in: News - Notebook / Laptop | July 31, 2011 | by: David Novan

Gaming Dengan Acer Aspire 4755G

Need for Speed Shift 2 Unleashed

Peningkatan kualitas engine graphics pada game ini membuatnya lebih bersahabat dibandingkan Shift pertama. Walaupun demikian, kami masih tidak bisa mendapatkan kenyamanan ketika menggunakan setting tinggi pada game ini. Oleh sebab itu, kami menggunakan setting medium dengan resolusi 1366×768, Texture Resolution Medium, Texture Filtering Trilinear, V-sync Off, Motion Blur Medium, Reflection Quality Low, dan Detail (Car, Track, dan Shadow) Medium. Pada setting ini kami berhasil bermain dengan nyaman pada 45 fps. Perubahan ke Texture Resolution High juga masih memberikan performa yang baik dengan frame rate sekitar 35 sampai 40 fps. Performa menurun ketika kami menyalakan V-Sync. Jadi, disarankan untuk tidak menghidupkan feature ini untuk mendapatkan pengalaman bermain yang nyaman. Penurunan performa yang dahsyat (hingga 10 fps) juga masih terjadi pada game ini dan terjadi pada rentang waktu yang sama, jika Anda tidak menggunakan tips ini.

Starcraft 2

Rasanya kurang lengkap bila gamer tidak memainkan game ini. Starcraft 2 bisa dikatakan bersahabat untuk komputer dengan spesifikasi menengah. Namun, game ini juga dapat menyiksa komputer dengan spesifikasi tinggi bila Anda menggunakan setting maksimum. Kami menemukan kenyamanan bermain ketika menggunakan setting dengan resolusi 1366×768, Texture Quality High, dan Graphics Quality High. Pertempuran berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan performa, setidaknya dengan jumlah unit yang tidak terlalu besar. Kisaran frame rate adalah 60 hingga 48 fps. Bagaimana bila Anda bertempur dengan menggunakan jumlah unit yang besar, katakanlah sekitar 60 unit? Ketika kami berhasil memproduksi unit dalam jumlah sangat besar, game dapat berjalan dengan performa rendah, sekitar 18 fps. Untungnya, penurunan tersebut tidak terlalu lama terjadi. Hanya beberapa detik saja. Nampaknya penyebab penurunan performa tersebut bukan disebabkan oleh hal yang sama seperti game sebelumnya. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan tips ini.

The Sims 3

Game ini merupakan keharusan. Mengapa demikian? Tentu saja karena gamer yang memainkan game ini jumlahnya masih banyak sekali. Selain itu, The Sims 3 secara mengejutkan masih mampu membuat performa komputer Anda melorot. Padahal Anda mungkin telah menggunakan komponen yang cukup baik. Setting yang kami gunakan untuk memainkan game ini adalah 1366×768 dan kualitas tampilan High. Hasilnya tidak dapat digunakan untuk bermain. Game berjalan terlalu buruk untuk dapat dinikmati. Oleh sebab itu, kami menurunkan setting ke posisi yang dapat diterima, yaitu setting medium dengan semua efek tampilan dimatikan. Hasil dari pengaturan ini cukup baik untuk dimainkan. Walaupun terkadang performanya masih pas-pasan dengan frame rate sekitar 30 fps.

Kesimpulan:

Sesuai dengan dugaan kami sebelumnya, Aspire 4755G dapat menangani game terbaru yang haus daya graphics tetapi tidak dapat memainkannya dengan maksimal. Namun, hal ini sudah tergolong performa yang sangat baik untuk sebuah notebook yang tidak dipasarkan khusus untuk gaming. Selain itu, kisaran harga 6 jutaan menjadikannya notebook dengan kemampuan gaming yang patut dimiliki. Sedangkan penyebab misterius yang membuat sesi game mengalami penurunan performa drastis setelah beberapa waktu adalah panas. Suhu yang meningkat cepat ketika bermain game membuat sistem notebook mengamankan dirinya dengan menurunkan performa. Pada saat ini suhu notebook akan menurun ke batas yang aman. Secara bersamaan notebook ini juga menurunkan kemampuannya untuk mengolah data graphics. Namun, hal ini seharusnya tidak begitu berpengaruh besar bila Anda rela menyesuaikan setting permainan sesuai keadaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa membaca artikel mengenai cara mengatasi masalah panas pada notebook. Secara keseluruhan, Acer Aspire 4755G merupakan notebook elegan yang dapat memainkan game dengan cukup baik.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES