in: Software | July 7, 2011 | by: Sony Hanifudin

DVDX Open Edition: Video dan Audio Converter yang Powerful

Mengonversi file audio dan video saat ini sudah sangat lumrah dan dilakukan oleh siapa pun. Banyak orang melakukannya untuk berbagai tujuan yang berbeda. Melihat kebutuhan ini, banyak produsen software yang meluncurkan produknya, baik yang berbayar maupun gratis, dengan berbagai fitur melimpah dan fokus unggul yang berbeda-beda. Salah satu utilities converter yang menarik perhatian kami adalah DVDX Open Edition.

Instalasi

Tidak banyak yang dapat kami jelaskan mengenai proses instalasi aplikasi ini. Kami hanya menemukan bahwa aplikasi ini cukup mudah di-install dengan waktu yang cukup singkat, 00.08.55. Proses penghapusannya juga hanya memakan waktu oo.03.29. Aplikasi ini memiliki file setup berukuran 45 MB (saat diunduh) dan memakan ruang hard disk sebesar 106 MB (setelah di-install).

Fitur

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang cukup menarik. Fitur utama aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk mengoversi file audio dan video dengan dukungan ekstensi file VCD/CVD/SVCD/DVD, Xvid/Divx, MPEG-4, H.264, AVC, QuickTime, Flash Video, Ogg, WebM, AC.3, WAV, MP3, MP4/AAC, Lossless Audio, PCM, Vorbis, dan lain sebagainya.

Beberapa fitur lainnya yang cukup menarik adalah Job Manager. Dengan fitur ini, Anda dapat mengonversi beberapa file sekaligus. Selain itu, DVDx Open Edition juga dapat mengkopi DVD dengan protected right (DeMacrovision and DeCSS), membaca DVD+VR dan DVD-VR, membaca VOB file, dan membaca semua file audio atau video yang mendukung FFmpeg/Mencoder.

Pihak developer aplikasi ini mengklaim bahwa DVDx Open Edition adalah aplikasi pertama yang menyediakan preview sebelum proses encoding berlangsung. Selain itu, software ini juga diklaim sebagai satu-satunya utilities yang menyediakan video + audio + subtitle + preview.  Mengingat proses endcoding akan berlangsung cukup lama, fitur preview sangat berguna.

Selain fitur utama yang ditawarkan, aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur ekstra lainnya seperti DVD kompile dengan NTSC dan PAL video standar, dukungan audio track, dan dukungan subtitle, output video dapat di-preview sebelum proses encoding berlangsung.

Pengujian

Proses encoding sangat dipengaruhi oleh spesifikasi komputer yang digunakan. Semakin tinggi spesifikasi komputer Anda, proses encoding akan semakin cepat selesai. Di pengujian yang kami jalankan, kami tidak menemui kendala berarti saat proses encoding berlangsung.  Begitu pula dengan semua fasilitas yang disediakan. Berbagai DVD yang memiliki protected right juga dapat dikopi dengan mudah oleh utilities ini.

Dukungan file ekstensi yang disediakan dapat dikatakan cukup memadai untuk mengonversi sebuah file audio/video file. Penggunaan aplikasi ini sendiri masuk ke dalam kategori mudah.

DVDx Open Edition adalah hasil karya dari seorang jenius yang memiliki julukan “Starbuck” yang dibuat mulai dari nol dengan QT Framework. Aplikasi ini dkembangkan untuk seluruh pengguna komputer dengan platform apa pun, baik itu Windows OS, MacOs, atau berbagai varian Linux seperti Ubuntu.

Lisensi

Aplikasi ini berada di bawah lisensi GPL sehingga Anda dapat dengan bebas mendistribusikan atau untuk memodifikasinya. Pihak developernya sendiri membebaskan siapa saja yang ingin menggunakan code pengembangan aplikasi ini untuk berbagai tujuan. Namun, pihak developer menyarankan untuk tidak memodifikasi software ini karena versi terbarunya sedang dalam tahap pengembangan.

Support

Untuk mendapatkan panduan penggunaan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk mengunjungi situs resminya. Di sini Anda akan menemukan panduan mulai dari FAQ, penjelasan mengenai DVDx Open Edition, guide untuk mengkopi file, panduan untuk me-rip dvd dan blu-ray, sampai dengan panduan untuk mengkopi sebuah dvd atau file video ke berbagai file ekstensi video lainnya.

Walaupun utilities kecil ini adalah sebuah freeware, Anda dapat meregistrasikan program ini sebagai VIP user dengan biaya US$19.90 untuk tiga bulan dan US$39.90 untuk satu tahun penuh. Selain dengan dollar Amerika, pembayaran juga dapat dilakukan dengan mata uang Euro. Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan tertentu dengan mendaftarkan diri sebagai VIP user.

Kesimpulan

Software ini memang benar-benar dapat diandalkan! Performa yang ditunjukan selama pengujian memang patut diacungi jempol. Sementara itu, klaim pihak developer mengenai kelebihan aplikasi ini yang dapat menampilkan  video + audio + subtitle + preview saat proses encoding merupakan fitur yang sangat istimewa dan unik.

Keterangan

Kategori
Video, Encoding, Converter, Utilities
Platform

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES