in: News | June 16, 2011 | by: Pladidus Santoso

Rumor Wii-U: Lebih Bertenaga dan Media Baru?

Nintendo memang berhasil menarik perhatian industri game dengan kehadiran konsol HD baru yang diperkenalkan di ajang E3 2011 yang lalu. Konsol tersebut dinamakan sebagai Wii-U, sebuah nama yang  berusaha merepresentasikan konsep gaming masa depan yang akan lebih bersifat “sosial”. Kritik memang melanda pihak Nintendo karena konsep konsol barunya yang dianggap kurang futuristik dan nyaman, namun hal tersebut tidak menghalangi media untuk terus berspekulasi tentang perangkat ini. Apalagi Nintendo memberikan sangat sedikit informasi tentangnya.

Walaupun kualitas gambar yang dihasilkan Wii-U melalui demo yang diberikan tampak sejajar dengan XBOX 360 dan Playstation 3, namun rumor yang beredar menyatakan bahwa sesungguhnya “jeroan” Wii-U jauh lebih bertenaga. Engadget mengabarkan bahwa Wii-U akan memuat sebuah GPU custom yang tidak jauh berbeda dengan R770. GPU terbaru ini akan menghasilkan gambar dengan kualitas DirectX 10. Kemampuan seperti tentu saja akan memperbesar peluang Wii-U untuk merebut hati developer-developer kelas berat yang memiliki ruang lebih untuk eksplorasi. Crytek sendiri telah membuktikan bahwa konsol baru ini mampu menjalankan Cry Engine dengan sangat baik. Apakah cukup untuk membuat gamer jatuh cinta? Dengan waktu perilisan yang masih satu tahun ke depan, teknologi Wii-U dapat dengan cepat menjadi usang. Namun pada akhirnya, kemampuan untuk mengoptimalisasi perangkat akan menjadi kunci yang penting.

Rumor lain yang tak kalah mengejutkan adalah perihal media yang akan dibawa Wii-U untuk menghadirkan kualitas grafis mumpuni itu. Definisi tinggi 1080p dan konten yang akan dihadirkan tentu memaksa Nintendo untuk mengadaptasi teknologi media yang mampu menampung hingga lebih dari 20 GB. Alternatif terbaik di pasaran saat ini adalah blu-ray yang dipopulerkan Playstation 3. Namun Iwata, sang CEO sendiri menyebutkan bahwa Wii-U tidak akan menggunakan DVD maupun Blu-ray. Apakah ini berarti kita akan mendapatkan satu jenis media baru lagi dari Nintendo? Konsep seperti ini juga akan membantu mengontrol pembajakan jika hak produksi media berada di tangan Nintendo sendiri. Atau jangan-jangan mereka akan kembali ke sistem Catridge dengan teknologi baru?

Walaupun kedua elemen tersebut masih merupakan rumor, Wii-U pasti akan membawa teknologi terbaru di dalam mesinnya ini. Setidaknya teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan XBOX 360 dan Playstation 3. Pertanyaan baru kini mungkin di benak para gamer. Apakah teknologi Wii-U ini akan tetap “bertenaga” di tahun depan saat perilisannya? Apakah Nintendo Wii-U akan mampu bersaing dengan generasi terbaru XBOX yang rumornya akan mampu menghasilkan kualitas DirectX 11 dan akan dirilis di tahun 2013? We will see.



Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES