[PR] Implementasi SAP ERP di Universitas Kristen Maranatha Bandung

Reading time:
July 5, 2011

Solusi yang mendukung proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif

Jakarta, 4 Juli 2011 – PT SAP Indonesia hari ini mengumumkan bahwa Universitas Kristen Maranatha, salah satu Universitas terkemuka di Bandung, sedang mengimplementasikan solusi ERP (Enterprise Resources Planning) untuk mengintegrasikan dan mengembangkan semua proses bisnisnya secara tepat waktu.  SAP ERP merupakan solusi bisnis yang terintegrasi untuk organisasi dari beragam industri dan mendukung proses bisnis end-to-end yang dapat memberikan wawasan dan keunggulan operasional bagi perusahaan yang mengimplementasikannya.

Universitas Kristen Maranatha berdiri sejak tahun 1965 dan telah memiliki delapan fakultas dengan dua puluh lima program studi, serta  tiga program pasca sarjana. Universitas Kristen Maranatha memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi yang mandiri dan berdaya cipta, serta mampu mengisi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni abad ke-21 berdasarkan kasih dan keteladanan Yesus Kristus, dengan salah satu misinya yakni menciptakan lingkungan kerja dan belajar mengajar yang kondusif. “Memiliki sistem yang efektif dan efisien akan memberikan kami lebih banyak waktu untuk merencanakan dan mengelola setiap aspek di Universitas menjadi lebih baik, dan solusi SAP ERP membantu kami untuk mencapai hal tersebut “ujar Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof. Dr. Ir. H. P. Septoratno Siregar, DEA.  “Dengan penerapan sistem ini, informasi yang diberikan akan menjadi lebih terpercaya sehingga kami dapat menyediakan pendidikan yang unggul bagi seluruh mahasiswa,” tambahnya.

Dalam proses implementasinya, Universitas Kristen Maranatha dibantu oleh Metrasys. Sebagai mitra SAP, Metrasys berdedikasi tinggi untuk membantu implementasi SAP ERP dengan memberikan solusi lengkap untuk menjawab berbagai kebutuhan Universitas Kristen Maranatha. “Kami mendapat tantangan dalam mengaplikasikan SAP ERP di Universitas Kristen Maranatha, salah satunya yakni banyaknya aplikasi yang digunakan oleh Universitas Kristen Maranatha dengan platform yang berbeda-beda. Implementasi SAP di Universitas Kristen Maranatha ini diharapkan dapat menjadi role model bagi pengelolaan universitas lain di Indonesia ” kata Suprapto, Project Director and Head of Metrasys.

Proses Implementasi

Sebelum mengimplementasikan SAP ERP, Universitas Kristen Maranatha menemui kendala dalam efisiensi kerja karena masih menggunakan sistem tradisional, dimana aplikasi dan platform yang digunakan sangat beragam. Hal ini mengakibatkan sulitnya pencarian dan pengaturan data, serta pembuatan laporan. Untuk itu, Universitas Kristen Maranatha membutuhkan sebuah solusi yang dapat mengintegrasikan data serta mengembangkan proses bisnisnya dengan baik dan tepat waktu.

“SAP  ERP dapat menjawab semua kebutuhan dari Universitas Kristen Maranatha secara lengkap karena dapat memberikan solusi yang terintegrasi serta mendukung beragam industri dan proses bisnis perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif, ujar Arief Setiawan, Business Manager, SAP Indonesia. Selain itu, SAP juga memiliki SAP HER, yakni sebuah solusi untuk universitas yang memungkinkan efektifitas biaya manajemen dengan menyediakan fungsi-fungsi yang meliputi seluruh kegiatan inti universitas, yakni: perencanaan akademis, organisasi dan administrasi data mahasiswa, serta  administrasi   biaya dan hibah dalam akun mahasiswa.

“Di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha, kami telah mengintegrasikan modul SAP ke dalam kurikulum. Dari situ kami melihat bahwa pengimplementasian SAP merupakan pilihan terbaik dari sisi resiko, karena kami telah mengenal solusi ini lebih baik dibanding solusi lainnya yang ada di pasaran,” ungkap Project Director and Vice Rector II Universitas Kristen Maranatha, Ir. Noek Sulandari, M.Sc. Ditambahkan  Ir. Noek Sulandari, berbagai keuntungan yang didapat dari implementasi ini diantaranya adalah: akurasi data, informasi tunggal, pencarian data menjadi lebih cepat, pengelolaan biaya, pilihan yang lebih baik bagi para mahasiswa dalam melakukan berbagai pembayaran, dan keseragaman proses dalam menangani akun mahasiswa.

Untuk tahap pertama, akan diimplementasikan modul Akuntasi Keuangan, Pengendalian Biaya, dan Pengelolaan Aset. Modul tersebut akan digunakan oleh Biro Administrasi Keuangan dan Yayasan dengan total sekitar 19 karyawan. Diharapkan setelah implementasi tahap ke-tiga, seluruh karyawan dan mahasiswa dapat terkoneksi dengan SAP melalui Employee Self Service dan Student Self Service.  “Jika proses implementasi ini berjalan lancar, diharapkan akan Go Live pada tanggal 3 Januari 2012 dan benefitnya dapat dirasakan oleh seluruh civitas akademika Universitas Maranatha“ ujar Suprapto, Project Director and Head of Metrasys.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 25, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Pamer Gameplay Perdana!

 Anda yang memang mencintai genre game fighting sepertinya tidak…
April 25, 2024 - 0

Gears of War 6 Akan Diumumkan Juni 2024?

Sempat tertinggal di awal persaingan generasi terkini karena jumlah game…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Menyebut Stellar Blade sebagai salah satu game action RPG yang…
April 25, 2024 - 0

Tandai Promosi Resmi Stellar Blade di Indonesia, Larissa Rochefort Jadi EVE!

Oleh: Rama Irvino     Selalu membahagiakan tentu saja melihat…