in: Direct Release | July 5, 2011 | by: Dian Syarifuddin

[PR] Implementasi SAP ERP di Universitas Kristen Maranatha Bandung

Solusi yang mendukung proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif

Jakarta, 4 Juli 2011 – PT SAP Indonesia hari ini mengumumkan bahwa Universitas Kristen Maranatha, salah satu Universitas terkemuka di Bandung, sedang mengimplementasikan solusi ERP (Enterprise Resources Planning) untuk mengintegrasikan dan mengembangkan semua proses bisnisnya secara tepat waktu.  SAP ERP merupakan solusi bisnis yang terintegrasi untuk organisasi dari beragam industri dan mendukung proses bisnis end-to-end yang dapat memberikan wawasan dan keunggulan operasional bagi perusahaan yang mengimplementasikannya.

Universitas Kristen Maranatha berdiri sejak tahun 1965 dan telah memiliki delapan fakultas dengan dua puluh lima program studi, serta  tiga program pasca sarjana. Universitas Kristen Maranatha memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi yang mandiri dan berdaya cipta, serta mampu mengisi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni abad ke-21 berdasarkan kasih dan keteladanan Yesus Kristus, dengan salah satu misinya yakni menciptakan lingkungan kerja dan belajar mengajar yang kondusif. “Memiliki sistem yang efektif dan efisien akan memberikan kami lebih banyak waktu untuk merencanakan dan mengelola setiap aspek di Universitas menjadi lebih baik, dan solusi SAP ERP membantu kami untuk mencapai hal tersebut “ujar Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof. Dr. Ir. H. P. Septoratno Siregar, DEA.  “Dengan penerapan sistem ini, informasi yang diberikan akan menjadi lebih terpercaya sehingga kami dapat menyediakan pendidikan yang unggul bagi seluruh mahasiswa,” tambahnya.

Dalam proses implementasinya, Universitas Kristen Maranatha dibantu oleh Metrasys. Sebagai mitra SAP, Metrasys berdedikasi tinggi untuk membantu implementasi SAP ERP dengan memberikan solusi lengkap untuk menjawab berbagai kebutuhan Universitas Kristen Maranatha. “Kami mendapat tantangan dalam mengaplikasikan SAP ERP di Universitas Kristen Maranatha, salah satunya yakni banyaknya aplikasi yang digunakan oleh Universitas Kristen Maranatha dengan platform yang berbeda-beda. Implementasi SAP di Universitas Kristen Maranatha ini diharapkan dapat menjadi role model bagi pengelolaan universitas lain di Indonesia ” kata Suprapto, Project Director and Head of Metrasys.

Proses Implementasi

Sebelum mengimplementasikan SAP ERP, Universitas Kristen Maranatha menemui kendala dalam efisiensi kerja karena masih menggunakan sistem tradisional, dimana aplikasi dan platform yang digunakan sangat beragam. Hal ini mengakibatkan sulitnya pencarian dan pengaturan data, serta pembuatan laporan. Untuk itu, Universitas Kristen Maranatha membutuhkan sebuah solusi yang dapat mengintegrasikan data serta mengembangkan proses bisnisnya dengan baik dan tepat waktu.

“SAP  ERP dapat menjawab semua kebutuhan dari Universitas Kristen Maranatha secara lengkap karena dapat memberikan solusi yang terintegrasi serta mendukung beragam industri dan proses bisnis perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif, ujar Arief Setiawan, Business Manager, SAP Indonesia. Selain itu, SAP juga memiliki SAP HER, yakni sebuah solusi untuk universitas yang memungkinkan efektifitas biaya manajemen dengan menyediakan fungsi-fungsi yang meliputi seluruh kegiatan inti universitas, yakni: perencanaan akademis, organisasi dan administrasi data mahasiswa, serta  administrasi   biaya dan hibah dalam akun mahasiswa.

“Di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha, kami telah mengintegrasikan modul SAP ke dalam kurikulum. Dari situ kami melihat bahwa pengimplementasian SAP merupakan pilihan terbaik dari sisi resiko, karena kami telah mengenal solusi ini lebih baik dibanding solusi lainnya yang ada di pasaran,” ungkap Project Director and Vice Rector II Universitas Kristen Maranatha, Ir. Noek Sulandari, M.Sc. Ditambahkan  Ir. Noek Sulandari, berbagai keuntungan yang didapat dari implementasi ini diantaranya adalah: akurasi data, informasi tunggal, pencarian data menjadi lebih cepat, pengelolaan biaya, pilihan yang lebih baik bagi para mahasiswa dalam melakukan berbagai pembayaran, dan keseragaman proses dalam menangani akun mahasiswa.

Untuk tahap pertama, akan diimplementasikan modul Akuntasi Keuangan, Pengendalian Biaya, dan Pengelolaan Aset. Modul tersebut akan digunakan oleh Biro Administrasi Keuangan dan Yayasan dengan total sekitar 19 karyawan. Diharapkan setelah implementasi tahap ke-tiga, seluruh karyawan dan mahasiswa dapat terkoneksi dengan SAP melalui Employee Self Service dan Student Self Service.  “Jika proses implementasi ini berjalan lancar, diharapkan akan Go Live pada tanggal 3 Januari 2012 dan benefitnya dapat dirasakan oleh seluruh civitas akademika Universitas Maranatha“ ujar Suprapto, Project Director and Head of Metrasys.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES