in: HSF - Cooling Devices | June 22, 2011 | by: Hendra Masli

Review Corsair H60: Compact Watercooling

Melihat beberapa tahun yang lalu, perkembangan compact watercooling di Indonesia sangatlah kecil. Perkembangan compact watercooling di luar Indonesia sendiri sebenarnya cukup menarik karena sangat banyak merek dan seri yang bermunculan dari waktu ke waktu. Di Indonesia, pasar compact watercooling baru mulai menyebar ketika Corsair meluncurkan seri H50 yang cukup fenomenal itu. Sekarang ini Corsair sudah merilis beberapa seri baru yang akan mengisi jajaran compact watercooling mereka. Kali ini JagatReview kedatangan sebuah sample Corsair H60 untuk kami uji. Seperti apakah compact watercooling tersebut? Simak artikel berikut.

Kemasan dan Paket Penjualan


Corsair H60 ini dibalut dengan kemasan kotak hitam yang cukup tebal. Pada bagian luar kotak terdapat cukup banyak informasi yang tercetak mengenai dimensi dan fitur dari Corsair H60.

Beberapa perlengkapan yang akan Anda dapatkan dalam paket penjualan, antara lain:

  • Intel Mounting Set + Backplate (LGA 775, 115x, dan 1366).
  • AMD Mounting Set (AM2+/AM3).
  • Buku manual.
  • Mur pelengkap.

Inilah bentuk Corsair H60 secara keseluruhan. Dilengkapi dengan selang yang panjangnya sudah diukur cukup untuk menempatkan radiator H60 pada bagian belakang atas casing dengan konfigurasi udara exhaust (membuang keluar). Pompa yang menyatu pada waterblock mendapat daya dari kabel dengan konektor 3pin seperti yang terlihat pada gambar.

Compact Watercooling H60 ini juga dibekali dengan radiator yang tampak kecil. Memang keduanya terlihat compact jika dibandingkan dengan radiator konvensional pada watercooling. Pada gambar di atas terlihat tebal radiator tersebut kurang lebih sama dengan sebuah fan standar yang berukuran 120x120x25mm.

Terlihat bagian dasar (base) dari waterblock ini. Base pada Corsair H60 ini memiliki finishing yang cukup kasar. Thermalpaste bawaan sudah diaplikasikan oleh Corsair ke waterblock ini. Namun selama pengujian, thermalpaste ini kami ganti dengan Artic Cooling MX-2 untuk membandingkan dengan pendingin yang lain.

Setelah mencoba mengutak-atik bagian waterblock ini, kami menemukan bahwa ternyata bagian selang yang terlihat ini tidaklah statis, Anda dapat menggerakkan selang tersebut ke kiri atau ke kanan sesuai dengan orientasi peletakan radiator nantinya.

Mounting pada Corsair H60 ini tampak sederhana, Anda diberikan 4 buah mur 2 sisi, sisi yang 1 digunakan untuk menahan backplate pada bagian belakang motherboard dan sisi yang satu lagi digunakan untuk menahan waterblock dari Corsair H60 sendiri. Untuk mengunci waterblock ini juga sangat mudah karena sudah menggunakan Thumb Screw.

Untuk mengganti mounting agar Corsair H60 ini dapat digunakan pada platform AMD, Anda cukup membuka kedua mur yang terlihat pada kedua sisi yang ada. Mounting tambahan untuk AMD juga disertakan dalam paket penjualan.

Bagi Anda yang suka melihat komponen PC Anda tertata rapi, Corsair H60 ini akan sangat menarik karena Compact Watercooling ini membuat PC kita terlihat menjadi compact. Ketika Corsair H60 ini terpasang, kami sangat menyukai area sekitar PWM yang terasa lega dan tidak berantakan. Jika Anda lihat, ketinggian Waterblock H60 ini bahkan tidak lebih tinggi dari RAM yang kami gunakan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES