10 Tips & Trik Andalan untuk iPad 2

Reading time:
July 5, 2011

Seperti yang Anda ketahui, Apple iPad tidak dilengkapi buku panduan berbahasa Indonesia. In fact, perangkat ini tidak dilengkapi buku panduan dalam bahasa apapun! Tidak dalam bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Perancis, Thailand, apalagi bahasa Urdu. Jika Anda membutuhkan buku panduan, maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Tentu saja, kondisi ini memiliki dampak buruk yang mudah diduga. Dengan berbagai feature canggih dan banyak aplikasi rumit, banyak pengguna tidak dapat memaksimalkan penggunaan tablet ini.

Kami mengumpulkan puluhan tips dan trik terbaik untuk pengguna iPad dan iPad 2. Mari kita mulai dengan sepuluh yang pertama.

1. Screen Capture

ipad screenshotSeminggu lalu, jumlah aplikasi iPad menembus angka 100.000 aplikasi. Namun, Anda tidak akan menemukan aplikasi untuk mengkopi tampilan layar, atau fungsi screen capture. Hal ini terjadi karena Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Tekan tombol Home dan Sleep/Wake secara bersamaan maka tampilan layar akan terkopi. Anda dapat menggunakan screen capture dalam semua aplikasi yang Anda miliki, bahkan game 3D. Hasil screen capture akan muncul dalam Photos.

2. Mengubah Susunan Home Screen

ipad delete app

Anda dapat mengatur susunan aplikasi pada homescreen sesuai keinginan. Klik dan tahan salah satu icon aplikasi sampai icon bergoyang-goyang dan muncul logo “x”. Dari sini, Anda dapat menggeser icon ke mana saja, termasuk ke halaman lain. Anda juga dapat menghapus aplikasi dengan menekan tombol “x”. Tekan tombol Home setelah Anda selesai mengatur icon.

3. Folder Aplikasi

1 folders 420 90

Sistem operasi Apple, iOS, saat ini sudah mendukung beberapa pembuatan folder pada aplikasi. Langkah pertama di dalam pembuatan folder baru adalah dengan melakukan tekan dan tahan pada salah satu icon aplikasi sampai ada reaksi “bergoyang”. Kemudian, tarik salah satu icon sampai bertumpuk dengan icon lain dan lepas. Proses pembuatan folder telah berhasil dengan terdapat dua icon aplikasi didalamnya. Folder tersebut akan dinamai secara otomatis sesuai kategori aplikasi, tetapi Anda juga dapat mengubah nama folder itu sesuai dengan keinginan Anda.

4. Batasan Akses

photo 1photo 2

Jika iPad Anda sering digunakan anak-anak atau Anda memfasilitasi iPad untuk pegawai kantor Anda maka Anda dapat mengatur akses sehingga pengguna tak dapat sembarangan mengubah setting. Masuk ke Settings – General – Restrictions untuk mengaktifkannya. Dari sini, Anda dapat menonaktifkan Youtube dan Safari, menghalangi instalasi dan penghapusan aplikasi, mengatur penggunaan GPS dan email account, menghalangi pembelian item-item dari dalam aplikasi, dan banyak lagi.

5. Berganti Aplikasi dengan Cepat

2 access 420 90

Untuk mengaktifkan proses tersebut, lakukan double-clicking pada tombol Home, maka Anda akan mendapatkan tampilan semua aplikasi yang sedang berjalan yang terdapat d ilayar pada bar bagian bawah. Anda dapat menggeser halaman ini ke kiri atau ke kanan untuk mengakses fungsi lain. Klik salah satu icon untuk berpindah ke aplikasi tersebut dengan cepat.

6. Orientation Lock atau Mute?

3 OrientLock 420 90 e1309792650664

Di samping iPad terdapat sebuah switch yang dapat berfungsi sebagai tombol mute atau tombol pengunci orientasi. Anda dapat mengubah fungsi tersebut melalui Settings – General.

7. Passcode Denied…DELETE ALL!

4 Passcode 420 90

Jika Anda memiliki beberapa data yang cukup sensitif pada iPad, Anda dapat mengaktifkan feature ini. Apabila ada seseorang memasukkan passcode yang salah hingga 10 kali, maka semua data dalam iPad akan terhapus. Untuk mengaktifkannya, dimulai dari Setting – General – Passcode Lock, lalu pilih Erase Data.

8. Perbesar Tampilan iPad

ipad accessibility ogrady2

Jika ada bagian dari tampilan iPad yang Anda rasa terlalu kecil, maka Anda dapat memperbesar tampilan dengan mengaktifkan fungsi Zoom. Masuk ke Settings – General – Accessibility, dan nyalakan fungsi Zoom. Dari sini, Anda dapat mengatur zoom dengan menggunakan tiga jari. Double klik layar dengan tiga jari untuk memperbesar. Scroll dengan tiga jari untuk bergeser ke bagian lain layar. Double klik, tahan, dan geser ke atas-bawah untuk mengubah tingkat zoom. Feature ini juga dapat diatur sebagai fungsi Triple-click Home.

9. Black-on-White

ipad invert colorswhite

Anda merasa terlalu silau saat sedang membaca sebuah situs, Anda dapat mengubah tampilan yang mungkin akan menjadikan lebih nyaman. Aktifkan mode White-on-Black dan semua warna dalam tampilan iPad akan berbalik. Teks akan ditampilkan putih di atas latar hitam. Untuk mengaktifkan, Anda perlu masuk ke Settings – General – Accessibility. Jika Anda sering menggunakan feature ini, Anda dapat mengaktifkannya sebagai fungsi Triple-click Home Button dari halaman settings yang sama. Setelah itu, setiap kali Anda mengklik tombol Home sebanyak tiga kali dengan cepat, Anda akan mengaktifkan feature Black-on-White.

10. Quick Volume Mute

10 tip1mute 420 90

Anda dapat mengaktifkan mute dengan switch di samping iPad, tetapi fungsi switch ini dapat diubah-ubah. Untungnya, ada cara lain untuk mematikan suara. Tekan dan tahan tombol Volume-down di samping iPad dan iPad Anda akan ter-mute dalam sesaat.

50 Tips & Trik Andalan untuk iPad 2: Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…