LOGO

NVIDIA Tegra 2: Tulang Punggung Performa Smartphone dan Tablet

Sekitar tahun 2004 silam, jumlah penggunaan smartphone meningkat dengan pesat hingga mengalahkan jumlah komputer dan laptop. Bahkan di tahun 2011 ini, smartphone berbasis iOS dan Android hanya membutuhkan waktu empat bulan untuk mencapai tingkat penjualan sebanyak 130 juta unit. Memang variasi fungsi yang disuguhkan oleh smartphone saat ini seakan dapat menggantikan fungsi laptop. Tidak hanya memiliki koneksi internet tanpa batas, kemampuan untuk mengedit dokumen dan mengirimkan email, smartphone menyuguhkan semua fungsi tersebut dalam ukuran yang super compact.

Jumlah penjualan smartphone yang terus berkembang juga didukung oleh prosesor yang menawarkan performa berkualitas tinggi. Salah satu perusahaan yang memproduksi prosesor smartphone ini adalah NVIDIA dengan prosesor Tegra 2 kebanggaannya. Tegra 2 menawarkan prosesor dual-core, Adobe Flash yang memaksimalkan pengalaman web, dan kualitas grafis yang menyerupai konsol game. Jeff Yen, Senior Marketing Manager NVIDIA Corporation, mengatakan bahwa kemampuan yang ditawarkan oleh prosesor Tegra 2 mengubah sebuah smartphone menjadi super phone.

Tegra 2 pertama kali digunakan di smartphone berbasis Android dari LG yang diberi nama LG Optimus 2X. Sejumlah smartphone Android lainnya pun turut menggunakan prosesor tersebut, seperti Motorola Atrix 4G dan Motorola Droid X2. Kemampuan Tegra 2 dalam smartphone semakin terlihat melalui Motorola Atrix 4G yang dapat berubah menjadi sebuah laptop dengan menggunakan dock khusus. Dengan seluruh kemampuan yang disuguhkan oleh Tegra 2, terhitung sekitar 10 juta unit smartphone yang menggunakan prosesor tersebut telah terjual.

Selain smartphone, Tegra 2 juga menyuguhkan kualitas grafis dan performa yang tinggi dalam tablet. Jumlah penggunaan perangkat mobile yang satu ini terus meningkat sejak tahun 2010 lalu. NVIDIA menyediakan prosesor Tegra 2 dalam sejumlah tablet berbasis Android Honeycomb, seperti dalam ASUS Eee Pad Transformer dan Samsung Galaxy Tab 10.1. Dengan jajaran perangkat yang didukung oleh Tegra 2, apalagi rencana NVIDIA berikutnya?

Jeff Yen memberikan sedikit gambaran mengenai proyek NVIDIA berikutnya yang diberi nama proyek Kal-El. Melalui proyek ini, NVIDIA akan memproduksi CPU quad-core pertama di dunia dengan tingkat kecepatan lima kali lebih tinggi dibanding Tegra 2. Bagaimana hasil dari proyek ini? Perangkat pertama apa yang akan mendapat dukungan dari prosesor tersebut? Mari kita tunggu bersama!

Random Articles
Back to Top