in: Motherboard | July 4, 2011 | by: Bhisma Sidarto

Motherboard ASRock P67 Fatal1ty Profesional: Dari Gamer Untuk Gamer

Realtek Teaming Utility

Motherboard ini mendukung fungsi teaming, dimana kita secara fisik dapat menyambungkan dua buah koneksi LAN dan menggabungkannya menjadi satu address sehingga dapat meningkatkan bandwith. Fungsi teaming ini dapat diaktifkan menggunakan Realtek Teaming Utility.

Koneksi LAN Pertama.

Perhatikan koneksi pertama memiliki Link Status 100 MBps.

Koneksi LAN Kedua.

Begitu koneksi kedua yang memiliki Link Status identik dengan koneksi pertama.

Koneksi LAN Gabungan.

Pada koneksi gabungan terlihat Link Status berjumlah 200. Ini merupakan gabungan dari kedua koneksi di atas.

Untuk menguji performa koneksi hasil teaming ini maka kami mencoba memainkan salah satu game FPS yang cukup populer yaitu Call Of Duty: Black Ops dalam mode multiplayer lalu mencatat Ping yang kami dapatkan dalam mode teaming dan non-teaming.

Hasil yang kami dapatkan memang menunjukkan peningkatan 8 %. Walau kami sebetulnya mengharapkan peningkatan minimal 50% tetapi kita juga perlu ingat bahwa bermain game online bergantung sekali dengan kondisi koneksi internet. Fungsi teaming ini mungkin akan menunjukkan tajinya ketika digunakan bermain game yang berbasis LAN.

XFAST USB

XFast USB adalah utility yang dibuat oleh ASRock untuk mempercepat penyalinan data pada media penyimpanan yang menggunakan koneksi USB.

XFAST USB Utility.

Kami ingin membandingkan mode normal dan turbo yang dimiliki utility ini. Kami menyalin dua buah file yang identik dengan kedua mode tersebut dan inilah hasil yang kami dapatkan.

Terlihat peningkatan sebesar 30%. Ini merupakan hasil yang berarti. Bisa dikatakan utility ini berguna sekali terutama bagi Anda rajin memindahkan data dalam jumlah besar via USB.

Utility ini mempunyai satu kekurangan yang cukup mengganggu yaitu untuk menggunakannya Anda harus menghubungkan USB device agar program dapat mendeteksinya lalu Anda harus mencabutnya dan memasangnya kembali. Baru setelah itu XFast USB mendeteksi dapat menggunakan USB drive Anda.

BIOS

ASRock menghadirkan BIOS berbasis Graphical User Interface (GUI) untuk motherboard ini. BIOS ini cukup responsif dan cepat sehingga cuma butuh sedikit pembiasaan saja agar dapat menggunakannya dengan andal. ASRock juga tak lupa menyertakan preset overclocking pada BIOS ini sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing mencari setting optimal untuk hardware Anda, cuma sayangnya fitur ini hanya bisa dijalankan via BIOS. Mungkin para gamer akan lebih menghargai kalau fitur ini dipindahkan ke sebuah dedicated onboard switch. Selama Anda mengakses BIOS maka Anda akan ditemani wajah Fatal1ty yang menghias background dari BIOS ini. Bagi para fans berat Fatal1ty ini mungkin sebuah keuntungan, bagi yang bukan fans sepertinya Anda harus sedikit memaklumi karena adalah keputusan Anda untuk membeli motherboard yang menyandang salah satu gamer terkenal di dunia ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES