in: Software | July 6, 2011 | by: Sony Hanifudin

PNotes: Catatan Kecil di Layar Desktop

Mengatur pekerjaan dan rumah tangga adalah sesuatu yang sangat merepotkan. Begitu banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pekerjaan rumah tangga dan kantor, belanja, sampai urusan anak, semuanya harus diperhatikan. Belum lagi masalah-masalah kecil lainnya seperti ulang tahun sahabat atau nomor telepon penting.

Jika Anda harus mencatat itu semua, dapat dibayangkan meja kerja Anda akan penuh dengan sticky notes yang ditempel di sana-sini.  Jika Anda mengalami hal tersebut, mungkin Anda bisa beralih ke solusi yang lebih praktis dan tidak membuang kertas dan space, yaitu dengan menggunakan aplikasi Pnotes. Aplikasi ini adalah sebuah vitual note yang biasa digunakan untuk meninggalkan pesan di layar desktop. Utilities kecil ini dikembangkan oleh Andrey Gruber sejak 2007 hingga kini.

Instalasi

Untuk menjalakan aplikasi ini, cukup dengan mengekstraknya ke lokas yang Anda inginkan. Lalu, pilih file Pnotes.exe, dan aplikasi ini pun akan langsung berjalan di Windows Trays. DI file rar yang telah diunduh, Anda akan menemukan tiga buah folder dan empat buah file termasuk lisensi file dan folder skin untuk mengubah tampilan sesuai dengan keinginan Anda.

Feature

PNotes yang lebih dikenal dengan nama pin notes atau portable notes ini dibuat berdasarkan C dan Windows API dengan Pelles C untuk Windows IDE. Penjelasan sederhananya, aplikasi ini cukup ringan dan berjalan dengan cukup cepat serta tidak membebankan kinerja PC Anda. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan:

  1. Jadwal – Gunakan berbagai aplikasi penjadwalan sebagai pengingat event.
  2. Speak note – aplikasi ini dapat membacakan teks sebagai pengganti file audio untuk mengingatkan adanya note atau catatan penting.
  3. Kontrol Panel – Ini adalah command post Anda. Anda dapat mengatur segala sesuatu melalui fitur ini.
  4. Transparansi – Anda dapat mengatur tiap note mulai dari apaque sampai benar-benar tidak terlihat. Bila Anda mengaktifkan fitur ini, note akan tertransparansikan sesuai levelnya.
  5. Smile – Aplikasi ini juga menyediakan smiley emoticon untuk mengekspresikan perasaan Anda.
  6. Email – Note dapat dikirimkan ke kolega melalui e-mail sebagai mail body atau attachment.
  7. Back Up – Semua note yang telah dibuat dapat di-backup.
  8. Group – Anda dapat mengelompokkan note-note yang sudah Anda buat ke dalam grup.
  9. Format – Format dan desain sesuai dengan keinginan dengan rich teks formating.
  10. Recycle Bin – Setiap note yang sudah tidak dibutuhkan dapat dibuang ke recycle bin yang dapat di-restore kapan pun Anda butuhkan kembali.

Pengujian

Anda dapat mengubah tampilan aplikasi ini dengan menggunakan skin bawaan. Bila skin yang ada tidak sesuai dengan selera Anda, silakan pilih berbagai pilihan skin lainnya yang dapat diunduh di http://pnotes.sourceforge.net/index.php?page=2.

Bila Anda masih merasa kurang puas dengan skin yang telah disediakan, Anda dapat mengunduh aplikasi bernama PNSkinCreator untuk mengkreasikan ide Anda. Proses penggantian skin dapat Anda lakukan melalui preference. Namun, harus diingat bahwa file skin akan digunakan harus diletakkan di folder skin. Penggunaan aplikasi ini tidak membutuhkan keahlian khusus atau bantuan orang lain. Sangat mudah dan simpel.

Lisensi

Banyak software gratis yang dapat digunakan, namun lisensi yang tersedia telah merampas dan membatasi kebebasan Anda untuk berbagi dengan yang lain. Berbeda dengan aplikasi ini. PNotes sendiri memiliki lisensi di bawah GNU General Public License yang mengizinkan penggunanya berbagi dan mengubah aplikasi ini.

Support

Aplikasi yang dikembangkan oleh Andrey Gruber ini memiliki panduan file yang berbeda dengan sofware sejenis lainnya. Saat mengklik tombol “help”, akan muncul pop up window yang menawarkan untuk memilih panduan file dengan tiga cara. Pertama adalah dengan mengunjungi situs resmi, kedua adalah mengunduh file panduan dengan ekstensi CHM dan yang ketiga adalah mengunduh pdf format. Semua panduan tersebut berisi file yang sama, hanya variasi pilihan saja.

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu Anda yang sering bergulat dengan setumpuk aktivitas dan event penting lainnya. Aplikasi ini sendiri cukup kecil sehingga tidak membebankan kinerja PC Anda. Di bawah GNU General Public License, Anda dapat berbagi dan memodifikasi aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keterangan

Kategori
Produktivity, Freeware, desktop
Platform
Windows Xp, Vista, Seven
Situs Resmi
http://pnotes.sourceforge.net/index.php?page=1
Unduh File
http://pnotes.sourceforge.net/index.php?page=5

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES