapun yang telah diprogram agar menggunakan mesin pendekode AMD (DXVA). AMD Steady Video tidak didesain untuk (a) menghilangkan sambungan gambar, logo dan judul, atau (b) memperbaiki pemutaran konten letter boxed, premium/komersial, atau sambungan. AMD Steady Video hanya direkomendasikan untuk video yang memiliki getaran atau guncangan yang tidak diinginkan.

vii Pengujian yang dilakukan di AMD Performance Labs menggunakan 3DMark Vantage –  Performance Benchmark sebagai metrik dalam kinerja visual, dalam mencari yang terbaik dalam 3 kali percobaan. Sistem berbasis AMD A8 APU memperoleh skor 4038 sementara sistem Dual Graphics berbasis AMD A8 APU memperoleh skor 9021. Semua skor dibulatkan ke nilai bulat terdekat.

viii Performa puncak teoritis APU “Llano” Seri A.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES