CloneSpy: Membuang Sampah File Duplikat

Reading time:
July 20, 2011

Banyaknya file yang terduplikat baik secara sengaja ataupun tidak, akan berdampak ke kapasitas hard disk. Semakin banyak file yang sama berada di hard disk Anda, semakin sedikit ruang kosong yang tersisa. Salah satu solulsi terbaik mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menghapus file tersebut.Namun, tentu saja akan sangat merepotkan bila harus mencarinya satu persatu. Anda dapat mencari file-file tersebut untuk dimusnahkan tanpa harus bersusah payah dengan bantuan sebuah utilites bernama CloneSpy.

pertama4

Tampilan awal saat pertama kali dijalankan.

Duplikat file yang dimaksud di sini adalah data yang bersemayam di hard disk dengan konten sama persis, seperti nama, waktu, tanggal, dan tempat. CloneSpy juga dapat mencari file yang tidak sama persis tetapi memiliki nama yang sama. Mungkin Anda memiliki dua buah file yang sama dengan versi yang berbeda. Kelebihan lainnya CloneSpy dapat menemukan file file yang tidak memiliki konten.

Instalasi

Anda hanya membutuhkan waktu selama 00.18.41 detik untuk meng-install-nya dan 00.03.13 detik untuk menghapusnya. Aplikasi ini memiliki ukuran file setup sebesar 766 KB dan akan memakan ruang di hard disk sebesar 1.45 MB. Proses instalasi cukup mudah dilakukan dengan ketersediaan wizard.

Instalasi1

Proses instalasi CloneSpy.

Saat meng-install aplikasi ini, sebaiknya perhatikan langkah-langkahnya. Anda dapat memilih proses instalasi secara standar atau menjadikan aplikasi ini sebagai portable software dengan memilih pilihan ekstrak seluruh konten. Sebagai portable software, utilities ini dapat berjalan di media apa pun.

pilihan instal

Standar instalasi atau portable.

Feature

CloneSpy menawarkan mekanisme yang lengkap untuk menentukan file mana yang skan dibuang. Dengan CloneSpy, Anda dapat menentukan file mana saja yang memiliki nama dan ukuran yang sama, dan file-file yang memiliki ukuran file nol.

Aplikasi ini juga dapat membuat file checksum dari sebuah file yang berada di CD atau hard drive lainnya sehingga Anda dapat mengecek apakah file tersebut sudah ada di hard disk atau belum. Kegunaan Checksum files adalah untuk mencegah memutar DJ setiap mencari duplikat file sehingga Anda dapat menghemat waktu dan dapat mengerjakan pekerjaan lainnya.

Sistem kerja CloneSpy agak berbeda dengan software sejenisnya. Aplikasi ini menangani file-file yang terduplikat secara lebih sistematis dan memiliki kemampuan penanganan seperti menghapus redundant file, memindahkan redundant file ke folder tersendiri, export list yang berisikan file yang sama tanpa menghapus filenya, menggantikan redundant file dengan shorcut atau hard disk links.

Pengujian

Mudah untuk digunakan. Itulah kesan pertama yang kami dapatkan setelah berhasil mengunduh aplikasi ini. Interface-nya memang terlihat tidak sederhana, tetapi bila Anda sudah terbiasa, tidak akan ada masalah. CloneSpy dapat berjalan di semua Windows OS baik x86 ataupun x64. Anda tidak perlu mengkhawatirkan minimal requirement hardware karena aplikasi ini sangat ringan dan tidak memakan tempat di hard disk Anda.

Proses pencarian data atau file tergantung kepada banyaknya file yang dimiliki. Namun, secara keseluruhan, proses pencarian cukup cepat. Utilities kecil ini cukup akurat dalam pencarian data. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan duplikasi, nama yang sama dan duplikasi, nama yang sama, dan nama yang sama dengan perkiraan ukuran file yang sama. Setiap data yang memiliki duplikasi akan diproses oleh CloneSpy dan akan dihapus secara manual, automatis, atau Anda dapat mengeksport list file data yang telah dicari. Semuanya tergantung pilihan Anda.

Lisensi

Freeware buatan Marcus Kleinehagenbrock ini telah dikembangkan sejak tahun 2001 hingga kini. Bila Anda berencana untuk mendistribusikan atau memodifikasinya, kami menyarankan untuk mengirimkan email terlebih dahulu ke pihak pengembang agar tidak terjadi konflik baik secara hukum atau pun fisik di masa yang akan datang. Anda dapat melayangkan email ke technical@clonespy.com .

lisensi4

License Agreement

Support

Untuk menghindari berbagai pertanyaan yang tidak diperlukan, Marcus kleinehagenbrock menyarankan untuk membaca file panduan terlebih dahulu sebelum mengoperasikan aplikasi ini. Bila masih terdapat pertanyaan atau terjadi masalah selama pengoperasian aplikasi ini, Anda dapat mengunjungi situs resminya di www.clonespy.com kemudian mengecek sesi FAQ. Selain itu, update dapat diatur secara manual ataupun automatis.

support4

Pilihan update secara otomatis.

Kesimpulan

Harus diakui bahwa aplikasi ini memang dibutuhkan untuk mempercepat kerja atau membantu Anda membersihkan file-file sampah yang tidak dibutuhkan. Biar pun kecil, utilities ini mampu menunjukkan kehebatannya selama proses pengujian berlangsung. Penggunaan yang mudah dan kecilnya ukuran aplikasi ini menjadi daya tarik tersendiri.

Keterangan

Kategori
Utilities, File Cleaner, Clone
Platform
Windows OS
Situs Resmi
http://www.clonespy.com/
Unduh File
http://www.clonespy.com/?Download

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…