Rainbow Folder: Warna Warni Folder Anda

Reading time:
July 5, 2011

Apa yang Anda butuhkan bila merasa bosan dengan tampilan folder-folder pada saat membuka Windows Explorer? Apa yang Anda butuhkan untuk mengklasifikasikan folder-folder dalam sistem operasi Anda? Jawaban yang paling memungkinkan adalah perubahan warna. Hal ini dapat Anda lakukan dengan bantuan dari sebuah utility kecil yang bernama Rainbow Folder. Aplikasi ini dikembangkan oleh Piotr Chodzinki sejak tahun 2002.

Rainbow Folder adalah sebuah aplikasi unik untuk merubah warna dari ikon yang merepresentasikan folder apapun. Untuk lebih mudahnya, dengan utility ini Anda dapat mewarnai folder apapun. Selain dapat mempercantik tampilan pada Windows Explorer, aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengategorikan file pada satu folder.

Instalasi

Walaupun aplikasi ini dapat berjalan melalui proses instalasi, tetapi Rainbow Folder merupakan portable software. Pada saat diunduh, utility ini masih dalam bentuk rar dengan ukuran file sebesar 785 Kb yang berisikan exe dam txt file. Proses instalasi aplikasi ini tidak memakan waktu lama, cukup menunggu selama 00.09.03 detik, maka program ini sudah dapat diakses melalui start menu. Setelah terinstal pada pc, aplikasi ini akan memakan ruang hardisk sebesar 1,41 MB.

instalasi1

Feature

Apa saja yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi ini, selain memberi warna folder Anda? Banyak hal yang ditawarkan oleh Raibow Folder, salah satunya adalah mengubah style ikon Anda menjadi Typical (ikon Xp), Modern (ikon Vista), dan Classical (9x). Sementara itu, sistem pewarnaan aplikasi ini dapat dilakukan secara manual atau random. Anda bisa melihat hasil kustomisasi melalui preview ikon folder yang telah tersedia.

feature5

Efek mewarnai folder dengan menggunakan aplikasi ini tidak hanya berlaku sebatas di Windows Explorer saja. Folder yang telah diwarnai akan tetap sesuai dengan warnanya pada keseluruhan sistem Windows. Hal ini termasuk pada saat membuka dialog box save/open di setiap software atau pada folder tree aplikasi apapun.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Rainbow Folder adalah tooltips. Anda dapat menyertakan sebuah text yang akan muncul dalam bentuk pop up beberapa saat setelah kursor berada pada folder. Text dapat berisikan peringatan agar orang lain yang mempergunakan pc Anda untuk tidak menghapus folder-folder yang penting.

Pengujian

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membedakan tiap folder sesuai dengan kategorinya. Sebagai contoh ada lima kategori folder dalam hardisk yang berisikan sub-sub folder penyimpanan. Pada tiap kategori folder tersebut Anda dapat memberikan warna yang berbeda sehingga mempermudah pencarian file pada saat dibutuhkan.

Aplikasi ini dapat berjalan pada seluruh Windows OS tanpa ada masalah, seluruh feature yang tersedia juga dapat berjalan dengan baik. Untuk mengekstrak warna sebuah folder, aplikasi ini akan meminta Anda untuk mewarnainya terlebih dahulu dan tidak menggunakan aplikasi pewarna folder lainnya. Untuk warna folder bawaan juga tidak dapat diekstrak oleh software ini.

Lisensi

Lisensi dari Rainbow folder cukup berbeda dengan aplikasi sejenisnya. Anda dapat menggunakan utility ini secara gratis sampai pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak developer. Bila Anda masih ingin menggunakan aplikasi ini pihak pengembang meminta Anda untuk mengirimkan kartu pos yang ditujukan ke alamat developer. Di sini Anda juga dapat menyertakan sedikit uang sebagai donasi untuk pengembangan program ini.

lisensi

Support

Jangan terkecoh dengan kecilnya file pada saat diunduh, walaupun kapasitas aplikasi ini sangat kecil tetapi software ini menyediakan file panduan secara offline. Di sini Anda akan menemukan topik-topik mulai dari cara instalasi sampai dengan penggunaan software ini. Bila merasa belum puas dapat mengunjungi website resminya di http://www.english.aionel.net/

support3

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat berguna dan membantu Anda untuk mempercepat pencarian dan pengkategorian dari file-file yang tersimpan dalam folder pada desktop. Rainbow Folder mempergunakan sistem pewarnaan agar folder yang tersedia dapat dilihat dengan mudah atau istilah gampangnya “eye catching”.

Keterangan

Kategory

Freeware, Utilities, Desktop

Platform

Windows 98, 98 SE, ME, 2000, XP, 2003, Vista

Situs Resmi

http://www.english.aionel.net/

Unduh File

http://www.english.aionel.net/

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…