Review DiRT 3: Bermain Lumpur Terbaik yang Pernah Ada!

Author
David Novan
Reading time:
June 16, 2011

Seri game balap off road DiRT kembali menjumpai Anda dalam DiRT 3! Bila Anda menyukai jenis balapan yang unik ini, tentu nama DiRT tidak asing lagi di telinga. Terang saja, game balap yang digarap CodeMasters ini menawarkan beragam jenis balap off road yang menarik untuk dimainkan. Mulai dari Rally hingga Trail Blazer yang menegangkan! Game ini juga tidak hanya menarik digunakan untuk menguji keahlian balap off road. Apakah Anda menyadari bahwa DiRT 2 juga kami gunakan untuk tes benchmark PC? Namun, review ini tentu saja akan berpusat pada permainan DiRT 3. Apakah game ini patut dimainkan?

dirt 3 001

Bermain Lumpur Begitu Menyenangkan!

Apa saja yang akan Anda temukan dalam game ini? Beragam balapan off road yang menguji kemampuan Anda dalam mengendalikan mobil! Apakah game ini adalah pengalaman pertama Anda memainkan game off road? Kalau begitu sebaiknya Anda menyiapkan diri dan banyak berlatih mengendalikan mobil. Bagaimana tidak? Balapan off road sangat berbeda dengan balapan biasa, seperti GT dan F1. Bayangkan Anda mengendalikan mobil dengan kecepatan tinggi di tanah yang memiliki daya grip rendah. Artinya, ban Anda dapat dengan mudah tergelincir dan mobil yang dikendalikan dapat terbang bebas tak terkendali! Nah, tambahkan pula di sekitar jalanan adalah alam liar, seperti hutan, danau, dan jurang!

dirt 3 002
Karir di DiRT 3 terbagi menjadi beberapa musim.

Oleh karena itu, kemampuan mengendalikan mobil dengan presisi tinggi adalah kunci utama dalam memainkan game ini. Mulanya memang sulit. Namun, kenikmatan yang Anda dapatkan setelah menguasainya dapat membayar kerja keras tersebut! Balapan yang Anda temukan selalu meminta improvisasi dan tidak ada rumus pasti untuk melewati sebuah tikungan, seperti yang biasa ditemukan di balapan aspal. Jadi, setiap balapan adalah pengalaman baru dan selalu dapat memacu adrenalin! Apalagi game ini memiliki feature perubahan cuaca yang dapat mengubah total teknik berkendara. Sebagai contoh, balapan di tanah kering sangat berbeda ketika tanah tersebut diguyur hujan deras. Lebih parah lagi bila tanah tersebut didominasi kerikil kecil yang dapat membuat mobil tak terkendali!

dirt 3 003
Mobil dirancang dan ditampilkan dengan keren.

Sudah bisa membayangkan apa yang akan Anda temukan dalam game ini? Bila Anda merasa tertantang, maka saatnya kami membeberkan lebih banyak mengenai game ini. Perlu Anda ketahui, DiRT 3 memiliki pengaturan physics yang lebih baik dari game sebelumnya. Jadi, semua efek lingkungan yang terjadi dan perilaku mobil terhadap jalanan mirip dengan aslinya. Hal ini tentunya akan membuat balapan menjadi lebih menyenangkan. Namun, semua ini tentu membuat pemain baru akan mengalami waktu yang sulit untuk belajar bermain. Untungnya, Anda dapat menggunakan beragam bantuan yang dapat diaktifkan setiap saat. Contoh dari bantuan tersebut adalah racing line, Traction Control, ABS, Assist (Braking dan Steering), tingkat kerusakan mobil (dapat rusak atau tidak), dan tingkat kesulitan musuh.

Bantuan lain yang tidak kalah menariknya adalah Flashback. Ketika balapan, melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Biasanya, pemain akan menekan tombol Restart untuk mengulang balapan dari awal. Namun, dengan fasilitas ini Anda dapat mengulang dari titik kesalahan terjadi. Jadi, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengulang dari awal. Feature ini sangat membantu ketika berada di tengah balapan dengan durasi yang lama. Cara kerjanya mirip Replay balapan. Anda tinggal memundurkan waktu hingga saat terjadinya kesalahan dan tekan tombol Play.

