LOGO

Review-Asus P8P67 Deluxe: Platform Kaya Feature untuk Sandy Bridge

Part: 1 2 3 4 5 6

The Board

Motherboard dengan form factor ATX ini memiliki color scheme yang mirip dengan platform Sandy Bridge lain dari Asus, PCB berwarna hitam dan aksen warna biru di beberapa komponen, seperti heatsink, slot ekspansi dan I/O port/ header. Paduan warna tersebut membuat P8P67 Deluxe terlihat “dingin” dan elegan.

Asus pun cukup royal dalam mendandani motherboard ini. Selain chipset P67, bagian VRM juga dilengkapi dengan heatsink berukuran cukup besar namun tidak mencuat terlalu tinggi ke atas sehingga tidak mengganggu pemasangan HSF CPU berukuran besar. Sebuah heatpipe tipis mengalirkan panas dari komponen VRM ke beberapa area pendinginan.

P8P67 Deluxe mengadopsi skema warna biru-hitam seperti motherboard Sandy Bridge lainnya dari Asus.

Bagian VRM di sekeliling socket CPU dilengkapi dengan heatsink biru yang berukuran cukup besar.

P8P67 Deluxe dilengkapi dengan tiga buah slot PCI-Express sehingga mendukung konfigurasi multi-GPU 3-way SLI/ Crossfire. Sebenarnya prosesor Sandy Bridge hanya menyediakan jalur PCI-Express sebesar 16 lane sehingga masing-masing graphics card dalam konfigurasi 2-way SLI/ Crossfire akan mendapatkan jatah sebesar 8 lane. Akan tetapi, Asus juga menambahkan chip PLX PEX8608 yang meningkatkan jumlah keseluruhan PCI-Express lane menjadi 8x/ 8x/ 8x (dalam konfigurasi 3-way SLI/ Crossfire).

Chip PLX PEX8608 menambah 8 lane PCI-Express sehingga P8P67 Deluxe mampu menjalankan tiga graphics card dalam konfigurasi 8x/ 8x/ 8x.

Selain itu, P8P67 Deluxe memiliki dua buah chip controller USB 3.0 yang masing-masing menyediakan dua buah port USB 3.0, sehingga motherboard ini memiliki 4 port USB. Dua diletakkan di bagian backpanel, sementara dua lainnya dapat disalurkan ke bagian depan casing melalui kotak front panel 3,5 inci yang disertakan.

Asus P8P67 Deluxe dilengkapi dengan dua buah chip controller USB 3.0 dari NEC. Satu berada di bagian samping kiri, dekat backpanel.

Sementara lainnya yang mengontrol header untuk bracket USB 3.0 terletak di dekat slot memori.

Di bagian belakang, Anda dapat menemukan sejumlah I/O Port dalam jenis yang cukup beragam. Daftar lengkapnya sebagai berikut:

  • 1 x PS/2 keyboard/mouse combo port(s).
  • 1 x Bluetooth module(s).
  • 1 x eSATA 3Gb/s.
  • 1 x Power eSATA 3Gb/s.
  • 1 x IEEE 1394a.
  • 2 x LAN (RJ45) port(s).
  • 2 x USB 3.0.
  • 8 x USB 2.0.
  • 1 x Coaxial S/PDIF out.
  • 1 x Optical S/PDIF out.
  • 6 x Audio jack(s).
  • 1 x Clear CMOS button(s).

Bagian backpanel I/O port memuat beragam jenis konektor dalam jumlah yang cukup banyak, termasuk 10 port USB (2 di antaranya USB 3.0) dan 2 buah port e-SATA!

Bagian berwarna biru di atas port e-SATA dan USB (merah) adalah antenna untuk adapter Bluetooth terintegrasi. Berkat disediakannya fasilitas ini, pengguna P8P67 Deluxe dapat menyambungkan berbagai macam perangkat ke komputer melalui koneksi BlueTooth.

Selain itu, P8P67 Deluxe juga dilengkapi dengan dua buah konektor Gigabit LAN sehingga memungkinkan komputer berperan sebagai network gateway. Satu buah Intel Gigabit LAN controller ditanamkan untuk mengurangi konsumsi daya dan mempercepat transfer rate melalui interkoneksi antara Integrated LAN controller dan Physical Layer (PHY).

Sebuah tombol Clear CMOS berukuran mungil diselipkan di antara konektor audio dan USB 3.0.

Di dekat slot memori, di bagian pojok kanan atas motherboard ini, terdapat tombol MemOK! yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kompatibilitas memori pada saat booting sistem. Di sampingnya terdapat TPU switch yang apabila diaktifkan akan memaksimalkan kinerja motherboard secara otomatis

Tombol MemOk! dan switch TPU.

Untuk memudahkan pengguna yang ingin memakai motherboard ini di luar casing, Asus menyediakan tombol Power dan Reset. Tombol di sampingnya digunakan untuk menghidupkan feature EPU yang akan menyeimbangkan konsumsi daya dan performa secara otomatis berdasarkan load sistem.

P8P67 Deluxe menyediakan delapan buah port SATA, terdiri dari 4 port SATA 3 Gbps dan 4 port SATA 6 Gbps. Dua dari port SATA 6 Gbps yang berwarna biru tua ditambahkan dari chip controller Marvell.

Last but not least, terdapat Q-Code LED yang akan menunjukkan status sistem dalam bentuk kode angka dan dapat digunakan untuk troubleshooting saat terjadi masalah.

Part: 1 2 3 4 5 6
Random Articles
Back to Top