Review Brink: Perang Akhir Zaman
Kesan pertama yang diberikan Brink ketika pertama kali diperlihatkan di E3 2009 adalah keren sekali! Bayangkan, Anda dapat memainkan sebuah shooter dengan kelincahan pelari Parkour. Parkour adalah seni menjelajah yang memberikan penggunanya kemampuan untuk mencapai sebuah posisi secepat mungkin. Jadi, semua halangan seperti tembok, bangunan, dan tiang dapat mereka panjat sesuka hati. Hal ini pula yang dapat Anda temukan di Brink. Bedanya, mereka membawa senjata api dan bertempur!
Anda sudah bisa membayangkan seperti apa Brink dimainkan? Sangat menarik, bukan? Namun, kelebihan Brink tentu saja bukan hanya kebebasan bergerak tersebut. Game ini memberikan begitu banyak feature menarik yang membuatnya enak dimainkan, seperti kustomisasi karakter, persenjataan yang banyak jumlahnya, skill, dan yang paling penting adalah fokus permainan multiplayer.
Parkour Shooting
Brink menggunakan latar belakang cerita di masa depan, tepatnya pada tahun 2035 di sebuah kota mengapung bernama Ark. Pada masa itu, bumi telah merasakan akibat dari pemanasan global dan permukaan laut meningkat drastis. Akibatnya, semua kota di dunia tenggelam dan Ark adalah kota terakhir yang menampung semua pengungsi. Hal ini tentu saja berakibat Ark menjadi kota yang penuh dengan kekacauan. Untuk itu, polisi khusus dibentuk dengan nama Security. Pihak Security memerangi kekacauan di Ark dan musuh utama mereka adalah Resistance. Pihak kedua tersebut merasa Ark seharusnya menjadi milik bersama, bukan hanya milik para elit.
Cerita ini menjadi permulaan yang bagus untuk game ini. Oleh sebab itu pula Anda dapat memilih salah satu dari dua skenario. Skenario pertama memberi Anda kesempatan untuk melihat dari mata Security. Sedangkan skenario lainnya adalah perjuangan Resistance untuk mendapatkan hak mereka. Walaupun demikian, Anda tidak langsung diputus dari akses memainkan skenario selain yang dipilih. Ketika Anda memilih Security, Anda dapat dengan mudah memainkan cerita Resistance. Sebaiknya Anda tidak memainkan misi dari faksi yang berbeda, karena hal ini akan membuat permainan menjadi tidak fokus pada cerita yang Anda pilih.
Setiap misi dalam game ini akan membenturkan unit tempur dari faksi yang berbeda demi menyelesaikan tujuan yang beragam. Biasanya, Anda akan bertemu dengan pertempuran delapan melawan delapan pemain. Bentuk area permainan memberikan Anda kebebasan untuk berlari, melompat, dan memanjat untuk mendapatkan keuntungan ketika menyerang musuh. Bukan hanya itu, Anda juga dapat berlari dan menggelosor ke belakang perlindungan ketika berada di tengah serangan musuh.
Sifat pertempuran di game ini terkesan action shooter. Artinya, Anda akan memiliki sejumlah energi yang mengindikasikan ketahanan tubuh. Ketika musuh berhasil menembak Anda, energi tersebut akan berkurang. Bila energi tersebut habis, Anda tidak langsung mati begitu saja. Saat ini, Anda akan tergeletak di tanah dan tidak dapat berbuat apapun selain menunggu bantuan dari pemain lain. Bila Anda tidak sabar menunggu, tersedia pula opsi untuk respawn. Musuh yang berhasil Anda lumpuhkan juga sama. Mereka tidak langsung mati dan dapat dihidupkan kembali oleh rekannya. Anda dapat mencegahnya dengan menembaki musuh yang tergeletak hingga benar-benar mati.