Sekarang mari membahas mengenai jenis balapan yang akan Anda temui dalam game ini. Secara keseluruhan terdapat lima jenis balapan off road yang dapat dimainkan. Balapan tersebut adalah Rally, Rally Cross, Trail Blazer, Land Rush, dan GYMKHANA. Bila Anda pernah memainkan DiRT sebelumnya, jenis balapan tersebut tentu tidak asing lagi. Semua kecuali yang terakhir. Nah, untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan secara singkat semua jenis balapan tersebut.

dirt 3 004
Anda tidak membeli mobil, tetapi mendapatkan sponsor melalui reputasi.

Rally adalah jenis balapan yang menguji kemampuan Anda dalam menghadapi medan yang berat. Anda tidak dapat begitu saja menghadapi jenis balapan ini tanpa bantuan seorang Co-Driver. Tugas Co-Driver adalah memberikan deskripsi mengenai bentuk medan yang akan dihadapi di depan mobil. Bahasa yang digunakan juga cukup rumit untuk pemula, seperti 3 left, hairpin right, dan over crest. Namun, bahasa inilah yang akan menyelamatkan Anda dari jurang dan batu yang mungkin ada di tikungan berikutnya!

Apa yang akan Anda hadapi bila Co-Driver berkata “5 left keep left into 3 right open rock inside to narrow bridge?” Artinya di depan ada tikungan ke kiri dengan tingkat kesulitan 5 (Tingkat kesulitan semakin besar dengan semakin kecilnya angka dan 3 adalah tikungan 90 derajat), Anda harus berada di sisi kiri jalanan. Berada di sisi kiri untuk mengantisipasi tikungan berikutnya yang dekat dengan tikungan tadi, yaitu tikungan ke kanan dengan sudut 90 derajat. Namun, dia juga memberikan peringatan bahwa daerah di sisi kiri terbuka (tidak ada penghalan dan penahan) serta di bagian dalam (kanan jalanan) ada batu! Setelah melewati tikungan itu, Anda langsung bertemu dengan jembatan berukuran satu hingga satu setengah kali lebar mobil. Rumit ‘kan?

dirt 3 005
Sebelum lomba, Anda dapat mengatur setting mobil.

Untungnya, pemula dapat menggunakan opsi bahasa yang lebih simple dengan memilihnya di menu Option. Namun, informasi yang Anda dapatkan tidak akan seakurat di atas. Beralih ke balapan berikutnya, Rally Cross adalah balapan off road di dalam arena melawan mobil lain. Tujuan utama di sini adalah menjadi mobil pertama yang melewati garis finish. Tidak seperti Rally yang mengejar waktu terbaik. Variasi Rally Cross yang dapat Anda temukan adalah Head 2 Head. Pada balapan ini, Anda akan bertarung satu lawan satu di lintasan yang berbeda. Pemenangnya adalah mobil yang mencetak waktu terbaik.

Trail Blazer mirip dengan Rally. Bedanya, Anda tidak akan ditemani Co-Driver dan mobil yang digunakan memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Karakteristik lintasan didominasi jalanan yang lurus dengan sedikit tikungan tajam. Kemudian, Land Rush mirip dengan Rally Cross. Bedanya, Anda menggunakan mobil truk dan Buggy. Lalu, apakah GYMKHANA? Jenis balapan ini adalah pendatang baru di seri game DiRT. Pada event ini, Anda akan diminta untuk menghibur penonton dengan atraksi mobil. Contoh dari atraksi tersebut adalah lompatan, drift, menghancurkan blok, dan membuat lingkaran dengan menggunakan drift. Kemampuan mengendalikan mobil dengan akurat adalah syarat mutlak untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam GYMKHANA. Walaupun menarik dan baru, tetapi jenis event ini sangat bertolak belakang dengan balapan off road dan mungkin tidak cocok untuk para pemain yang ingin balapan.

dirt 3 006
Bermain dari dalam kokpit lebih seru dan pengalamannya mirip Rally sungguhan.
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…