Krento: Modern Launcher dan Widget

Reading time:
July 14, 2011

Krento bukanlah nama makanan yang dapat disandingkan dengan sushi atau bento, Krento juga bukan tokoh heroik kartun yang banyak dijumpai di komik-komik Jepang. Walaupun namanya cukup menggiurkan, jangan sampai keliru melafalkannya sebab beda nama atau penulisan, pastinya memiliki arti yang berbeda pula. Mungkin Anda akan bertanya-tanya: Jika bukan makanan, lalu apa itu Krento?

pertama3

Krento adalah sebuah aplikasi hasil kerja keras Serhiy Perevoznyk yang berfungsi sebagai launcher atau mesin widget. Aplikasi ini memiliki desain yang futuristik, animasi yang menarik, fitur-fiturnya yang “bersahabat” dan mudah digunakan, dan mudah diakses melalui gadget table dengan Win 7 dan Vista atau melalui system tray yang terletak di pojok kanan bawah.

Instalasi

Instalasi berlangsung selama 00.52.73 detik dengan file setup sebesar 8.6 MB, sedangkan untuk meng-uninstall membutuhkan waktu selama 00.21.25 detik. Saat file setup dijalankan, akan muncul sebuah jendela yang akan menjalankan proses instalasi dyang menyarankan Anda untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika tidak ada error, proses instalasi akan berjalan dengan normal.

instalasi2

Proses Instalasi Krento (Atas)

uninstal1

Proses uninstall (atas)

Fitur

Apa saja yang dapat dilakukan oleh Krento? Cukup banyak. Anda dapat menghemat ruang di desktop dan memaksimalkan produktivitas Anda dengan bantuan Krento. Me-launching sebuah program atau membuka sebuah bookmark file internet melalui 3D set dengan ilustrasi seperti sebuah matahari yang dikelilingi planet-planet. Setiap planet di sini dapat dikatakan sebagai stone (widget).

feature1

Anda dapat mengatur stone-stone tersebut kemudian menyimpannya atau me-load-nya sesuai keinginan hati Anda. Setiap stone yang ada dapat dikustomisasikan sesuai kebutuhan. Mulai dari desktop program, bookmark internet, sampai dengan dokumen file yang Anda miliki dapat ditaruh di stone yang telah disediakan. Berikut beberapa fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini.

  1. Drag dan drop untuk internet file dan bookmark.
  2. Kemudahan penggunaan dengan mouse atau keyboard.
  3. Instant akses kapan pun Anda inginkan.
  4. Buka dan ekstenable arsitektur.
  5. Kompatibel dengan rocket dock skin.
  6. Simpan dan load kustom stone set.

feature22

Pengujian

Kebanyakan user merasa bahwa aplikasi launcher adalah sesuatu yang sangat penting. Di sinilah Krento memainkan perannya. Sebagai launcher, biasanya user akan mengakses berbagai program, dokumen, file internet, yang paling sering diigunakan melalui launcher. Dengan Krento, semua itu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Setelah selesai melakukan proses instalasi, Anda dapat memutuskan untuk langsung menjalankan aplikasi ini setelah menekan finish. Krento dapat diakses melalui keyboard dengan menekan tombol Win + C atau melalui mouse dengan menekan tombol scrolling. Setting aplikasi ini cukup mudah, dengan mengakses option, Anda dapat memodifikasi penggunaan aplikasi ini sesuai kebiasaan Anda.

pengujian

Aplikasi ini membutuhkan .net framework 2.0 atau versi yang lebih baru. Selama pengujian menggunakan platform Windows XP, Vista, dan Windows 7, semuanya dapat berjalan dengan baik dan tidak ada masalah dengan software lainnya. Selain tersedia untuk PC x86, aplikasi ini juga tersedia dalam versi x64-nya.

Lisensi

Aplikasi ini merupakan freeware yang dapat digunakan secara gratis. Pihak pengembang aplikasi ini menyatakan tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan PC akibat menggunakan Krento. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengujian yang kami lakukan terhadap aplikasi ini tidak akan merusak platform ataupun PC Anda kecuali Anda mengalami kasus-kasus tertentu.

lisensi2

Support

Serhiy Perevoznyk mengembangkan aplikasi ini berserta dengan panduan file-nya yang tersedia di www.krento.net. Isi dari panduan tersebut meliputi krento dictionary, keyboard shortcut, dasar pengoperasian, dan masih banyak lagi. Semuanya dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan software ini. Serhiy juga menyediakan forum bagi para pengguna Krento untuk saling berbagi tips dan solusi.

support3

Kesimpulan

Aplikasi launcher yang memberikan kemudahan akses ke mana pun Anda inginkan. Itulah pendapat saya mengenai aplikasi ini. Dokumentasi lengkap yang disediakan di situs resminya dan tersedianya forum berbagi menjadikan Krento memiliki daya tarik tersendiri. Utilities ini dapat menjadi solusi terbaik untuk launcher program dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Keterangan

Kategori
Desktop, utilities, launcher
Platform
Win XP, Vista, Seven
Situs resmi
http://www.krento.net/
Unduh file
http://www.krento.net/

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…