in: Games | July 13, 2011 | by: Pladidus Santoso

10 Robot Terkeren di Dunia Game

Industri game memang tidak mengenal batasan untuk memunculkan ide kreatif dalam sebuah konsep yang disusun dengan begitu apik. Plot, karakter, dan timeline seperti apa pun dapat ditampilkan dengan sedikit imajinasi. Ide-ide seperti inilah yang kemudian membuat game menjadi media hiburan yang paling sempurna. Apalagi jika game mulai menghadirkan teknologi masa depan yang imajinatif dan melibatkannya dalam balutan pertarungan yang super-epik. Kekaguman seperti ini hanya bisa dimunculkan oleh beragam karakter robot yang hilir mudik di jagat ini.

Kemampuan yang luar biasa, efek serangan yang destruktif, ukuran yang masif, dibalut dengan ekspresi yang cool nyaris tanpa perasaan membuat karakter robot menimbulkan pengalaman yang unik ketika dihadirkan. Apalagi jika karakter-karakter ini bertemu dengan lawan sebanding dan terlibat dalam pertempuran yang cepat dan brutal. Tidak heran jika beberapa game hadir dengan menjadikan robot sebagai fokus utama. Basis fans yang menyenangi karakter-karakter seperti ini juga semakin menguat.

Sebelum masuk ke dalam list, ada baiknya jika kita menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang robot yang dimaksud di sini. Semua karakter yang memiliki komponen mekanikal di dalam tubuhnya, sebagian atau seluruhnya, dan berbagai kendaraan besar (mecha) yang memerlukan kendali manusia merupakan bagian dari robot yang dimaksud di artikel ini. Namun perlu diingat, list disusun didasarkan karakter orisinil yang hadir di industri game, bukan yang lahir dari anime, film, maupun komik sebelumnya.

Jadi, apa saja 10 robot terkeren yang pernah hadir di industri game sejauh ini?

10. Cyborg Sub-Zero (Mortal Kombat 9)


Sebagai karakter baru yang diperkenalkan di seri terbaru Mortal Kombat, Cyborg Sub Zero mampu tampil memukau. Dengan gaya bertarung yang cukup berbeda dibandingkan versi manusianya, Cyborg Sub Zero seolah menghadirkan sebuah entitas petarung baru yang lebih kuat, kejam, dan superior dibandingkan yang lain. Desain yang dihadirkan untuk karakter baru ini juga tampil dengan begitu apik, membuatnya tampak lebih “dingin”.

9. Zenislev (Front Mission 3)


Setiap gamer yang mendengar nama Front Mission sudah pasti membayangkan pertarungan mecha dalam balutan genre strategi yang adiktif. Salah satu serinya yang paling terkenal adalah Front Mission 3 yang dulu sempat dirilis untuk sang raja, Playstation. Memang agak sulit untuk menentukan mecha yang paling keren di dalam game ini karena modifikasi menjadi elemen terpenting di dalamnya. Setiap gamer tentu akan memiliki pengalaman dan visualisasi mecha yang berbeda satu sama lain. Bagi saya pribadi, bentuk awal Zenislev adalah yang terbaik. Dengan tubuh yang proporsional, Zenislev mengandalkan Shotgun dan Melee sebagai senjata utamanya.

8. KOSMOS dan TELOS (Xenosaga)


Harus diakui Kosmos dan Telos memang pantas untuk masuk di list ini. Selain desain keduanya yang menarik mata para pria, unjuk kebolehan kekuatan dan ekspresi datar yang mereka tunjukkan semakin mengokohkan kedua karakter ini di dalam list. Kedua musuh besar ini selalu mampu menghadirkan pertarungan yang epik dengan berbagai efek destruktif setiap kali bertemu. Kosmos dan Telos akan terus diingat sebagai robot yang cukup berpengaruh di industri game.

7. MAWLR (Killzone 3)


Pernahkah Anda takjub memandang sebuah mecha yang luar biasa besar hingga Anda tak mampu lagi berkata-kata? Apalagi ketika Anda meminta untuk menghancurkannya? Perasaan seperti inilah yang muncul ketika melihat MAWLR untuk pertama kalinya di Killzone 3. MAWLR atau Mounted Artillery Walker/Long Range adalah salah satu senjata perang utama Helghast yang menakutkan. Tidak hanya superior dari segi ukuran, mecha ini juga menyimpan senjata dalam jumlah yang masif di setiap sudutnya. Tidak ada yang mampu bertahan dari gempuran MAWLR seorang diri. Pertahanan yang luar biasa kuat dan dukungan serangan yang destruktif membuatnya tampil tak ubahnya sebuah senjata pemusnah massal.

6. Zero (Megaman Series)


Membicarakan robot tentu tidak akan terlepas dari salah satu franchise platformer terkemuka di dunia game, Megaman. Game yang menceritakan plot tentang konflik antarrobot ini tentu saja menghadirkan berbagai karakter robot yang memukau. Walaupun Megaman menjadi karakter utama di dalamnya, saya justru lebih tertarik dengan sosok Zero. Robot yang memiliki konfliknya sendiri ini memang hadir dengan gerakan pedang superefektif sekaligus pula kepribadian yang dingin. Dengan kecepatan yang ia miliki, Zero menjadi teman perjuangan Megaman yang dapat diandalkan.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This: