Tiny Manager: Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Reading time:
June 28, 2011

Bila Anda memiliki bisnis sampingan, ada berbagai cara agar bisnis tersebut dapat berkembang pesat. Salah satunya adalah dengan menjaga hubungan antara Anda dengan para pelanggan. Hal ini merupakan modal dasar dari setiap pelaku bisnis karena pelanggan yang merasa puas dengan produk dan pelayanan Anda akan merekomendasikannya kepada teman, saudara, atau koleganya. Bila kepercayaan sudah terjalin, maka tinggal tunggu waktu saja. Usaha yang sedang Anda rintis akan berkembang secara otomatis.

Pertama

Banyak pelaku bisnis yang lupa untuk menjaga kepercayaan yang telah terjalin dengan para pelanggannya. Jangan sampai hal ini terjadi kepada Anda. Pergunakanlah Tiny Manager untuk me-manage hubungan Anda dengan para pelanggan. Software ini dikembangkan oleh Cyril Frausti sejak 20 Maret 2010. Setiap kegiatan jual beli dapat dicatat dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui siapa saja yang menjadi pelanggan setia Anda.

Instalasi

Saat meng-install software ini, Anda tidak perlu membuat secangkir kopi saat menunggu proses ini selesai. Instalasi dapat diselesaikan melalui wizard selama 00.06.05 detik. Bila Anda memiliki versi sebelumnya, lebih baik meng-uninstall-nya terlebih dahulu.

instalasi

Feature

Aplikasi ini merupakan sebuah utilities kecil yang dapat membantu Anda untuk me-manage penjualan, data pelanggan, dan service after sale. Di sini Anda dapat mencatat setiap data pelanggan, seperti nama lengkap, alamat, perusahaan, dan nomor telepon. Data penjualan dan service after sale dapat Anda lihat di jendela utama aplikasi ini.

feature2

Penambahan, edit, dan delete user dapat dilakukan dengan mudah melalui sederatan ikon yang dapat langsung diakses. Bila sudah banyak memiliki data pelanggan, fungsi search yang tersedia akan sangat membantu. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan filter untuk menyortir data pelanggan. Semua kebutuhan untuk mengorganisiasi hubungan antara Anda dengan pelanggan terdapat di utilities ini.

Pengujian

Proses pengujian berjalan mulus, mulai dari add user, edit, sampai delete data tidak terdapat masalah yang berarti. Begitu pula dengan proses pencarian. Cukup menaruh kata kunci di kolom yang disediakan kemudian tekan tombol Find! Sama halnya dengan filtering yang tersedia, semuanya berjalan dengan mulus.

Dengan aplikasi ini, tanggal transaksi, jumlah barang, harga, bahkan sampai komentar dari pembeli dapat diinput ke dalamnya. Begitu pula dengan after sale. Semua data yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik di masa yang akan datang dapat diinput. Selain itu, utilities kecil ini juga menyediakan fasilitas print untuk mencetak data ke dalam hardcopy jika dibutuhkan.

Dengan ukuran file setup sebesar 1 MB, aplikasi ini akan memakan tempat sebesar 3.24 Mb di hard disk Anda. Tidak ada masalah mengenai kompatibilitas software ini dengan berbagai aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini dapat berjalan di Windows 2000/XP/Vista/7 dengan spesifikasi komputer yang cukup rendah.

Support

Tidak ada update yang disediakan oleh pihak pengembang. Kemungkinan besar setiap update yang di-release akan disertakan di versi berikutnya. Di bawah menu “?”, Anda hanya akan menemukan link donation dan About dari aplikasi ini. Panduan tidak tersedia baik offline ataupun online dari situs resmi aplikasi ini.

support1

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki bisnis sampingan ataupun bisnis utama. Utilities kecil ini akan sangat menjaga hubungan baik antara Anda dengan para pelanggan. Secara keseluruhan, software ini sangat ringan, cepat, dan memiliki performa yang dapat diandalkan. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di berbagai situs penyedia software gratisan.

Keterangan

Kategori
Freeware, bisnis, home
Platform
Windows 2000/XP/Vista/7
Situs
http://sourceforge.net/projects/tinymanager/
Unduh File
http://sourceforge.net/projects/tinymanager/
Kontak
cyril.frausti@gmail.com

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 13, 2024 - 0

“THICC” Versi Beda, Modder Jadikan Tifa dan Aerith Berotot di FF VII Remake PC

Berapa banyak dari Anda yang sempat menikmati anime Dorohedoro? Bahwa…
March 13, 2024 - 0

Laku Keras, Stock Versi Fisik Unicorn Overlord Ludes di Jepang

Serahkan kepada Vanillaware untuk meracik video game dengan pendekatan yang…
March 13, 2024 - 0

Review Final Fantasy VII Rebirth: Makin Cinta, Makin Ribet!

Ketika Square Enix mengumumkan untuk pertama kalinya - proyek Final…
March 13, 2024 - 0

Dianggap Mahal dan Rakus, Expansion Persona 3 Reload di Steam Diserang Review Negatif

Pertanyaannya memang tidak pernah berkisar soal akan atau tidak, tetapi…