Tujuh Faktor Penting dalam Melancarkan Kampanye Marketing Digital

Reading time:
June 24, 2011

Di tahun 2010, terhitung jumlah pengguna ponsel di dunia telah melampaui angka 5 miliar. Lebih dari 96% di antaranya menggunakan ponsel yang memiliki web browser yang mampu menerjemahkan halaman web HTML. Kemampuan mengakses internet ini tidak hanya menguntungkan pengguna, tetapi juga menjadi lahan potensial bagi beragam perusahaan dalam memasarkan produknya. Marketing digital pun semakin marak dilakukan.

Hasil penelitian dari Mobile Marketing Association (MMA) menunjukkan bahwa budget marketing untuk media ponsel meningkat sebesar 124% dibanding media lainnya. MobileSQUARED, perusahaan penelitian perangkat mobile, menyebutkan bahwa di tahun 2011 sepertiga agensi iklan mengharapkan 30% dari kampanye kliennya dilakukan melalui media ponsel. Dr. KF Lai, CEO perusahaan media online BuzzCity, menyimpulkan bahwa ponsel merupakan sebuah peluang baru yang tidak boleh dilewatkan oleh para praktisi pemasaran.

BuzzCity1

Hingga saat ini, ada beragam cara marketing digital yang telah dilakukan oleh sejumlah perusahaan. Namun, faktor apa saja yang harus diperhatikan untuk menciptakan strategi pemasaran yang sukses melalui media ponsel? Berikut tujuh faktor yang dipaparkan oleh Dr. KF Lai:

  1. Sasaran pengguna. Target pengguna didominasi oleh oleh pria dan 86% di antaranya berusia antara 18-45 tahun. Para target ini tidak hanya mengerti menggunakan media digital, tetapi dalam rentang usia ini mereka sedang menghadapi berbagai tahapan kehidupan yang krusial, dari pergantian pekerjaan, membeli rumah, hingga memulai keluarga baru.
  2. Pengalaman pengguna. Pengguna memakai ponselnya dalam berbagai keadaan dan kegiatan. Misalnya, ketika sedang menunggu, pengguna meluangkan waktunya untuk browsing internet. Ketika sedang melakukan perjalanan jauh, pengguna mencari hiburan melalui konten-konten multimedia dalam ponselnya. Saat mencari sesuatu, pengguna disuguhkan dengan feature, seperti peta, referensi, data kontak. Selain itu, pengguna juga dapat berinteraksi antara satu sama lain melalui layanan messenger dan media sosial.
  3. Skala. Di kuartal pertama 2011, lebih dari 23 miliar banner iklan sudah ditayangkan melalui jaringan BuzzCity. Pelanggan dapat berdiskusi dengan planner kampanye BuzzCity untuk mendapatkan informasi dan merencanakan budget secara efektif untuk strategi maeketing mereka.
  4. Integrasi antar kampanye akan menghasilkan lebih. Sebuah ponsel selalu ada di tangan penggunanya, oleh karena itu perusahaan harus memberikan prioritas khusus kepada perangkat yang satu ini dalam melancarkan kampanye produknya.
  5. Tes, tes, dan tes. Menjalankan beberapa versi kampanye melalui sejumlah media yang berbeda tetap harus dilakukan untuk mendapatkan respon terbaik dari pelanggan. Dr. KF Lai menyarankan agar semua pengiklanan tidak terpaku oleh satu versi materi saja.
  6. Gunakan banner dan iklan teks. Dr. KF Lai mengatakan bahwa penggunaan banner dan iklan teks dalam strategi pemasaran menggandakan potensi perusahaan dalam menjangkau pasar.
  7. Analisis. Analisis harus dilakukan untuk memahami hasil kampanye yang telah dilakukan dan cara mengoptimalkan kampanye tersebut di masa depan.

Itulah tujuh faktor yang penting untuk diperhatikan dalam melancarkan kampanye marketing digital berdasarkan saran dari Dr. KF Lai dari BuzzCity. Silakan diterapkan!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…