in: Games | July 25, 2011 | by: Pladidus Santoso

NostalGame: Chocobo Racing

Apalah arti sebuah game tanpa menghadirkan suasana kompetitif yang menyenangkan namun sekaligus memacu adrenalin tinggi? Salah satu genre yang mampu menghasilkan pengalaman tersebut adalah racing. Walaupun demikian, tidak semua game balapan mampu menawarkan hal tersebut. Dari sekian banyak game yang lahir di industri game, hanya beberapa yang tercatat mampu memaksimalkan pengalaman itu. Playstation-lah yang kemudian berkembang menjadi gudang game seperti ini.

Sebut saja Crash Team Racing yang fenomenal. Game balapan yang mendasarkan dirinya ke franchise Crash Bandicoot ini berhasil menarik perhatian begitu banyak gamer karena elemen kesenangan maksimal yang mampu dihadirkannya. Tidak jauh berbeda dengan game ini, sebuah game yang mampu menawarkan pengalaman yang hampir sama lahir dari tangan dingin Squaresoft. Dengan mengeksploitasi makhluk burung imut berwarna kuningnya yang begitu dicintai banyak gamer, Squaresoft memperkenalkan Chocobo Racing.

Apa yang membuat game ini begitu sukses? Selain gameplay yang adiktif dan pengalaman multiplayer yang maksimal, Chocobo Racing memuat begitu banyak konten terkait dengan franchise game RPG tersukses sepanjang masa, Final Fantasy. Game ini menghadirkan banyak elemen yang membuatnya tak ubah sebuah seri spin off racing untuk franchise ini. Sebut saja karakter utama seperti Cloud dan Squall, Summon seperti Bahamut dan Cactuar, serta beberapa kendaraan penjelajah yang dapat digunakan. Apalagi tampilannya yang chibi semakin membuat game ini menggemaskan.

Chocobo Racing menjadi salah satu pilihan game paling mumpuni ketika berkumpul dengan teman-teman sebaya dulu. Dengan hadirnya skill yang berbeda di tiap karakter, sekaligus magic yang dapat diperoleh di arena pertandingan, saling serang menjadi sesuatu yang mustahil untuk dihindari. Hal inilah yang membuat Chocobo Racing begitu memorable. Mendengar teriakan teman yang panik atau mengumpat karena posisinya yang tercuri menjadi pemandangan yang membahagiakan. Setidaknya, itu yang saya ingat tentang game ini. Bagaimana dengan Anda? Jangan ragu untuk berbagi memori dan cerita mengenainya.

Plot

Untuk game seperti ini, plot memang tidak memiliki peranan yang penting. Hanya menempati salah satu dari begitu banyak mode yang tersedia. Namun, bukan berarti game ini tidak menyediakan sebuah plot di STORY MODE yang menarik untuk diikuti, apalagi dengan karakter dan dunia yang disesuaikan dengan Chocobo itu sendiri. Semuanya hadir dalam balutan visualisasi dan sound effect yang menggemaskan.

Cerita dimulai ketika Cid memberikan sepasang Jet-Blades untuk Chocobo dan memintanya untuk menguji sepatu itu di lintasan. Perangkat baru Chocobo tersebut ternyata memicu rasa iri dari Mog yang kemudian menuntun Cid untuk menciptakan kendaraan yang hampir sama untuknya. Persaingan antara Chocobo dan Mog kemudian berujung ke terungkapnya faktor utama kecepatan Chocobo yang ternyata dihasilkan dari Blue Crystal yang tersemat di kakinya. Misteri tentang kekuatan Crystal ini memicu rasa penasaran Mog dan Chocobo. Mereka lantas berpetualang untuk mencari misteri dan rahasia dibaliknya, Selama perjalanan itulah mereka bertemu dengan banyak teman dan bersaing di arena balapan untuk mencari jawaban atas Crystal yang belakangan diketahui sebagai Magicite ini.

STORY MODE mungkin menghadirkan kesan yang repetitif untuk dimainkan, namun akan menjadi mode yang paling sering dimainkan oleh para gamer. Mengapa? Karena menamatkan Story Mode secara berulang merupakan satu-satunya cara untuk membuka semua karakter rahasia dari Squaresoft. Mau tidak mau, Anda harus terus memainkannya. Untungnya, gameplay di mode ini sendiri tidak makan waktu terlalu lama dan menghasilkan imbalan yang sepadan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES