Review Acer TimelineX 3830TG: Daya Tahan Hidup Hingga 9 Jam dengan Kinerja Tinggi

Author
Bimanto
Reading time:
June 10, 2011

Acer TimelineX 3830TG 1

Merpati merupakan binatang yang tidak pernah ingkar janji, begitu juga Acer dengan produk notebook seri TimelineX-nya. Produk seri TimelineX diklaim mempunyai waktu hidup sampai dengan 8 jam, tanpa harus dicolok ke sumber listrik! Hal ini ternyata bukan omong kosong. Dua seri Acer TimelineX sebelumnya yang telah kami test daya tahan baterainya, berhasil  menepati janji Acer untuk tetap dapat hidup selama 8 jam, bahkan saat menjalankan aplikasi dalam keadaan WiFi terhubung ke jaringan!

Kami kembali kedatangan sebuah produk seri baru dari keluarga Acer TimelineX. Seri tersebut adalah 3830TG. Sepintas, saat melihat produk ini untuk pertama kalinya, kami melihat desain casing yang sedikit berbeda, jika dibandingkan seri TimelineX seri sebelumnya. Hal tersebut dapat terjadi karena seri ini menempati kelas yang berbeda. Kelas yang dituju oleh seri Acer TimelineX ini adalah menengah ke atas yang mementingkan kinerja dan daya tahan hidup notebook yang lama tanpa melupakan dimensi dan bobot yang cocok untuk diajak bepergian tanpa membebani penggunannya. Notebook ini menggunakan perpaduan warna silver di sekeliling keyboard dan biru di penutup layar LCD dan handrest dengan finishing doff. Dengan motif tersebut, Anda dapat terbebas dari cap tangan yang biasanya menempel di notebook dengan finishing piano.

Acer TimelineX 3830TG 2

Seri Acer TimelineX ditawarkan dalam tiga ukuran layar, 13″ ,14″ dan 15″. Acer TimelineX 3830TG yang datang ke meja pengujian kami menggunakan ukuran layar sebesar 13.3″ yang mampu mendukung resolusi 1366×768. Layar notebook ini menggunakan finishing glare. Sayangnya, finishing dengan tipe tersebut sedikit mengurangi kenyamanan penggunaan notebook ini. Layar tersebut dapat memantukan bayanan di sekitarnya. Untungnya, layar ini memiliki tingkat kontras yang lebih baik dibandingkan Mate. Gangguan bayangan di layar tersebut dapat dikurangi dengan menaikkan tingkat kontras layar LCD.

Sayangnya, Acer tidak menyertakan optical drive di TimelineX 3830TG ini. Bila Anda menginginkan notebook yang dilengkapi dengan optical drive maka Anda dapat memilih Acer TimelineX dengan layar 14″ atau 15″.

Acer TimelineX 3830TG 3

Acer TimelineX 3830TG menggunakan prosesor Intel Core i5 Sandy Bridge seri 2410M dengan kecepatan 2.3GHz yang dilengkapi teknologi Turbo Boost hingga 2.9GHz. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi memori DDR3 sebesar 4GB yang dapat Anda upgrade hingga 8GB bila diperlukan. Kapasitas penyimpanan data bisa dikatakan besar, Anda akan mendapatkan hard disk sebesar 640 GB yang siap menampung berbagai file data dan multimedia Anda. Urusan graphics, Acer TimelineX 3830TG mempercayakannya kepada NVIDIA seri GeForce GT540M yang dilengkapi dengan teknologi Optimus, sehingga kegiatan gaming sepertinya tidak menjadi masalah bagi notebook ini.

Dimensi dan berat yang baik dari Acer TimelineX 3830TG ini sedikit ternodai dengan adaptor yang mempunyai bentuk yang besar dan berat, tetapi hal ini bukannya tanpa alasan. Dengan adaptor sebesar ini, notebook Anda hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi daya baterai sebesar 6000mAh. Dengan kelebihan ini, Anda tidak perlu berlama-lama menunggu baterai terisi penuh.

Acer TimelineX 3830TG 4
Spesifikasi yang tertera di stiker.

Satu hal yang menarik dari seri ini adalah adanya indikator baterai di bagian depan. Indikator tersebut dapat memperlihatkan sisa kapasitas baterai yang tersedia. Bila Anda menekan bagian tersebut selama 3 detik dan lampunya berubah menjadi berwarna biru, maka baterai ada dalam kondisi penuh atau lebih dari setengahnya. Bila lampu berubah menjadi warna kuning, maka daya baterai ada di bawah 50%. Bila lampu berubah merah, berarti sudah saatnya Anda men-charge notebook ini.

Acer TimelineX 3830TG memiliki keunikan lain. Pada bagian Bios, kami menemukan setting yang tidak lazim, jika dibandingkan dengan notebook lainnya. Di sana Anda akan menemukan settingan graphics dengan pilihan Integrated atau Switching. Bila Anda pilih Integrated, maka hanya graphics Intel HD 3000 saja yang aktif dan graphics NVIDIA di-disable. Bila Anda pilih Switching, maka NVIDIA Optimus akan aktif.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…